Comscore Tracker

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlight

Pasti kamu tahu beberapa di antaranya!

Siapa saja aktor kulit hitam yang sudah kamu kenal dan kagumi sejauh ini? Kebanyakan tak jauh dari nama-nama tenar seperti Will Smith, Morgan Freeman, dan Samuel L. Jackson. Padahal ada nama lain yang tak kalah keren performanya.

Silakan tengok beberapa wajah di bawah ini dan hafalkan namanya. Tonton juga film-filmnya, gak akan rugi. 

1. Mahershala Ali 

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightvanityfair.com

Mahershala Ali pertama dikenal publik lewat performa kerennya di film Moonlight. Film itu mengantarkannya mendapatkan beberapa nominasi dan penghargaan di ajang bergengsi. Disusul pula dengan film Green Book yang tak kalah fenomenal. Sesungguhnya, Mahershala sudah berperan di beberapa film lain seperti Hidden Figures, serial Luke Cage, House of Cards, Kicks, The Hunger Games, dan The Place Beyond the Pines

Terakhir, ia dapat peran di Alita: Battle Angel dan Spider-Man: Into the Spider-Verse. Tahun ini, ia tampil pula di serial laris Ramy. Perannya menarik, ia memerankan tokoh pemuka agama Islam. Ia juga sudah dipastikan akan memerankan tokoh Blade yang sedang dalam proses produksi. 

2. Stephan James

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightinstagram.com/tdotsteph

Aktor kulit hitam lainnya adalah Stephan James yang pertama kali mendulang popularitas saat bermain di film pemenang penghargaan Selma tahun 2014 lalu. Ia sebenarnya sudah aktif menjadi aktor sejak 2010, tetapi film itu jadi jalan pembuka rezekinya. Stephan kemudian dapat peran di film Race dan If Beale Street Could Talk yang tak kalah fenomenal. 

Ia juga terlibat dalam serial Homecoming, beradu akting dengan Janelle Monae. Dengan usianya yang masih muda, masa depan Stephan masih panjang membentang di industri hiburan. 

3. Anthony Mackie

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightmenshealth.com

Populer lewat film Hurt Locker, Anthony Mackie kemudian dikenal lebih luas setelah masuk dalam Marvel Cinematic Universe. Dimulai dari Captain America, ia pun mendapat banyak penggemar baru. Daftar filmografinya sebenarnya sudah sangat panjang, utamanya film-film biopik yang mengisahkan dilema kehidupan warga kulit hitam di Amerika Serikat. 

Rekomendasi film Anthony Mackie selain film produksi Marvel antara lain Night Catches Us, Notorious, The Banker, Detroit, dan The Hate U Give. Jangan lupa, ia juga membintangi serial Altered Carbon. 

4. Jamie Foxx

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightpacot.es

Siapa yang tak kenal dengan wajah ini? Jamie Foxx adalah salah satu aktor kulit hitam terlaris di Hollywood. Performanya di Django Unchained sudah tak perlu ditanya lagi. Belum pula Baby Driver, Law Abiding Citizen, Ray, dan Collateral. Terakhir, film Just Mercy mengantarkannya meraih beberapa penghargaan tambahan.

Meski sudah sering wara-wiri, namanya memang masih kalah berkilau dibanding Dwayne Johnson atau Will Smith. Sayang sekali, ya. 

Baca Juga: Perankan Lebih dari 30 Film, Begini Perjalanan Karier Aktor Dwi Sasono

5. David Oyelowo

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightinstagram.com/davidoyelowo

David Oyelowo dikenal lewat layar lebar Selma dan The Help. Perannya memang minor di Interstellar. Namun, ia dapat peran besar di beberapa film lain seperti Queen of Katwe, Peter Rabbit 2, Don't Let Go, dan serial Les Miserables dari PBS yang dapat rating tinggi.

Sukses berkarier di ranah akting, David telah mendapatkan penghargaan tertinggi dari Ratu Elizabeth untuk dedikasinya. Ia juga mendirikan yayasan untuk membantu pendidikan anak-anak di Nigeria. 

6. Don Cheadle

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightnytimes.com

Sama dengan Anthony Mackie, Don Cheadle juga dikenal luas berkat keterlibatannya dalam MCU. Sebelumnya, ia merupakan tokoh utama di film Rwanda yang sukses berat. Don juga sering tampil di berbagai video musik yang mengusung isu sosial dan anti-rasisme. Terakhir, ia tampil di serial komedi berlatar tahun 80an Black Monday. Ia juga sudah dikonfirmasi menjadi salah satu bintang di film sekuel Space Jam yang bakal rilis tahun depan. 

7. Giancarlo Esposito

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightvamely.com

Orang mungkin mengenal Giancarlo Esposito lewat perannya di serial Breaking Bad. Namun, wajahnya juga bisa dilihat di beberapa film laris lainnya seperti Okja, The Maze Runner, dan Rabbit Hole. Kebanyakan proyeknya memang serial seperti Once Upon a Time, Harley Quinn, The Get Down, Jett, dan Dear White People.

Seperti biasa wajahnya yang ramah dan tingkahnya yang kalem seringkali memberikannya karakter-karakter bijak atau justru yang menipu lewat karisma palsunya.  

8. Michael B. Jordan

Selain Will Smith, 8 Aktor Kulit Hitam Ini Layak Dapat Spotlightinstagram.com/michaelbjordan

Meski bukan pemeran utama di Black Panther, wajahnya memang tetap menonjol karena familiar. Satu kekurangannya, Michael lebih sering dapat film yang kurang menarik perhatian, tetapi peran utamanya di film Fruitvale Station dan Just Mercy wajib kamu tonton. Ia juga terlibat di film franchise Creed yang sudah dirilis sampai seri kedua. Seri ketiganya tetap akan melibatkan Michael dan sedang dalam proses produksi. 

Nah, sudah ada delapan nama aktor kulit hitam yang layak kamu pantengin karyanya. Silakan dukung karya mereka. 

Baca Juga: 9 Aktor yang Langganan Dapat Peran Jadi Ayah Baik Hati di Sinetron 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya