Comscore Tracker

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handal

Multitalenta #HypeIDNTimes

Membayangkan kerja seorang aktor atau aktris saja sudah bikin kita geleng-geleng kepala. Tak terhingga rasa lelah mereka menghapal dialog dan berekspresi sesuai adegan, lalu apa jadinya sang sutradara yang gak jarang harus memberi contoh selain mengarahkan para aktor dan krunya?

Menariknya gak sedikit aktor dan aktris yang sanggup merangkap jadi sutradara. Paling fenomenal tentu John Krasinski yang brilian di film A Quiet Place atau Bradley Cooper di film A Star Is Born. Namun, mereka bukan satu-satunya yang berhasil merangkap peran jadi sutradara dalam film.

Delapan aktris berikut misalnya dikenal pula sebagai sutradara perempuan berprestasi. Siapa saja?

1. Greta Gerwig 

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/greta.gerwig

Sebelum fenomenal karena Lady Bird dan Little Women, Greta Gerwig sudah menyutradarai sejumlah judul keren seperti 20th Centuries Women, Frances Ha, dan Mistress America. Kerennya ia membintangi sendiri film-film tersebut.

Meski ceritanya berbeda satu sama lain, semua menunjukkan ciri khas Greta yang selalu menampilkan lakon perempuan independen dengan segala insekuritas dan ketidaksempurnaannya. 

2. Olivia Wilde 

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/shinewilde

Wara-wiri di depan kamera sudah dilakukan Olivia Wilde sejak awal 2000an, ia akhirnya debut jadi sutradara di tahun 2018 lewat film Booksmart. Film tersebut sukses di pasaran karena mendobrak banyak stereotip yang melekat pada remaja Amerika Serikat, membuatnya jadi film remaja Hollywood paling realistis yang pernah dibuat. Tak berhenti di situ, kini ia sedang menggarap film Don't Worry Darling yang dibintangi Harry Styles dan Florence Pugh. 

3. Emerald Fennell

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/variety

Karier sutradara Emerald Fennell bisa dibilang cukup baru, tetapi lewat karya debutnya aktris yang pernah membintangi The Crown, Pan, dan The Danish Girl ini langsung menembus Oscars, Golden Globes, dan BAFTA.

Ia tidak hanya berperan sebagai sutradara di Promising Young Woman, tetapi juga penulis naskah original. Emerald seakan berada di jalur yang sama dengan Olivia Wilde dan Greta Gerwig yang senang menyelipkan pesan pemberdayaan perempuan di film-filmnya.

4. Angelina Jolie

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/jolie.joli

Debut sutradara Angelina Jolie terwujud lewat film dokumenter A Place In Time yang rilis tahun 2007. Ia kemudian terus menggarap beberapa film lain seperti In the Land of Blood and Honey, By The Sea, First They Killed My Father, dan terakhir Unbroken. Kebanyakan filmnya berlatarkan konflik atau perang. Sesuai dengan aktivismenya sebagai duta UNHCR. 

Baca Juga: 12 Film Hollywood Ini Tetap Sukses Besar walau Ganti Sutradara

5.  Elizabeth Banks

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/elizabethbanks

Buat yang belum familiar dengan Elizabeth Banks, wajahnya pernah menghiasi film Pitch Perfect, Spiderman, dan The Hunger Games. Ternyata, di Pitch Perfect ia bukan hanya berstatus aktris, tetapi juga produser.

Barulah di Pitch Perfect 2  ia melakoni debut sebagai sutradara. Di tahun 2019, ia diumumkan menjadi sutradara untuk remake film Invisible Woman. 

6. Sofia Coppola

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/stylesbyemilycaroline

Marga Coppola bukanlah nama asing di Hollywood. Beberapa nama tenar ternyata masuk dalam klan Coppola, salah satunya aktris dan sutradara Sofia Coppola. Ia pertama kali tampil sebagai aktris di film The Godfather, kemudian beralih ke belakang layar lewat film The Virgin Suicides, Lost In Translations, dan Marie Antoinette. Disusul The Bling Ring dan teranyar, On The Rocks. Selain film fitur, ia juga banyak menggarap iklan dan film pendek. 

7. Angela Bassett

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara Handalinstagram.com/im.angelabassett

Angela Bassett sudah membintangi puluhan judul, banyak di antaranya yang laris manis. Sebut saja Olympus Has Fallen, Mission: Impossible, Black Panther, hingga Soul. Namun, banyak yang gak tahu kalau Angela turut menyutradarai dua episode di American Horror Story dan satu episode di serial dokumenter Breakthrough

8. Jodie Foster

8 Aktris Hollywood yang Merangkap Jadi Sutradara HandalDok. STX Entertainment

Begitu pula dengan aktris senior Jodie Foster yang sudah berkarier sejak kanak-kanak. Selain deretan filmnya yang sudah tak terhitung, Jodie ternyata aktif merangkap jadi sutradara untuk beberapa serial terkenal. Ia menyutradarai episode terakhir serial Tales from The Loop, satu episode di Black Mirror dan House of Cards, serta dua episode Orange Is the New Black.

Dari delapan aktris sekaligus sutradara di atas, mana nih jagoanmu?

Baca Juga: Gak Hanya Jago Akting, 5 Aktris Korea Ini Pernah Jadi Sutradara Film

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya