Comscore Tracker

8 Film Terbaik tentang Persahabatan Manusia dan Hewan, Bikin Mewek

Yakin sudah nonton semuanya?

Sedang sering di rumah akhir-akhir ini dan butuh banyak rekomendasi film yang layak ditonton? Coba beberapa film heartwarming tentang persahabatan manusia dan hewan di berikut ini. Cocok untuk yang suka film melankolis tetapi berbobot dan bermakna dalam. Selamat menonton. 

1. War Horse (2011)

https://www.youtube.com/embed/JPNyNr2Kp4w

War Horse berlatarkan Perang Dunia I di pedesaan Inggris. Tinggalah Albert, remaja yang nekat mendaftarkan diri sebagai serdadu karena keinginannya bertemu dengan kuda kesayangannya. Di masa itu, kuda-kuda milik warga diminta oleh pemerintah setempat untuk dijual atau didonasikan sebagai kepentingan perang. 

Kisah Albert dan kudanya yang disutradarai Steven Spielberg ini sukses menghipnotis penonton dengan plot ceritanya yang seru. Tak terlalu lambat, tak juga terlalu melelahkan untuk diikuti. 

2. The Mustang (2019)

https://www.youtube.com/embed/k2a-KSOCIeY

Mirip dengan War Horse, film The Mustang juga mengisahkan persahabatan manusia dengan seekor kuda liar. Kali ini lakonnya adalah seorang napi bernama Roman yang mendapat kesempatan untuk melatih kuda liar di lapas tempatnya tinggal.

Beberapa lapas di Amerika Serikat memang memiliki program penangkaran kuda liar untuk dijual ke peternak atau departemen kepolisian. Program tersebut memberdayakan beberapa napi yang memiliki ketertarikan dan keahlian khusus di bidang tersebut. 

Roman awalnya diremehkan, tetapi ia berhasil berkawan dengan salah satu kuda liar yang membantunya menemukan dirinya sendiri. 

3. Life of Pi (2012)

https://www.youtube.com/embed/mZEZ35Fhvuc

Diangkat dari sebuah novel, Life of Pi  bercerita tentang pengalaman seorang pemuda yang mengalami kecelakaan kapal bersama beberapa hewan yang hendak dikirim ke luar negeri. Ia berhasil melompat ke sebuah kapal sekoci bersama beberapa hewan lain.

Hingga di hampir akhir perjalanan, hanya ia dan seekor harimau yang tersisa di kapal. Pengalamannya bersentuhan langsung dengan hewan liar memang sulit dipercaya, tetapi mampu mengetuk nurani kita. 

4. Bestiaire (2012)

https://www.youtube.com/embed/4nfWZx8pUiA

Bestiaire adalah film dokumenter yang pernah diputar di Toronto International Film Festival . Plotnya cukup unik, mengambil sudut pandang hewan dan manusia yang saling mengamati satu sama lain. Film ini memang dibuat tanpa dialog, benar-benar sebuah pengamatan murni yang cukup ganjil, tetapi menarik. Tak heran banyak yang bilang film ini bukan untuk semua orang. 

Baca Juga: Terbaik dalam Dua Dekade, Ini 19 Film Animasi Pemenang Oscar

5. How to Train Your Dragon (2010)

https://www.youtube.com/embed/oKiYuIsPxYk

How to Train Your Dragon juga diangkat dari seri novel anak-anak. Kisahnya berlatarkan Kerajaan Viking yang secara budaya memburu naga atau menaklukan mereka untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Hiduplah Hiccup, anak laki-laki kikuk yang awalnya tak kunjung bisa menaklukan naga manapun, hingga ia bertemu dengan Toothless. Naga hitam tanpa gigi yang akhirnya menjadi sobat karibnya. Laris manis, kisah Hiccup ini akhirnya dibuat jadi film trilogi. 

6. Rataouille (2007)

https://www.youtube.com/embed/uVeNEbh3A4U

Film persahabatan manusia dan hewan berikutnya adalah Ratatouille. Diambil dari nama sebuah makanan terkenal di Prancis, film ini berkisah tentang seorang pemuda yang bercita-cita menjadi koki terkenal. Namun, ia ternyata tak memiliki talenta yang dibutuhkan. Hingga ia bertemu dengan seekor tikus yang mampu membuatnya memasak menu-menu istimewa. 

Persahabatan yang aneh ini menjadi formula yang menarik untuk film animasi tersebut. Bagian akhirnya cukup mengharukan dan penuh pesan penting. 

7. Hachi: A Dog's Tale (2009)

https://www.youtube.com/embed/Y6U7mAnPtw4

Diangkat dari kisah nyata dan film lawas legendaris Jepang, Hachi versi Hollywood yang dibintangi Richard Gere ternyata tak mengecewakan. Sesuai dengan cerita aslinya, Hachi adalah seekor anjing peliharaan yang tiap harinya tak pernah absen mengantar dan menjemput majikannya di stasiun sepulang kerja. Malangnya, di satu sore sosok yang ditunggu Hachi tidak pernah lagi tampak karena meninggal di perjalanan. 

Hachi membuktikan kesetiannya. Meski sang profesor yang ia tunggu tak pernah hadir, Hachi tetap mempertahankan kebiasaannya menunggu di stasiun itu tiap sore hingga akhir hayatnya. 

8. Alpha (2018)

https://www.youtube.com/embed/uIxnTi4GmCo

Alpha adalah film tahun 2018 yang berlatarkan masa pra sejarah di mana seorang anak muda tersesat setelah terpisah dari kelompoknya. Ia yang tak tahu arah pulang akhirnya menemukan seekor srigala yang senasib dengannya. Mereka akhirnya berkawan baik, menghadirkan kisah persahabatan manusia dan hewan yang hangat dan mengharukan.

Bila Okja sukses membuatmu terkesima, jangan malas mencoba nonton delapan rekomendasi film di atas. Tak akan menyesal. 

Baca Juga: 7 Efek Film Terbaik Tanpa Bantuan Teknologi CGI, Sudah Keren Banget!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya