Comscore Tracker

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Dunia

Penampilannya di atas rata-rata #IDNTimesHype

Timur Tengah, sebutan untuk wilayah Afrika Utara dan Asia Barat ternyata menyimpan banyak talenta brilian di bidang seni, termasuk perfilman. Sejumlah film beserta aktor asal Timur Tengah sudah beberapa kali memenangi penghargaan tertinggi dunia. Salah satu yang paling dikenang dan disebut pelopor tentu Omar Sharif asal Mesir.

Namun, legacy-nya tidak berhenti. Ia menginspirasi banyak talenta baru untuk mengikuti jejaknya. Seperti delapan aktor Timur Tengah berikut yang prestasinya sudah diakui penonton dunia. 

1. Rami Malek 

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/variety

Semenjak memerankan Freddie Mercury di Bohemian Rhapsody, namanya terus melambung dan proyek film dan sponsor makin ramai mengantre. Rami memulai kariernya sebagai aktor dengan membintangi serial televisi termasuk The Pacific dan The War at Home. Dilanjut dengan serial Mr. Robot yang membuatnya menggondol piala Emmy dan Golden Globe. 

Rami dibesarkan di Amerika Serikat dari kedua orangtua asal Mesir. Seperti orangtua imigran pada umumnya, mereka ingin anaknya mendapat pekerjaan yang bergengsi. Namun, Rami berhasil menyakinkan orang tuanya untuk mengizinkannya berkuliah di jurusan seni dan kini menjadi aktor Hollywood tersukses. Buat yang kangen dengan aksinya, Rami Malek sudah masuk dalam daftar cast utama film James Bond terbaru berjudul No Time to Die yang akan rilis akhir tahun 2021. 

2. Ramy Youssef

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/ramy

Sama dengan Rami Malek, Ramy Youssef juga dibesarkan di Amerika Serikat dari keluarga asal Mesir. Ini membuatnya punya pengalaman dan perspektif yang unik. Ia pun meluapkan pengalaman dan unek-uneknya sebagai anak imigran dalam serial garapannya yang berjudul Ramy. Tayang di Hulu selama dua musim, Ramy mendulang sukses dan bakal dibuat musim ketiganya. 

Serial tersebut merupakan debutnya sebagai sutradara. Sebelumnya, ia terlibat di beberapa serial televisi, salah satunya Mr. Robot. Selain berakting, Ramy Youssef juga dikenal sebagai komedian. 

3. Tahar Rahim 

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/taharrahimofficiel

Sebelum memerankan Mohamedou Ould Slahi di The Mauritanian, Tahar Rahim dipuji saat berhasil tampil gemilang di film A Prophet. Film Prancis tersebut mendapuk Tahar sebagai seorang pemuda 19 tahun yang dijatuhi hukuman penjara selama enam tahun. Saat tiba di sana, ia baru sadar bahwa penjara tersebut terbelah menjadi dua kubu. 

Sejak itu ia makin laris berkarya di Prancis terutama untuk film-film yang bergenre crime. Ia juga tampil di serial Netflix, The Eddy dan The Serpent. 

4. Payman Maadi

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/paymanmaadi

Wajahnya mungkin gak asing kalau kamu sudah menonton beberapa film terkenal asal Iran macam About Elly dan A Separation. Selain aktor, Payman juga menekuni penulisan naskah dan sutradara. Ia sudah menyutradarai dua film yaitu Bomb: A Love Story dan The Snow on the Pines. 

Ia juga sudah merambah Hollywood lewat beberapa peran pendukung di film 6 Underground, Camp X-Ray, 13 Hours, dan paling baru serial Westworld.

Baca Juga: 16 Fakta Perjalanan Karier Rami Malek di Dunia Film, Bikin Kagum!

5. Shahab Hosseini

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/shahaab_news

Sama dengan Payman, Shahaab Hoseini juga tampil di film terkenal asal Iran About Elly. Disusul film pemenang Oscars A Separation dan The Salesman. Shahaab memang belum merambah Hollywood, tetapi sudah terlibat dalam puluhan judul film di Iran. Proyek terbarunya adalah kolaborasi film maker asal Iran dan Turki yang akan rilis beberapa waktu ke depan. 

6.  Ali Suliman

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/alisuliman_official

Ali Suliman adalah aktor asal Palestina yang dikenal luas karena membintangi serial Jack Ryan dan film The Syrian Bride serta Paradise Now. Film rilisan tahun 2005 tersebut berhasil menyabet Golden Globe dan nominasi film berbahasa asing terbaik di Academy Awards.

Ali bukan aktor amatir, ia menekuni akting sejak di bangku kuliah dengan menempuh pendidikan di salah satu kampus drama terbaik di Israel. Selain Jack Ryan, Ali tampil pula di The Kingdom, Lone Survivor, The Attack, dan lain sebagainya. 

7. Mena Massoud

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/menamassoud

Mena merupakan aktor asal Mesir yang berkarier di Kanada, tempatnya tinggal sejak kecil. Setelah menempuh tangga karier secara perlahan lewat serial televisi remaja, Mena akhirnya terdampar di serial laris Jack Ryan dan Reprisal. Dilanjut dengan perannya sebagai Aladdin di film live action Disney yang laris manis. Sama dengan Ali Suliman, Mena juga memulai kariernya setelah lulus dari kampus drama di Kanada. 

8. Marwan Kenzari

8 Aktor Berdarah Timur Tengah yang Prestasinya Diakui Duniainstagram.com/marwankenzari

Marwan Kenzari mungkin kamu kenal juga dari perannya sebagai Jafar di Aladdin bersama Mena Massoud. Debut di tahun 2008, ia dapat beberapa nominasi di penghargaan film Belanda lewat perannya di film Wolf yang tayang tahun 2013. Ia juga tampil memukau di film The Angel. Marwan terus berprestasi, bahkan di masa pandemi ini beberapa filmnya tayang. Sebut saja The Old Guard dan The East. Disusul pengumuman bahwa ia masuk daftar pemain film DC, Black Adam bersama Dwayne Johnson. 

Talenta asal Timur Tengah memang masih didominasi aktor laki-laki, tetapi gak menutup kemungkinan bakal lebih banyak aktris yang menyusul di masa depan. 

Baca Juga: 10 Potret Terbaru Mena Massoud, Makin Kece Setelah Membintangi Aladdin

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya