Comscore Tracker

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'

#IDNTimesHype Lagi-lagi TikTok yang memviralkannya

Bagi pengguna TikTok, lagu Be Around Me tentu setidaknya pernah mampir di telinga barang sekali dua kali. Lagu catchy yang salah satu bagiannya sering dikutip di video TikTok ini adalah ciptaan penyanyi Inggris, Will Joseph Cook.

Bukan pendatang baru, Will sebenarnya telah merilis album debutnya beberapa tahun lalu dan baru saja merilis album kedua akhir 2020 lalu. Kenalan lebih dekat, deh. 

1. Musisi asal Inggris ini debut di tahun 2015, saat usianya masih 17 tahun

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Tercatat di usia kariernya yang masih seumur jagung itu, Will merilis dua EP di tahun yang sama. Beberapa single yang terkenal antara lain Daisy Chains dan Street of Paris yang membuatnya dipertimbangkan di skena musik indie Inggris. Tak heran ia langsung dikontak label rekaman besar untuk merekam lebih banyak lagu. 

2. Album debutnya rilis pada 2017 dengan judul 'Sweet Dreamer'

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Album Sweet Dreamer turut mewadahi hit singles Girls Like Me , Beach, dan Take Me Dancing. Lirik-liriknya sejujurnya lumayan miris, bertemakan kesepian, kesedihan, dan kebosanan, tetapi ia kemas dalam balutan melodi yang ceria.

Di album ini pula, ia pertama kalinya mengasah kemampuan aktingnya. Semua video musiknya ia bintangi sendiri. 

3. Punya image playful dan namanya sering dijadikan bahan gurauan

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Namanya sering dijadikan gurauan karena bernada seperti sebuah pertanyaan, 'Will Joseph cook? atau dalam bahasa Indonesia berarti, 'akankah Joseph memasak?'. Sadar branding, ia pun mempertahankan image playful  yang ia ekspresikan lewat unggahan di media sosial dan video musiknya. Akun Twitter-nya pun berisi celotehan kocak. 

4. Pasca album debut, Will Joseph Cook tetap rutin rilis lagu

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Setelah kesuksesannya di tahun 2017, Will tentu melakukan tur dan promo setahun berikutnya. Ia kemudian fokus menulis lagu di tahun 2019 dan berhasil merilis dua single.

Setahun kemudian, tepat ketika pandemi ia sudah punya lebih banyak materi untuk dibagikan pada pendengar. Pada 2020, ia merilis single yang meledak di pasaran, Be Around Me. Disusul dengan Driverless Cars, Something to Feel Good About, dan Down Down Down. 

Baca Juga: 7 Fakta Beach Bunny, Band Indie Pop yang Populer Lewat TikTok 

5. Album sophomore-nya rilis akhir 2020 dan diberi judul 'Something to Feel Good About'

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Dengan merilis single, sebenarnya sudah tertebak kalau Will akan segera menelurkan album baru. Benar saja, di November 2020, ia merilis album keduanya yang sudah lama ditunggu penggemar. Ia masih menyisipkan lagu-lagu dengan melodi ceria dan lirik yang uplifting. Namun, ia memvariasikannya dengan beberapa lagu yang lebih melankolis dan emosional. 

Dalam wawancara dengan Notion, Will menyebut album ini memang ia buat dalam dua bagian. Bagian yang dibuat untuk memberikan semangat dan kebahagiaan, serta satu bagian lagi liriknya lebih reflektif. 

Album ini cukup spesial karena Will merilisnya di bawah label rekamannya sendiri, Bad Hotel. Beda dengan album pertamanya yang diproduksi dan direkam di Amerika Serikat bersama Atlantic Records. 

6. Melihat antusiasme pendengar pada lagu 'Be Around Me', Will Joseph Cook merilis alternate version lagu tersebut di awal 2021

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/willjosephcook

Dengan tambahan vokal dari Chloe Moriondo, lagu Be Around Me jadi lebih hidup. Terutama untuk bagian percakapan antara karakter perempuan dan laki-laki yang sebelumnya ia nyanyikan sendiri dengan mengubah sedikit suaranya.

Chloe Moriondo merupakan penyanyi muda asal Amerika Serikat yang populer di YouTube karena mengunggah musik gubahannya dari kamar tidur. 

7. Merilis lagu baru 'We Met On The Internet' untuk sang pacar 

8 Fakta Will Joseph Cook, Musisi Indie di Balik Lagu 'Be Around Me'instagram.com/laurencase

Selain alternate version dari Be Around Me, Will Joseph Cook juga merilis lagu baru berjudul We Met On The Internet. Bikin penggemar meleleh karena lagunya ia persembahkan untuk sang kekasih yang sebenarnya juga sempat tampil di video lirik lagu Be Around Me dan Something to Feel Good About. 

8. Gak hanya keren versi studio-nya, suaranya saat tampil langsung sebening ini 

https://www.youtube.com/embed/vp5bWQ55PX0

Jago menulis lagu dan menyanyi, punya label rekaman sendiri, kiprah Will Joseph Cook wajib dipantengi. 

Baca Juga: 6 Lagu Indie Bertema Rindu yang Wajib Masuk Playlist, Bikin Baper!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya