Comscore Tracker

9 Album Debut Musisi Barat yang Rilis di 2021, Ada Olivia Rodrigo

Album hadir dengan genre yang beragam

Seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada hal menarik saat membahas musik. Selain album dari musisi yang comeback, album debut dari para pendatang baru juga butuh perhatianmu.

Cukup banyak musisi yang mengeluarkan album perdananya tahun ini. Tak jarang album tersebut bertengger lama di puncak tangga lagu, lho. Mulai dari Arlo Parks hingga Olivia Rodrigo, berikut daftar album debut yang rilis di 2021.

1. Arlo Parks - Collapsed In Sunbeams

https://www.youtube.com/embed/8d-blfWHSng

Arlo Parks adalah musisi dan penyair asal Inggris beraliran nu-jazz dan indie pop. Parks pertama kali merilis lagu pada 2018 dan sukses meraih perhatian beberapa tokoh terkenal termasuk, Michelle Obama, Hayley Williams, dan Phoebe Bridgers.

Lagu-lagunya menenangkan dengan lirik indah. Mengadopsi isu-isu terkini, album ini sering disebut sebagai perwakilan perasaan generasi saat ini. Aang penulis lagu berseloroh ia hanya berusaha mengekspresikan perasaan pribadinya. 

2. The Band CAMINO - The Band CAMINO

https://www.youtube.com/embed/MjsNWUBEMpQ

The Band CAMINO adalah band indie pop-rock yang merilis album mereka pada September 2021. Album ini mungkin tidak tepat disebut debut karena pada 2019 mereka sempat merilis album berjudul Tryhard. Namun, ini adalah karya pertama band asal Amerika Serikat ini setelah mantan basis mereka dikeluarkan dari band akibat skandal pelecehan seksual. 

Beda dengan album terdahulu saat masih jadi kuartet, The Band Camino lewat album ini mencoba bergeser ke genre pop dengan sentuhan disko. Mereka juga banyak menyisipkan pesan untuk memaksimalkan waktu dan kesempatan yang kita dapatkan selama masih diberi hidup.

3. Olivia Rodrigo - SOUR

https://www.youtube.com/embed/gNi_6U5Pm_o

SOUR mungkin salah satu album patah hati paling fenomenal yang pernah dibuat. Dengan album debutnya ini, Olivia Rodrigo bak titisan Taylor Swift yang mampu mengubah rasa sakit hatinya jadi lagu empowering. Penuh amarah, tetapi juga disisipi pelajaran hidup. 

Tentu saja Rodrigo punya ciri khas sendiri, ia dengan cerdas memasukkan unsur musik 2000-an yang beberapa tahun belakangan ini bangkit dari kubur. Tak heran, ia kini jadi salah satu artis muda paling populer di Amerika Serikat, bahkan dunia. 

4. Griff - One Foot in Front of the Other

https://www.youtube.com/embed/ie-7JwVcMdQ

Griff adalah musisi pendatang baru asal Inggris berdarah Jamaika dan Tiongkok. Walau masih muda, album One Foot in Front of the Other berhasil ditulis dan diproduksinya sendiri tanpa cela.

Ia mengusung musik pop dengan lirik reflektif dan membahas insekuritas. Griff berhasil mencuri perhatian lewat mini album pertamanya itu. Bahkan, selang beberapa waktu saja setelah albumnya rilis, ia kembali mengeluarkan single berjudul "One Night" yang bertema proses pemulihan dir dari patah hati. 

Baca Juga: 10 Album yang Paling Banyak Didengar selama 2021 di Spotify

5. Orla Gartland - Woman on the Internet

https://www.youtube.com/embed/JpZv3BV1jxE

Orla Gartland bukanlah pendatang baru di 2021 ini. Penyanyi asal Irlandia ini sudah bermusik sejak 2012 dan menelurkan beberapa EP. Ia bahkan wara-wiri di berbagai pentas nasional dan internasional. Namun, baru Woman on the Internet album studio pertamanya.

Maha karyanya ini ia rilis secara independen. Berkaca pada kualitasnya, ini adalah album bukti kegigihan dan idealisme seorang Gartland. Liriknya mengagumkan dan beda, pas untuk yang butuh lagu-lagu nonromantis. 

6. Sofia Kourtesis - Fresia Magdalena

https://www.youtube.com/embed/WY1bZjXKKWA

Walau bergenre house dan EDM, lagu-lagu di mini album milik produser asal Berlin, Sofia Kourtesis benar-benar menghipnotis. Ia mengemas melodi yang dibuat dari alat musik elektronik jadi lagu menenangkan. Ini salah satu inovasi musik terbaik yang harus kamu dengar dan buktikan sendiri. 

Selain musiknya, cerita di balik album ini pun tak kalah seru. Fresia diambil dari nama sang ibu, sedangkan Magdalena tribut untuk distrik Magdalena del Mar, tempat sang musisi tumbuh besar di Lima, Peru. Sampul albumnya pun didesain seperti makam khas Amerika Latin. 

7. Squid - Bright Green Field

https://www.youtube.com/embed/__zmVSREvxY

Squid adalah band punk rock eksperimental asal Inggris yang lagu-lagunya kental akan kritik sosial dan politik. Album debut mereka terinspirasi dari pandemik yang menunjukkan berbagai rekahan dalam sistem politik dan ekonomi dunia.

Karya mereka memadukan melodi instrumental dengan lirik singkat yang langsung pada intinya. Squid sekaligus mengingatkan kita pada band serupa, IDLES. Mereka juga sering menyinggung isu-isu sosial dan politik dengan kemasan melodi punk rock. 

8. jxdn - Tell Me About Tomorrow

https://www.youtube.com/embed/Ee7k67oTa1M

jxdn adalah musisi bernama asli Jaden Hossler yang berada di bawah label milik Travis Barker. Menariknya, sebelum jadi musisi dan merilis album perdananya, Jaden lebih dulu dikenal sebagai kreator konten di TikTok. Beda dengan kebanyakan artis media sosial dihujat saat merambah musik atau akting, jxdn justru menuai pujian. 

Bersama Travis Barker, ia menjelma menjadi bintang baru yang membangkitkan kembali musik pop punk 2000-an. Lagunya banyak mengusung percintaan dan pertemanan anak muda, tetapi juga menyinggung kesehatan mental. Siapa pun yang kangen musik 2000-an wajib menilik album barunya. 

9. Gracie Abrams - This is What It Feels Like

https://www.youtube.com/embed/FgBDOAjj3Qs

This is What It Feels Like jadi album sederhana dari banyak segi. Namun, jadi spesial karena vokal Gracie yang dreamy dan liriknya yang nuance. Pemilihan genre dan cara mengemas makna lagu dengan metafora mengingatkanmu sedikit pada karya HAIM.

Gracie Abrams merupakan putri dari sutradara J.J. Abrams yang mulai dikenal pada 2019 lalu lewat single gubahannya, "Mean It" dan "Stay" yang sempat viral. Akhirnya di 2021, ia memantapkan diri sebagai salah satu musisi pop yang menjanjikan. 

Ada yang bilang karier musisi tak lengkap rasanya kalau belum menelurkan album. Ini akhirnya terwujud bagi beberapa musisi muda pendatang baru di atas. Didominasi gen z, regenerasi musisi berkualitas tak perlu dikhawatirkan. Sudah dengar yang mana saja, nih? 

Baca Juga: 5 Lagu Olivia Rodrigo tentang Patah Hati, Relate Banget, nih!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya