Comscore Tracker

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crown

Keren nih! 

Period drama alias cerita yang berlatarkan masa lalu bahkan beberapa abad ke belakang adalah salah satu genre film atau serial yang cukup laris di pasaran. Apalagi jika mereka punya unsur pemberdayaan wanita yang bikin penonton salut pada para karakter perempuan yang ditampilkan. 

Tak kebayang rasanya hidup di masa lalu di mana masih banyak nilai-nilai yang kurang berpihak pada perempuan. Lewat delapan serial berikut, kamu mungkin bisa belajar banyak hal lewat karakter perempuan tangguhnya. Ada yang terinspirasi kisah nyata juga. 

1. Mrs. Wilson (2018)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Miniseri milik BBC One ini diangkat dari kisah nyata seorang perempuan bernama Alison Wilson yang selama ini mengira ia punya hidup yang bahagia bersama suaminya. Namun, semua berubah sejak sang suami meninggal mendadak. 

Keanehan pertama dimulai dengan kemunculan seorang wanita yang mengaku sebagai sosok Mrs. Wilson asli. Ia pun mulai kebingungan mencari fakta dan sejarah kelam sang suami yang selama ini ia kenal sebagai pria baik-baik. 

Uniknya lagi, pemeran Alison Wilson adalah cucunya sendiri yang merupakan aktris bernama Ruth Wilson. 

2. The Woman in White (2015)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Diadaptasi dari novel klasik karya Wilkie Collins, serial period drama ini dimulai dengan perkenalan seorang guru seni, Walter dengan dua kakak beradik bernama Laura dan Marian. Walter dan Laura pun jatuh cinta, namun Laura harus menikah dengan seorang pengusaha kaya demi menyelamatkan martabat dan harta sang paman. 

Namun, saat akhirnya Marian dan Walter menemukan maksud buruk suami baru Laura, mereka pun terlibat dalam misi penyelamatan yang tak mudah. Marian yang diperankan Jessie Buckley sukses menampilkan karakter perempuan tangguh yang bikin kagum. Begitupun Laura yang awalnya tampak lemah, namun lama kelamaan menunjukan bahwa ia berdaya. 

Serial ini ditayangkan oleh kanal BBC One dan lumayan menarik diikuti. Ada banyak misteri yang bikin penonton tak mudah merasa bosan. 

3. Traitors (2018)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Berlatarkan London pasca Perang Dunia II, serial Traitors merupakan petualangan menegangkan Feef yang diajak seorang mata-mata Amerika untuk jadi bagian dari mereka. Tugasnya adalah memata-matai negaranya sendiri, Inggris dengan misi mengulik siapa sebenarnya orang Rusia yang ikut andil dalam keputusan pemerintah Inggris saat itu. 

Musim pertamanya terdiri dari enam episode dan dapat ulasan positif untuk perpaduan elemen sejarah, politik, action, bahkan secercah humor yang pas. 

Baca Juga: 9 Wanita Inspiratif yang Layak Digelari sebagai Kartini Modern

4. The Long Song (2018)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Serial period drama yang terdiri dari tiga episode ini berlatarkan Jamaika di akhir masa perbudakan pada abad ke-19. Kamu akan diajak mengikuti kehidupan seorang budak muda bernama July yang bekerja di sebuah perkebunan milik seorang perempuan kaya yang kikir. 

Hidupnya biasa saja sampai ia bertemu dengan pria bernama Robert Goodwin yang akhirnya membuat keduanya bekerjasama untuk melakukan revolusi besar demi memenuhi hak-hak para budak. 

5. Cable Girls (2017)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownbustle.com

Sebuah serial period drama produksi Netflix ini mengisahkan empat perempuan yang bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi di Madrid pada tahun 1920an. Di masa itu, mereka harus menghadapi berbagai masalah seperti tekanan dari suami, pelecehan di lingkungan kerja. Apalagi saat itu di Eropa, utamanya Spanyol gerakan feminisme dan demo untuk dapat hak pilih sedang ramai diperbincangkan. 

Serial berbahasa Spanyol ini sudah tayang sampai musim keempat dan akan masuk kelima di tahun 2020. 

6. Call the Midwife (2012)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Serial ini sudah tayang sejak 2012 dan akan segera rilis musim terbarunya di tahun 2020 nanti. Call The Midwife adalah serial period drama yang merupakan penggambaran kehidupan sekelompok bidan di sebuah rumah sakit di London tahun 1950an. 

Penulis naskah dan sutradaranya pun perempuan, membuat serial ini punya muatan pemberdayaan yang kuat. Ditambah dengan keberadaan karakter yang berasal dari latar belakang ras dan kepercayaan yang beragam. 

Serialnya dikenal heartwarming, tetapi juga berani pada saat yang bersamaan. 

7. Catherine the Great (2019)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Diperankan oleh aktris senior Helen Mirren, Catherine the Great adalah sosok Ratu Rusia yang dikenal tangguh dan berpengaruh. Bahkan ia mendapatkan tahta lewat sebuah kudeta berdarah. Dalam serial ini, akan ada cerita tentang hubungannya dengan politikus sekaligus komandan militer Grigory Potemkin, serta kontribusi besar Catherine dalam perkembangan politik dan pembangunan ekonomi Rusia.

Serial ini jadi salah satu yang ditunggu-tunggu pemirsa dari HBO pasca berakhirnya serial Chernobyl. 

8. The Miniaturist (2017)

8 Serial Period Drama dengan Tokoh Perempuan Tangguh Selain The Crownimdb.com

Diperankan oleh Anya Taylor-Joy, serial ini merupakan adaptasi dari novel karya Jessy Burton yang berlatarkan Amsterdam pada abad ke-17. Petronella adalah seorang gadis muda yang dijodohkan dengan seorang pengusaha kaya. Pasca menikah, ia pun ikut pindah ke Belanda bersama suami barunya. 

Saat dapat hadiah rumah boneka sebagai kado pernikahan, ia pun merekrut seorang pembuat miniatur untuk menghias rumah bonekanya. Anehnya, apapun yang dibuat si pembuat miniatur seakan mempengaruhi hidup Petronella. Dengan unsur supernatural dan gaya gothic yang kental, serial drama ini banyak dipuji karena berani tampil beda. 

Delapan rekomendasi serial period drama dengan karakter perempuan tangguh tadi boleh kamu catat dulu untuk ditonton saat punya waktu luang. Selamat menonton!

Baca Juga: 10 Sosok Wanita Tangguh dalam Drama Korea yang Bisa Jadi Inspirasi

Dwi Ayu Silawati Photo Community Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You