Comscore Tracker

7 Channel YouTube untuk Para Pecinta Misteri dan Teori Konspirasi

Buka wawasan dan memicu orang buat berpikir

Selain kanal musik, travel, dan kuliner, salah satu cabang acara di media online yang banyak menarik perhatian adalah pembahasan kasus kriminal dan teori konspirasi. Selain pembahasan iluminati yang selalu menggetarkan, tetapi tak kunjung terbukti secara gamblang, bahasan tentang kasus kriminal dan kecelakaan yang ganjil sangat diminati.  

Serunya lagi, beberapa YouTuber Indonesia pun ikut membuat channel semacam ini dan jadi salah satu cara ampuh untuk menumbuhkan rasa ingin tahu serta medium berdiskusi warganet.

Beberapa channel YouTube berikut pun jadi sumber referensi para penggemar kasus-kasus misteri dan konspirasi, simak daftarnya berikut ini. 

1. Korea Reomit

https://www.youtube.com/embed/Q0MoQzLzqvk

Awalnya Korea Reomit merupakan channel yang dimotori Jang Hansol sebagai wadah untuk berbagi informasi seputar Korea Selatan dan kehidupannya sehari-hari sebagai warga Korsel. Ia unik karena kemampuannya berbahasa Indonesia dan Jawa. Namun, belakangan ini ia mulai membahas kasus-kasus kriminal yang belum terpecahkan, konspirasi, dan beberapa kasus yang sedang booming di Korea seperti skandal Burning Sun.

Seru sih, penjelasannya cukup mudah dimengerti dan selalu disisipi perspektifnya sebagai seorang native serta penggambaran budaya dan tata negara Korea Selatan yang mungkin berbeda dengan negara lain. 

2. Buzzfeed Unsolved

https://www.youtube.com/embed/PkUg89kLLBE

Buzzfeed Unsolved merupakan salah satu cabang dari channel media Buzzfeed yang selalu menarik untuk disimak. Ditemani dua pembawa acara utamanya, mereka mengajak kita menilik kasus-kasus misterius baik kriminal maupun supranatural yang belum terpecahkan.

Tayangan mereka dikemas menarik dan dramatis tanpa kehilangan esensi kontennya. Kebanyakan tentu kasus yang mereka bahas terjadi di Amerika Serikat. 

3. Nessie Judge

https://www.youtube.com/embed/XofqhL2JD3I

Salah satu YouTuber Indonesia yang tak pernah bikin sensasi dan fokus berkarya adalah Nessie Judge. Ia merupakan salah satu pelopor channel misteri dan crime berbahasa Indonesia di YouTube.

Kontennya pun tak hanya seputar video seram atau penampakan, tetapi juga berisi beberapa teori konspirasi dan kasus kriminal yang mind-blowing. Satu lagi yang tak kalah menarik adalah saat  ia membuat konten tentang chat history terseram atau horror thread yang ia kemas dengan gaya mencobanya pertama kali bersama penonton. 

Baca Juga: 5 Channel YouTube Fitness Ini Bisa Bantu Kamu Rajin Olahraga di Rumah

4. Real Stories

https://www.youtube.com/embed/OF6z5DTeSDQ

Real Stories adalah sebuah liputan dokumenter yang membahas beberapa kejadian unik atau kasus kriminal yang masih menjadi misteri hingga kini. Dibanding beberapa channel sebelumnya, kanal ini memang terlihat lebih formal dan konvensional seperti liputan di televisi. Namun, kontennya padat dengan menghadirkan narasumber terpercaya. 

5. Cayleigh Elise

https://www.youtube.com/embed/1VCq4dLNNj8

Satu format dengan Nessie Judge dan Korea Reomit, Cayleigh Elise merupakan YouTuber yang mengajak penonton menilik kasus-kasus kriminal tertragis yang pernah terjadi di dunia. Ia biasanya berperan sebagai narator yang mengajak penonton menyelami sebuah peristiwa dan memantik rasa ingin tahu mereka lewat pertanyaan-pertanyaan yang intriguing.

Setelah bebeberapa tahun berkecimpung di channel crime ini, pada awal Maret kemarin Cayleigh mengaku ia sedang mengalami masa sulit karena gejala depresinya dan berniat mundur dari YouTube. 

6. Rob Gavagan

https://www.youtube.com/embed/XQj4qH4I7fM

Sebelumnya, Rob Gavagan dikenal dengan channel-nya yang bernama Rob Dyke. Baru belakangan ini ia berganti nama karena beberapa alasan. Ia juga berperan sebagai narator dan kurator kasus-kasus serta cerita-cerita misteri yang ia temukan dari berbagai sumber. Tak hanya crime, ia juga membahas isu-isu supranatural di kanalnya. 

7. Vox Darkroom

https://www.youtube.com/embed/hpcZmuz2LGY

Salah satu media online yang cukup terkenal asal Amerika Serikat, Vox, memiliki beberapa cabang channel di YouTube. Salah satunya adalah Darkroom yang membahas peristiwa-peristiwa ganjil dan misterius. Bedanya, Vox menggunakan pendekatan ilmiah untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa tersebut. Mereka juga memilih kejadian yang jarang dibahas publik, padahal punya daya tarik dan informasi yang tak kalah penting. 

Jika cerita dan kasus misteri menarik buatmu, boleh langsung cek sederet channel di atas dan tekan tombol langganan sebagai dukungan untuk channel tersebut.  

Baca Juga: Selain NatGeo, Ini 7 Kanal YouTube Terbaik untuk Para Pecinta Hewan

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya