Comscore Tracker

6 Film Horor 2022 Jebolan Festival yang Layak Dapat Penghargaan

Akankah mereka mengikuti kesuksesan Titane? 

Pada 2021 lalu, Titane jadi film horor pertama di dunia yang berhasil merebut Palme d’Or dalam ajang Cannes Film Festival. Film karya Julia Ducournau ini memang sangat unik dan berbeda dari film horor biasanya. Memadukan sosok pembunuh berantai, sains fiksi, dan fetisisme yang mengganggu. 

Pada 2022 pun penggemar film horor tak bakal kehabisan hiburan. Pada beberapa gelaran festival bergengsi, seperti Sundance, Cannes, hingga Toronto International Film Festival, ada beberapa judul film horor yang mencuri perhatian. Beberapa disebut fenomenal dan layak dapat gelar yang lebih prestisius.

Sangat dijagokan oleh penonton, berikut lima film horor 2022 yang layak mendapatkan penghargaan berkat jalan ceritanya yang unikCatat baik-baik!

1. Piggy (2022)

https://www.youtube.com/embed/AmxqoA0VNjg

Piggy adalah film Spanyol yang tayang perdana di Sundance Film Festival. Ia dikembangkan dari proyek film pendek berjudul sama. Sang lakon, Sara, diperankan aktris yang sama, Laura Galan. Sara diceritakan sebagai gadis remaja yang dirundung karena berat badannya. 

Ketika para perundungnya diculik, Sara yang tahu keberadaan mereka punya dua pilihan, membebaskan atau justru membalas dendam. Piggy jadi menarik karena bukan hanya menampilkan kengerian dan ketegangan, tetapi juga menyenggol isu cyberbullying. Tak lupa detail-detail kecil, seperti kostum dan pemilihan latar yang bikin film ini lebih hidup.

2. Speak No Evil (2022)

https://www.youtube.com/embed/UhWiiDhmBCM

Speak No Evil dimulai dengan pertemuan dua pria bernama Bjorn asal Denmark dan Patrick asal Belanda. Keduanya kemudian sepakat merencanakan liburan bersama keluarga mereka masing-masing di satu tempat. 

Bjorn dan Patrick memiliki karakter yang sangat bertolakbelakang. Patrick sosok yang terus terang dan percaya diri. Kebalikannya, Bjorn sangat memegang teguh tata krama dan kesopanan. Awalnya baik-baik saja, ternyata kesabaran Bjorn dan keluarganya diuji selama liburan tersebut. 

Film horor psikologi ini dibuat dengan latar pedesaan terpencil yang membuat suasananya makin suram dan kelabu. Ditambah beberapa detail yang mencengangkan, seperti anak Patrick yang memiliki kondisi khusus sehingga tak bisa bicara. Kalau Piggy bicara bullying, Speak No Evil mengangkat isu maskulinitas dan apatisme. 

3. Watcher (2022)

https://www.youtube.com/embed/KDc6ZLo8sjc

Film horor 2022 menarik berikutnya berjudul Watcher. Dibintangi Maika Monroe, sinema garapan Chloe Okuno mengikuti kehidupan Julia, warga negara asing yang baru saja pindah ke Bucharest.

Di tengah kondisinya yang teralienasi karena belum fasih berbicara bahasa lokal, ia dihantui sosok pria yang sering mengintip dan mengawasinya. Ketika mencoba menceritakannya pada orang lain, ia justru merasa ragu dan berpikir itu semua hanya halusinasi dan kekhawatiran berlebih belaka.

Watcher mengangkat konsep-konsep penting, seperti gaslighting dan victim blaming. Seru, sih, horor-psikologi yang mungkin mengingatkanmu pada The Invisible Man. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Horor Adaptasi Film Pendek, Ada Smile!

4. Nanny (2022)

https://www.youtube.com/embed/jW-XKkSC63k

Tayang perdana di Sundance Film Festival pada Januari 2022 lalu, Nanny sudah dibeli hak distribusinya oleh Amazon Prime Video. Film debut sutradara Nikyatu Jusu ini menangkap sudut pandang imigran Senegal yang bekerja sebagai pengasuh bernama Aisha untuk keluarga kulit putih kaya raya di Amerika Serikat. 

Dengan harapan ia bisa menabung untuk memboyong putranya di kemudian hari, Aisha justru harus menghadapi keluarga yang tak biasa. Sang istri yang tak pernah puas dengan pekerjaannya dan sang suami yang menunjukkan simpati berlebih.

Jusu menjelajah banyak isu di sini. Tidak hanya isu sosial dan migrasi, tetapi juga dampak psikis dari pekerjaan pengasuh anak yang dianggap sepele banyak orang. 

5. Sissy (2022)

https://www.youtube.com/embed/0XOjP_63YC4

Sissy tayang perdana dalam gelaran SXSW pada Maret 2022 lalu. Ia mengikuti sosok perempuan muda bernama Cecilia yang sering mengunggah video tentang kesehatan mental. Padahal, ia sendiri berjuang dengan trauma dan pikiran negatif di kepalanya. 

Satu hari, ia bertemu dengan kawan masa kecilnya, Emma, dan kemudian sepakat menghabiskan akhir pekan bersama di sebuah kabin. Ternyata, di situlah ia dipaksa bertemu para perundungnya dari masa lalu. 

6. The Innocents (2022)

https://www.youtube.com/embed/hm45yGSwArY

Berlatarkan Norwegia dan berlakonkan anak-anak, ternyata The Innocents bukan film drama biasa. Ia digarap sutradara Eskil Vogt yang sebelumnya sudah pernah terlibat dalam Reprise, Blind, dan The Worst Person in the World. 

Kali ini ia menjajal genre supranatural dengan mengajak penonton mengikuti kehidupan anak-anak di kompleks pemukiman. Salah satunya Ida yang ketika bermain di sekitaran rumahnya bertemu sosok bocah laki-laki bernama Ben.

Ben memiliki hobi menyakiti hewan dan tak dapat perhatian cukup dari orangtuanya. Tak hanya itu, Ben ternyata memiliki kekuatan super yang membuatnya semakin mengerikan. 

Film ini tayang perdana di Cannes 2021, lalu ditayangkan massal di seluruh dunia pada Maret 2022. Kamu sudah nonton belum, nih?

Horor memang bukan salah satu genre yang difavoritkan untuk menang penghargaan. Namun, bukan berarti mereka kalah kualitas. Kalau sudah jebolan festival, biasanya film-film sudah melalui proses seleksi ketat. Layak kamu masukkan daftar tontonanmu, nih!

Baca Juga: 10 Film Horor Terbaik Sepanjang 2022, Scream Gak Ada Matinya!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya