Comscore Tracker

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021

Sudah nonton? #IDNTimesHype

Ajang Golden Globe Awards baru saja selesai digelar secara virtual. Ajang penghargaan seperti ini selalu memberikan spotlight bagus untuk film-film berkualitas. Jika tahun 2020, Parasite dan Joker jadi primadona, tahun ini film Nomadland  yang mendominasi.

Film ini berkisah tentang seorang perempuan paruh baya bernama Fern yang tinggal sendirian di van tanpa keamanan finansial dan jaminan masa tua. Meski karakternya fiktif, Fern adalah representasi kenyataan pahit yang melanda sebagian penduduk paruh baya di Amerika Serikat. Sehebat apa sih film Nomadland? Simak beberapa fakta uniknya berikut ini. 

1. Diadaptasi dari buku terbitan 2017 karangan Jessica Bruder yang terinspirasi dari fenomena nyata 

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021instagram.com/w.w.norton

Buku berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century ditulis Bruder sebagai perpanjangan dari liputan yang pernah ia rilis tahun 2014 untuk Harper's Magazine. Buku ini ia tulis dari kisah para tunawisma berusia paruh baya di Amerika Serikat yang tinggal di lahan-lahan kosong beratapkan mobil, van, atau tenda. 

Kebanyakan dari mereka kehilangan tempat tinggal sebagai dampak resesi tahun 2008-2009 yang menghantam Eropa dan Amerika Serikat. Mereka bertahan hidup dengan bekerja serabutan dengan upah minimum. Untuk keperluan menulis buku, Bruder ikut tinggal di van bersama komunitas tunawisma tersebut. 

Dalam wawancara dengan majalah Time, Bruder juga menekankan perbedaan antara komunitas tunawisma yang tinggal di van ini dengan anak muda yang memilih tinggal di van untuk traveling. 

2. Merajai Golden Globe 2021 dengan empat nominasi dan memenangkan dua di antaranya

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021indiewire.com

Golden Globe Awards memberikan empat nominasi untuk Nomadland, yaitu film terbaik, sutradara terbaik, naskah terbaik, dan aktris terbaik. Film ini berhasil menyabet pemenang di kategori film dan sutradara terbaik. 

Chloe Zhao sang sutradara dan penulis buku, Jessica Bruder bekerja sama dalam proses adaptasi cerita ini ke layar lebar. Keduanya bahkan turut melakukan wawancara dan observasi lagi ke komunitas nomad tempat Bruder melakukan risetnya.

Lewat majalah Time, keduanya juga sangat berterimakasih pada anggota komunitas nomad yang bersedia memberikan masukan dan saran untuk kesuksesan film tersebut. Tanpa mereka, film ini tidak akan seautentik itu. 

3. Chloe Zhao, sang sutradara jadi perempuan Asia pertama yang menyabet gelar di Golden Globe

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021vulture.com

Dengan kemenangan Nomadland di kategori sutradara terbaik, nama Chloe Zhao ikut terangkat. Ia pun dinobatkan sebagai perempuan Asia pertama yang berhasil memenangkan penghargaan di Golden Globe. Kemenangannya ikut dirayakan komunitas Asia di dunia yang ikut bangga dengan pencapaian sang sutradara. 

Selain Chloe Zhao, representasi Asia lainnya di Golden Globe 2021 diramaikan oleh Minari yang memenangkan kategori film berbahasa asing terbaik. Minari disutradarai oleh Lee Isaac Chung dan dibintangi Steven Yeun, keduanya sama-sama imigran asal Korea Selatan di Amerika Serikat. 

Baca Juga: 24 Daftar Pemenang Golden Globe 2021, Nomadland Film Terbaik!

4. Hanya Frances McDormand yang merupakan aktris profesional di film ini 

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021newyorker.com

Selain sutradaranya, sang pemeran utama Frances McDormand turut dipuji. Meski tidak menyabet penghargaan, penampilannya sangat memukau. Frances sudah pernah tampil di berbagai film besar seperti Almost Famous, Wonder Boys, North Country, Three Billboards Outside Ebbing, dan lain sebagainya. 

Selain Frances sebagai lakon utama, para pemeran pendukung dan figuran di film ini merupakan anggota komunitas nomad atau tunawisma yang dikenal oleh Bruder dan Zhao. Linda May misalnya, salah satu cast di film ini merupakan protagonis di buku Bruder yang sampai kini masih berkawan baik dengannya. 

5. Lagu temanya digubah pianis kenamaan Ludovico Einaudi

6 Fakta Film Nomadland yang Rajai Golden Globe 2021droidjournal.com

Ludovico Einaudi sudah sering mengisi lagu tema untuk film-film besar seperti The Intouchables, The Third Murder, Samba, This Is England, The Father dan masih banyak lagi. Ia dikenal lewat permainan pianonya yang merupakan perpaduan musik klasik dengan kontemporer. 

6. Nomadland tayang di bioskop terpilih atau ditonton lewat layanan Hulu 

https://www.youtube.com/embed/6sxCFZ8_d84

Nomadland sempat tayang di beberapa bioskop terpilih di Amerika Serikat pada akhir Januari lalu. Untuk masyarakat umum, film ini bisa disaksikan lewat layanan streaming Hulu sejak 19 Februari 2021.

Wajib ditonton, nih. Recommended banget ceritanya!

Baca Juga: 10 Meme Cocoklogi Outfit Artis di Golden Globe 2021 yang Bikin Ngakak

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya