Comscore Tracker

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang Multitalenta

Sama-sama quirky #IDNTimesHype

Grimes adalah musisi berbakat yang sayangnya baru dikenal luas setelah hubungannya dengan Elon Musk terpublikasi. Ia punya kualitas super di bidang musik dan visual yang harusnya dapat apresiasi. Mari kenalan dengannya lewat tujuh fakta menarik di bawah ini. 

1. Grimes bernama asli Claire Boucher dan merupakan musisi sukses asal Kanada 

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (vanityfair.com)

Meski gak setenar musisi mainstream lainnya, Grimes sebenarnya gak asing di telinga pecinta musik alternatif, terutama untuk genre elektropop. Ia sudah menelurkan lima album studio dan satu EP sejak debut di tahun 2010 lewat album Geidi Primes. Album terbarunya berjudul Miss Anthropocene rilis tahun 2020 lalu. 

Sebelum berkarier di musik, Grimes sempat berkuliah jurusan Psikologi dan Filsafat, serta mengambil minor Bahasa Rusia dan electro-acoustics.

2. Album Visions di tahun 2012 adalah karya pertamanya yang sukses secara komersial

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (instagram.com/grimes)

Album tersebut menyabet banyak perhatian dari pengamat dan media musik Kanada dan internasional. Visions bahkan masuk dalam 500 Album Terbaik versi majalah musik NME tahun 2013. Salah satu lagu yang paling mencuri perhatian adalah Oblivion yang membahas minimnya rasa aman untuk perempuan.  

Grimes cukup vokal menyuarakan masalah seksisme, ia bahkan merilis pernyataan tertulis tentang pengalamannya sebagai musisi perempuan di industri yang didominasi laki-laki lewat akun Tumblr-nya di tahun 2013. Ia memilih keluar dari label lawasnya dan menemukan label baru yang lebih sepaham dengan prinsip feminisnya. 

3. Disusul album Art Angels yang pernah puncaki tangga album alternatif terbaik Billboard di 2015 

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (instagram.com/grimes)

Setelah berganti label, Grimes mendapatkan kebebasan lebih untuk membahas isu-isu yang selama ini ia dengungkan. Di sini, ia juga lebih banyak bereksperimen dengan warna musiknya yang terdengar lebih ringan dan punchy dibanding lagu-lagunya terdahulu. Dilansir dari The Guardian, Grimes pun cukup bangga dengan album ini karena ia menggarapnya bareng lebih banyak pekerja musik perempuan daripada album-album sebelumnya. 

Album Art Angels masuk daftar album terbaik  NME, Stereogum, Exclaim!, dan Harper Bazaar. Bahkan sempat memuncaki Billboard US Top Alternative Album Chart. Sepanjang tahun 2015-2016, ia juga laris mengisi soundtrack untuk serial Girls di HBO dan film Suicide Squads.

Baca Juga: 5 Fakta Aplikasi Medsos Clubhouse, Populer karena Elon Musk

4. Selain pengamatan dan pengalaman personalnya, musik Grimes banyak dipengaruhi novel sci-fi dan game

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (lofficielusa.com)

Mendengarkan lagu-lagu gubahan Grimes pasti akan mengingatkanmu pada video game. Album Geidi Primes misalnya terinspirasi dari novel sci-fi berseri Dunes yang fenomenal. Sementara, Miss Anthropocene menurutnya mengingatkannya pada Shadow of the Colossus, game petualangan asal Jepang yang dirilis untuk console Playstation 2. 

Terlepas dari melodinya, lirik-lirik Grimes juga menarik untuk diulik. Filosofis dan dalam, di album Miss Anthropocene misalnya ia mencoba mengangkat tema human erosion. Di mana manusia modern cenderung merusak tubuh mereka sendiri. Coba dengar Delete Forever yang ternyata ia tulis ketika mendengar kabar kematian Lil Peep karena overdosis. Atau We Appreciate Power yang banyak menyindir kecenderungan manusia yang rela melakukan apa pun demi sempurna di depan orang lain. 

5. Tak hanya piawai menulis lagu, Grimes juga menggambar sendiri artwork untuk album-albumnya 

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (instagram.com/surrealgrimes)

Biasanya seorang musisi meminta seniman visual lain untuk menggarap sampul album mereka, tetapi Grimes yang ternyata juga piawai di bidang ilustrasi menggarap sendiri semua sampul albumnya. Gayanya khas, bernuansa punk dan goth.

6. Bersama Elon Musk, Grimes menamai anak mereka  X AE A-XII

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (instagram.com/grimes)

Nama Grimes makin santer terdengar setelah ia dan Elon Musk memutuskan untuk go-public saat menghadiri Met Gala 2018. Di tahun itu pula, Claire mengganti nama pertamanya jadi C yang ia ambil dari simbol satuan kecepatan cahaya. Elon dan Grimes berkenalan lewat Twitter. Saat itu Elon hendak menulis guyonan tentang Artifical Intelligence, tetapi malah menemukan Grimes sudah menulisnya duluan. 

Ia dan Elon bahkan menamai anak mereka yang lahir 4 Mei 2020 lalu dengan nama yang tak kalah nyeleneh X AE A-XII yang dibaca Ex Ash Ei Twelve. Grimes bahkan menjelaskan arti di balik nama sang putra lewat cuitannya.

"X, adalah variabel tak diketahui. Æ, penulisan khususku untuk Ai (cinta dan/atau Artificial Intelligence). A-12 = pendahulu untuk SR-17 (pesawat favorit kami). Bukan senjata, bukan tentang pertahanan, hanya kecepatan, hebat untuk pertempuran, tetapi tanpa kekerasan + (A=Archangel, judul lagu favoritku).", cuitnya

7. Ia menggabungkan bakatnya di bidang seni dengan teknologi lewat aplikasi buatannya, AI Lullaby

7 Fakta Grimes, Musisi Pacar Elon Musk yang MultitalentaGrimes (twitter.com/Grimezsz)

Dilansir dari majalah Vogue, Grimes melebarkan sayapnya ke bidang teknologi. Ia membuat aplikasi untuk membantu orang yang mengalami masalah insomnia memanfaatkan suara lembut, ringan, dan merdunya. Ia mengaku terinspirasi dari pengalamannya sebagai ibu baru.

Grimes bekerjasama dengan sejumlah ilmuwan dan ahli terkait untuk melihat seberapa efektifnya aplikasi ini membantu meredakan rasa khawatir dan meningkatkan konsentrasi. Tak lupa, ia mengajak beberapa rekan musisi dan sound designer untuk mengembangkan aplikasi tersebut. 

Popularitasnya boleh terkatrol oleh hubungannya dengan Elon Musk, tetapi Grimes punya kualitas sendiri yang membuatnya layak dihargai sebagai seniman. Buat yang belum pernah mendengarkan musik Grimes sebelumnya, buruan nikmati karyanya sekarang juga. 

Baca Juga: 5 Buku Menurut Elon Musk yang Semua Orang Harus Baca

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya