7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditonton

Aktingnya benar-benar natural 

Apa film terakhir yang bikin kamu kepikiran sampai beberapa hari? Kalau belum ada, coba beberapa film di bawah ini. Ketujuhnya bisa dibilang punya kelebihan dari segi akting dan cerita. Penonton akan dimanjakan dengan transisi yang halus dan minimnya plot hole.  

1. Capernaum (2018)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Capernaum adalah sebuah film berlatarkan Lebanon di masa sekarang. Bukan perang yang kini menghantui negara itu, tetapi kemiskinan dan arus migrasi dari negara-negara tetangga.

Penonton akan diajak berkenalan dengan Zain, seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang pergi dari rumah karena marah dengan sikap orang tuanya yang semena-mena. Saat berada di jalanan, ia kemudian bertemu dengan Rahil, seorang imigran asal Afrika yang tinggal bersama bayi kecilnya tanpa dokumen. 

Film ini berhasil memberi gambaran tentang masalah imigrasi dan kemiskinan yang ternyata saling bersilangan. Didukung dengan akting memukau pemeran Zain yang ternyata juga anak imigran asal Suriah. 

2. Kisses (2008)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Melibatkan karakter anak-anak memang hal yang tak mudah, tetapi sama dengan Zain di Capernaum, tokoh Kylie dan Dylan sukses menampilkan performa akting natural nan realistis. Keduanya adalah tetangga yang berasal dari keluarga yang berantakan. Dylan dengan ayah yang suka melakukan KDRT dan Kylie yang ternyata pernah jadi korban pelecehan seksual sang paman. 

Keduanya kemudian memutuskan pergi dari rumah untuk memulai hidup baru. Film yang awalnya berwarna hitam putih, perlahan berubah penuh warna ketika mereka menemukan kebebasan. Namun, kembali menjadi hitam putih lagi saat mereka tak punya kuasa lebih atas hidup mereka di usia tersebut. 

3. Garden State (2004)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Garden State mengisahkan seorang pria bernama Andrew. Selama ini, ayahnya selalu menyalahkan Andrew atas keadaan ibunya yang harus hidup dengan kursi roda selama sisa hidupnya. Ia pun memberontak dengan mengabaikan obat yang menurut ayahnya yang seorang psikiater, harus ia minum karena kondisi khususnya. 

Ia pun pergi dari rumah dan mulai merasakan hal-hal yang selama ini tak pernah ia rasakan. Namun, ia harus kembali ke rumah sang Ayah saat mendengar kabar bahwa ibunya meninggal. Dengan soundtrack yang kece, film ini pun dianggap sebagai salah satu film terbaik yang membahas mental health. Didukung pula dengan performa para aktornya yang realistis dan luwes. 

Baca Juga: 7 Daftar Film Hollywood yang Dibintangi Iko Uwais, Sudah Nonton?

4. About Elly (2009)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Sudah bukan hal baru lagi bahwa film Iran punya kualitas yang tak abal-abal. Salah satu pelopornya adalah film About Elly. Cerita dimulai dengan perkenalan terhadap karakter Elly, seorang guru taman kanak-kanak yang berlibur bersama rekan-rekan dan beberapa muridnya.

Saat ada insiden yang hampir menenggelamkan beberapa anak, Elly ikut menghilang begitu saja tanpa ada yang tahu jejaknya. Rekan-rekannya pun mulai melakukan pencarian. Ada dua kemungkinan, Elly bisa saja pergi ke Teheran karena ibunya sakit, atau Elly ikut tenggelam saat insiden tersebut terjadi. 

Akting para aktornya benar-benar mulus, seperti sebuah kejadian nyata. Tak ada yang dibuat-buat atau terlihat kaku. Ini salah satu film paling realistis yang harus ditonton. 

5. The Souvenir (2019)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Jarang memang menemukan film rilisan A24 yang tidak natural dari segi akting. Namun, The Souvenir adalah salah satu yang tak boleh kamu lewatkan. Kali ini isu yang diangkat adalah toxic relationship antara seorang mahasiswa perfilman bernama Julie dan Frankie, seorang pria yang tak bisa dipercaya. 

Julie bahkan tak lagi mendengarkan nasihat ibu dan sahabat-sahabatnya karena terbutakan cinta. Berlatarkan tahun 80an, film yang sukses ini bahkan sudah dibuat sekuelnya.

6. Thunder Road (2018)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Film yang disutradarai dan diperankan sendiri oleh Jim Cunnings ini bahkan dimulai dengan sebuah adegan cringey yang entah harus ditertawakan atau dikasihani. Namun, adegan itu memang sengaja dibuat sebagai bagian penting dari plotnya. Ini adalah kisah seorang staf kepolisian bernama Jim yang baru saja kehilangan sang ibu. 

Di sisi lain, ia harus menghadapi sidang perceraian dan perebutan hak asuh atas putri semata wayangnya. Bisa karena stres atau lainnya, ia justru melakukan banyak kesalahan di hari pemakaman sang ibu karena kekikukannya. 

Film ini diputar di ajang SXSW 2018 dan jadi salah satu film favorit. Akting Jim Cunning pun patut diapresiasi, belum lagi kekuatan naskahnya yang autentik dan cerdas. Benar-benar ide segar di Hollywood. 

7. Lean on Pete (2017)

7 Film Paling Realistis yang Eye-Opening, Harus Ditontonimdb.com

Ini adalah kisah Charley, seorang remaja belasan tahun yang selama ini hanya tinggal dengan ayahnya. Sayangnya, sang ayah bukan sosok ideal. Ia sendiri harus berperang melawan masalah kecanduannya tanpa bisa melakukan peran Ayah untuk Charley. 

Charley akhirnya pergi berlibur bersama salah satu kerabatnya dan mendapatkan sebuah pekerjaan paruh waktu di peternakan kuda. Lewat situlah ia mulai menemukan celah untuk hidup bebas dari masalah orang dewasa yang seringkali dibebankan padanya saat masih tinggal bersama ayah. 

Diperankan oleh nama-nama baru di industri hiburan, film ini benar-benar menjanjikan dari segi plot cerita dan performa pemainnya. 

Buruan tonton deh, gak bikin nyesel. 

Baca Juga: 6 Film dan Serial TV yang Diambil dari Buku Karangan Neil Gaiman 

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You