Comscore Tracker

Jangan Remehkan, 7 Band Alternatif Ini Beranggotakan Perempuan Semua!

Lagu-lagunya pun empowering!

Tak bisa dipungkiri industri musik merupakan ranah yang didominasi kaum laki-laki. Terutama dalam bentuk band atau grup musik, kebanyakan personel dan kru-nya pun merupakan laki-laki. Belum lagi kalau berbicara musik indie/alternatif, tak perlu ditanya lagi kebanyakan pelaku dan penggemarnya pun laki-laki. 

Namun, itu bukan halangan bagi perempuan untuk tetap berkiprah di belantika musik alternatif. Dengan bekal lirik yang bertujuan mendobrak stigma dan mengangkat isu-isu kontemporer yang sering diabaikan banyak orang, tujuh band berikut ternyata mampu mencuri perhatian dunia. Ditambah, semua personelnya perempuan!

1. HINDS

https://www.youtube.com/embed/_c1nBW4jDVo

HINDS adalah band asal Madrid, Spanyol yang beranggotakan empat perempuan. Mereka terbentuk tahun 2011. Sebelumnya mereka menggunakan nama "Deers", namun menggantinya karena ada kemiripan nama dengan nama band lain. Akhirnya mereka memilih "Hinds" yang diartikan sebagai rusa betina. 

Dengan lirik bahasa Inggris, karir internasional mereka pun makin melejit. Setelah album debut di tahun 2016 lalu, mereka akhirnya merilis album kedua pada April tahun ini. Genre musik yang mereka usung adalah lo-fi dan garage pop. Ditambah lirik lagu yang sering mengangkat isu independensi dan dukungan terhadap sesama perempuan. 

2. The Big Moon

https://www.youtube.com/embed/ftyzr3Uw7rc

Band beraliran indie-rock ini memulai karirnya sebagai penampil pembuka untuk nama-nama besar seperti The Vaccines, VANT, dan Inheaven, sebelum akhirnya memijakan kaki lebih dalam di industri musik dan merilis album debutnya setahun yang lalu dengan judul "Love in the 4th Dimension". 

Lagu-lagu mereka cukup unik, dengan lirik penuh metafora dan musik menghentak yang bikin semangat. 

3. Honeyblood

https://www.youtube.com/embed/04S6K1jlOkI

Honeyblood merupakan duo asal Skotlandia yang beraliran lo-fi, indie-rock, dan garage. Mereka memulai perjalanan musik sejak tahun 2012. Album pertama mereka dirilis di tahun 2014 oleh produser yang sempat menaungi beberapa band besar seperti Gorillaz. Kesuksesan album perdana, diikuti album kedua mereka "Babes Never Die" di tahun 2016. 

Lirik lagu mereka memang cukup gelap, didukung video musik yang tak kalah suram. Serta lantunan melodi menghentak yang juga menghantui. 

Baca Juga: Fantastis, Inilah 10 Girlband KPop dengan Penghasilan Tertinggi

4. Dream Wife

https://www.youtube.com/embed/2Ov_uABrg5U

Band asal Inggris ini berhasil mencampurkan unsur punk dan indie-rock dalam musik mereka. Alhasil mereka dapat banyak pujian dari berbagai media musik besar di Inggris dan Amerika Serikat seperti Billboard dan BBC. 

Meskipun tergolong baru karena baru berdiri pada tahun 2016, nama mereka sudah dikenal luas dan sering dikategorikan sebagai salah satu band pendatang baru terbaik 2018. Lagu-lagu mereka mengangkat isu-isu feminisme dan kritik sosial, salah satunya lagu hits "Somebody". 

5. Goat Girl

https://www.youtube.com/embed/Bi2G0t4oqWA

Goat Girl juga mendapat perhatian tahun 2018 ini setelah merilis album debut mereka pada 6 April 2018 lalu. Band ini mengusung genre post-punk. Tak tanggung-tanggung, lagu mereka tak sedikitpun menyinggung masalah dilema cinta dan jatuh cinta, justru mengangkat isu-isu kebijakan publik, kesehatan mental, serta kekerasan yang sering menimpa perempuan.

6. Camp Cope

https://www.youtube.com/embed/yOI8NGJ6SdI

Trio asal Australia ini baru saja merilis album perdana "How To Socialize and Make Friends" mereka pada Maret 2018. Dengan vokal yang kuat dan melodi yang cukup catchy mereka berhasil meraih perhatian banyak orang. 

Tak mau ketinggalan, mereka juga menyuarakan aspirasi perempuan dalam lagu-lagunya. Salah satunya lagu "The Opener" yang mengambil contoh-contoh kecenderungan orang dalam memperlakukan musisi perempuan. 

7. The Aces

https://www.youtube.com/embed/aHt-Y4r1RFs

Bila kamu lebih suka musik pop, coba band indie-pop bernama The Aces. Band asal Amerika Serikat ini berhasil mencuri perhatian lewat musik mereka yang nyaman didengarkan dengan lirik yang juga mudah dipahami. Meskipun begitu, lagu mereka tidak se-cheesy musik pop biasanya, makna lagu mereka bisa diartikan secara universal. Tidak hanya masalah percintaan, tetapi juga self-awareness

The Aces baru merilis album perdana mereka pada April 2018. Langsung bisa kamu mainkan kalau suka sama lagunya.

Baca Juga: 10 Vokalis Cewek Band Indonesia yang Paling Diidolakan Generasi 2000an

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya