Comscore Tracker

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung 

Butuh film yang mirip Eat, Pray, Love?

Film Eat, Pray, Love sontak jadi salah satu film berlatar perjalanan yang booming di tanah air. Mungkin karena beberapa scene-nya diambil di Bali dan melibatkan beberapa aktor asal Indonesia. Namun, selain film Julia Roberts itu masih banyak film tentang perjalanan yang tak kalah impresif. Berikut beberapa daftar favoritnya. 

1. Into the Wild (2007)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung imdb.com

Film ini diangkat dari sebuah buku biografi seorang traveler bernama Christopher McCandless yang menjalani kehidupan nomadennya selama beberapa tahun dengan menjelajahi Amerika menuju Alaska.

Saat sampai di tujuan, ia pun mengingat-ingat pengalaman-pengalamannya selama berpetualang, siapa saja yang ia temui beserta cerita-cerita mereka, hingga pada alasan mengapa ia berakhir menjadi seorang traveler meninggalkan kehidupan 'normalnya'. 

2. Wild (2014)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung imdb.com

Hampir setipe dengan Into The Wild, film ini mengisahkan perjalanan mendaki gunung seorang ibu muda yang baru saja kehilangan anak dan bercerai dari suaminya. Sosok Cheryl Strayed ini diperankan oleh Reese Whiterspoon. Ia hendak menenangkan diri dari segala masalah yang membebaninya dengan melakukan perjalanan pendakian panjang. Namun, dengan pengalaman yang minim ia seringkali berada dalam posisi yang sulit. 

3. The Secret Life of Walter Mitty (2013)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung variety.com

Seorang pegawai bagian aset negatif di sebuah majalah fotografi alam ternama bernama Walter Mitty. Ia mendapat tugas untuk menyelesaikan proses cetak foto sampul terakhir majalah yang hendak menghentikan versi cetaknya. Namun, saat ia mendapat paket film dari sang fotografer, ia tidak bisa menemukan foto yang dimaksud. Berbekal nekat dan keinginannya untuk menjauh dari rutinitas, ia pergi menyusul sang fotografer ke Greenland.

Lewat petualangannya itu ia menemukan keberanian baru dan memutuskan banyak hal besar dalam hidupnya. Meski pada akhirnya, keputusannya tak selalu berakhir sesuai harapan.

Baca Juga: 5 Film Superhero yang Soroti Arti Penting Sebuah Keluarga

4. Tracks (2014)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung sbs.com.au

Diangkat dari sebuah buku memoar berjudul sama, Tracks mengambil latar alam liar Australia. Robyn Davidson, seorang wanita muda memutuskan untuk melakukan perjalanan dari salah satu gurun di Australia untuk menuju Samudera Hindia. Ia hanya ditemani anjing piaraannya dan empat onta.

Selama perjalanan tersebut ia bertemu beberapa traveler dan wisatawan lain, juga seorang fotografer National Geographic yang semuanya ikut memberinya bantuan dan menemani perjalanannya selama beberapa saat. Perjalanan ini dilakukan pada tahun 70an dan jadi salah satu perjalanan paling menginspirasi hingga sekarang, terutama untuk para perempuan.

5. The Best Exotic Marigold Hotel (2011)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung imdb.com

Sejumlah pensiunan asal Inggris memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan menarik ke India. Mereka tergiur dengan iklan dari Hotel Marigold yang terletak di Jaipur yang menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau dan fasilitas yang cukup megah. Film ini menyajikan kisah cinta, haru, juga komedi yang berpadu jadi satu. Sekaligus jadi bukti bahwa perjalanan bisa mengubah siapa pun, tak peduli di usia berapa pun itu. 

6. The Motorcycle Diaries (2004)

6 Film Berlatar Perjalanan Ini Sukses Bikin Penonton Merenung imdb.com

Bisa dibilang ini adalah prolog dari biopik Ernesto "Che" Guevara, pria muda yang menjelma menjadi politisi sosialis legendaris di Amerika Selatan. Ternyata semua dimulai dengan perjalanannya menaiki sepeda motor bersama rekannya Alberto Granado.

Perjalanan itu membuka mata Che bahwa ketidakadilan ternyata merajalela di mana-mana. Film memoar ini menangkap beberapa lanskap Amerika Latin seperti pegunungan Andes, Machu Picchu, bahkan kamp penderita lepra di San Pablo. 

Mari menonton! 

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Film Shazam yang Keren Banget, ke Sini Yuk!

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You