Comscore Tracker

7 Serial Mafia Underrated selain 'Narcos' yang Menghipnotis

Eye-opening #HypeIDNTimes

Kriminalitas sering jadi topik seksi dalam pembuatan film dan buku. Logikanya, siapa yang tak penasaran dengan kasus kejahatan? Begitu pula dengan organisasi kriminal atau mafia. Dilakukan secara berkelompok dan mencatut keberlangsungan hidup banyak orang, mafia seringkali bikin siapapun terperangah dengan cara kerjanya yang amat rapi.

Tak hanya bermarkas di benua Amerika seperti yang digambarkan dalam serial Narcos dan Breaking Bad, kamu wajib tengok cara kerja mafia-mafia di negara-negara lain lewat tujuh serial mafia underrated berikut. 

1. Gomorrah

https://www.youtube.com/embed/-4QORgagblU

Gomorrah adalah salah satu serial mafia dengan rating tinggi yang sudah fenomenal sejak masih dalam bentuk novel. Roberto Saviano adalah otak di balik mahakarya tersebut. Serial yang sudah masuk empat musim ini berkutat pada kehidupan para anggota mafia yang bermarkas di Napoli. Mereka dikenal dengan nama Camorra dan dipimpin seorang bernama Pietro Savastano. Saat Pietro tertangkap aparat, perebutan kekuasaan terjadi di gang tersebut. 

Camorra dikenal sebagai organisasi kriminal dengan sistem kepemimpinan yang berbeda dibanding mafia lainnya di Italia. Mereka terbagi dalam klan-klan atau kelompok kecil yang bertindak secara independen tanpa satu pemegang kekuasaan di tingkat provinsi. Sistem ini membuat Camorra sangat rawan konflik internal. 

Kalau kamu menikmati serial mafia Suburra, Gomorrah jangan sampai terlewat. 

2. Trust 

https://www.youtube.com/embed/ZIe4AVc97qI

Premis cerita Trust sebenarnya sudah cukup familier. Ia menceritakan kembali kejadian penculikan cucu J. Paul Getty, orang terkaya di dunia di balik perusahaan Getty Oil. Seperti biasa, si penculik meminta uang tebusan ke pihak keluarga. Namun, Getty yang dikenal kikir enggan membayar tebusan tersebut. 

Pernah difilmkan lewat All the Money in the World , serial ini lebih kaya dari berbagai segi. Tak hanya fokus pada dinamika hubungan anggota dinasti Getty, penonton juga akan diajak meneropong kehidupan para mafia yang bermarkas di pegunungan cadas di Calabria, Italia. Tiap karakternya pun ditampilkan serealistis mungkin, seakan tak ada karakter yang benar-benar jahat dan baik di sini. Ditambah kehadiran Brendan Fraser yang lama vakum, serial ini pun tuai pujian. 

Tenang, untuk kamu yang malas nonton serial bermusim-musim. Serial Trust produksi FX ini hanya dibuat satu musim dan terdiri dari 10 episode saja. 

Baca Juga: Suka Bridgerton? 10 Serial Ini Wajib Banget Kamu Tonton

3. ZeroZeroZero 

https://www.youtube.com/embed/3HoRfUKcvdY

ZeroZeroZero ternyata juga diangkat dari salah satu novel karya Roberto Saviano. Kali ini tidak hanya berfokus pada organisasi kriminal di Italia, tetapi juga Meksiko dan Kolombia. Serial ini akan membuka mata penonton pada rantai bisnis ilegal antara mafia di dua benua tersebut. 

Jika Gomorrah fokus pada Camorra, ZeroZeroZero akan mengajak kita berkenalan dengan Ndrangheta, mafia yang berbasis di Calabria dan memiliki pelabuhan sendiri. Jika ditilik lebih jauh ke masa lalu, Ndrangheta inilah yang pernah menculik cucu J. Paul Getty dan memanfaatkan uang tebusan tersebut untuk melebarkan sayap bisnis mereka. 

Untuk penggemar performa kece Dane DeHaan, silakan pantengi delapan episodenya di Amazon Prime. 

4. Fariña 

https://www.youtube.com/embed/MBPCVh6tHhs

Beralih dari Italia, mari bertandang ke Spanyol. Tepatnya di region Galicia, di mana Sito Miñanco yang awalnya bekerja sebagai nelayan melebarkan bisnisnya ke perdagangan tembakau secara ilegal. Namun, lama kelamaan mereka bertemu dengan broker asal Amerika Tengah yang menawarinya menjadi pemasok kokain atau yang mereka samarkan dengan julukan fariña atau tepung.  

Fariña dikenal dengan judul Cocaine Coast dan tayang di Netflix selama satu musim dengan total 10 episode. 

5. Ozark 

https://www.youtube.com/embed/5hAXVqrljbs

Tak hanya di Eropa, mafia di Amerika Serikat juga dikenal berbisa dan berbahaya. Mereka umumnya bermarkas di area Midwestern. Ozark mengangkat kisah organisasi kriminal tersebut lewat sudut pandang seorang penasihat keuangan bernama Marty yang terjebak dalam bisnis pencucian uang dengan sebuah kelompok kriminal yang beroperasi di kawasan Danau Ozark.

Tak semulus yang dibayangkan, ia yang sudah memboyong keluarganya pindah untuk memudahkan pekerjaannya justru terlibat masalah dengan Kansas City Mafia. Kelompok mafia terbesar di Amerika Serikat yang juga diangkat di serial Fargo. 

Ozark tayang di Netflix dan sudah masuk tiga musim dengan 10 episode per musimnya. 

6. Cacciatore: The Hunter

https://www.youtube.com/embed/a7l7XHlBGqk

Il Cacciatore atau The Hunter adalah serial kriminal tentang mafia yang dibuat lewat sudut pandang aparat penegak hukum. Dibuat dalam dua musim, serial ini ternyata terinspirasi dari kejadian nyata di Italia sekitar tahun 1993. Saverio Barone adalah aparat yang mendedikasikan hidupnya berjuang membasmi mafia setelah beberapa rekannya mati di tangan para kriminal tersebut. 

Serial ini berlatarkan Sicilia, salah satu provinsi dengan sejarah mafia terbesar dan tertua di Italia. 

7. El Chapo 

https://www.youtube.com/embed/zeq1cBzgnzA

El Chapo adalah dramatisasi proses perburuan terhadap gembong narkoba kelas kakap asal Meksiko, Joaquin Guzman. Mirip dengan Narcos, penonton akan diajak menilik kehidupan dan cara El Chapo mengoperasikan bisnis narkobanya sejak tahun 1980an sebelum akhirnya tertangkap polisi pada 2016. Serial ini dibagi dalam tiga musim dan bisa ditonton di Netflix.

Sukses dengan Narcos dan El Chapo, Netflix juga akan segera merilis Clark. Salah satu serial mafia paling dinanti yang akan berlatarkan Swedia dan dibintangi Bill Skarsgård. 

Butuh hiburan di akhir pekan? Binge-watch serial mafia di atas, deh. 

Baca Juga: 5 Film Klasik tentang Serial Killer yang Bikin Merinding

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya