Comscore Tracker

11 Musisi Barat Kontemporer yang Lirik Lagunya Bebas Kosakata Vulgar

Aman dan nyaman didengar #IDNTimesHype

Kekhawatiran akan eksposur lagu-lagu yang kurang pantas di telinga anak-anak belakangan memang jadi sorotan. KPI bahkan sampai membuat daftar lagu yang dilarang diputar di bawah jam 10 malam. Kata-kata umpatan dan pesan-pesan seksual yang tersirat dalam lagu memang jadi tren tersendiri di industri musik mainstream masa kini. 

Beriringan dengan tren tersebut, sebuah perusahaan provider jaringan seluler asal Amerika Serikat merilis sebuah riset tentang seberapa "bersih" lirik musisi-musisi paling populer di dunia dari kosakata-kosakata vulgar.

Riset yang dirilis bulan Juli 2021 itu menunjukkan bahwa Harry Styles berhasil menduduki peringkat tertinggi sebagai musisi mainstream "paling bersih" karena tidak ada kata-kata vulgar dalam lirik-lirik gubahannya. 

Nah, selain Harry Styles, siapa kiranya musisi lain yang pantas dapat predikat serupa? Berikut daftar beberapa musisi yang tak hanya modal melodi yang nyaman didengar, tetapi mampu membuat lirik puitis dan indah.

1. Harry Styles 

https://www.youtube.com/embed/qN4ooNx77u0

Lirik-liriknya boleh nihil kosakata vulgar, tetapi sebenarnya Harry Styles tidak sepenuhnya "bersih". Lagunya yang berjudul "Watermelon Sugar" sebenarnya memiliki unsur seksual yang tersirat. Ini bisa jadi rambu-rambu bagi kita untuk tetap melihat arti sebuah lagu secara keseluruhan, bukan hanya per kata. 

Terlepas dari itu, predikat "bersih" masih cocok melekat pada musisi muda tersebut.  Kebanyakan lagu-lagu Harry Styles cukup aman didengar. Netral dan tidak menjurus ke arah kekerasan maupun konten-konten dewasa. 

2. Taylor Swift 

https://www.youtube.com/embed/RsEZmictANA

Masih berdasarkan penelitian di atas, predikat serupa juga disematkan pada Taylor Swift. Persentase kata umpatan dalam lirik lagu Taylor hanya 0,21 persen. Mendengar Taylor mengumpat dalam lagu adalah hal langka. Apalagi di dua album terbarunya folklore dan evermore yang makin puitis. 

3. Birdy 

https://www.youtube.com/embed/BDvv9iE4L_8

Meski tak masuk sampel dalam penelitian yang sama, Birdy layak masuk dalam kategori musisi dengan lirik paling "bersih". Lagu-lagu Birdy bahkan tak pernah berisikan konten dewasa, meski tetap bicara cinta. Sangat aman, netral, dan liriknya indah seakan sedang membacakan puisi. Birdy juga bukan musisi yang problematik, ia fokus berkarya dan tak pernah ada berita miring tentangnya. Idaman, sih. 

4. Dermot Kennedy 

https://www.youtube.com/embed/Fi33qkv4Bjw

Jika bicara Birdy, Dermot Kennedy pun tak boleh dilupakan. Keduanya punya warna lirik yang mirip. Punya koleksi lagu tentang cinta hingga pesan-pesan kehidupan universal, lirik Dermot tak pernah dilabeli eksplisit kecuali beberapa lagu kolaborasi dengan musisi lain. Dermot bahkan sering menggunakan kosakata-kosakata bahasa Inggris yang indah, tetapi jarang dipakai. 

5. Forest Blakk 

https://www.youtube.com/embed/wDaiiluanQc

Begitu pula dengan Forest Blakk. Musisi folk-pop ini belakangan dikenal karena lagunya yang berjudul "If You Love Her"Tak hanya lagu manis itu, Forest Blakk sudah merilis beberapa lagu lain meski hingga kini belum menelurkan album. Semua lagu-lagunya aman dari kata umpatan dan konten vulgar. Silakan didengar sendiri, deh. 

Baca Juga: Puncaki Billboard, 7 Lagu KPop dan JPop Ini Ditulis Musisi Hollywood

6. mxmtoon 

https://www.youtube.com/embed/kAHGIjEl85o

Buat yang belum kenal dengan Maia alias mxmtoon, mungkin ini saatnya kamu mendengar talenta musisi belia tersebut. Ia pertama kali dikenal karena lagu "prom dress" di tahun 2019. Disusul album keduanya yang berjudul dawn & dusk di tahun 2020 lalu. Lagu-lagu Maia nyaman didengar penggemar lagu pop akustik. Liriknya juga manis, nyaman, bertema universal, dan tak satu pun berlabel eksplisit. 

7. Gracie Abrams 

https://www.youtube.com/embed/KMjSuj_LRh0

Pendatang baru lainnya yang layak dapat predikat serupa adalah Gracie Abrams. Musisi muda yang sedang naik daun ini sudah punya beberapa koleksi lagu pop yang tak hanya easy-listening, tetapi aman dari kata-kata vulgar. Gracie juga mengangkat isu-isu tentang hubungan dengan kemasan yang baik dan elegan. 

8. Tom Odell 

https://www.youtube.com/embed/eNFz58G0GEs

Jika suka lagu-lagu Ed Sheeran, seharusnya Tom Odell gak layak dilewatkan. Ia juga menawarkan banyak lagu yang tak berkutat pada perihal cinta dan hubungan. Beberapa lagunya mengangkat isu kesehatan mental. Tom dikenal sebagai musisi yang lirik gubahannya bebas umpatan dan pesannya mengena. 

9. Lewis Capaldi

https://www.youtube.com/embed/ZHRXmYdwc1o

Sejak lagu "Someone You Loved" meledak, ketenaran Lewis Capaldi memang tak terbendung. Ia berhak masuk dalam kategori musisi yang "bersih", karena hampir tak pernah mengumpat dalam lagu. Meski dikenal dengan gaya liriknya yang puitis dan penuh perasaan, Lewis ternyata orang yang humoris. 

10. Alec Benjamin 

https://www.youtube.com/embed/rHmLEj3-JAI

Jika mencari alternatif Lewis Capaldi, penyanyi bersuara lembut Alec Benjamin bisa dicek. Ia juga menelurkan banyak lagu yang penuh pesan-pesan kehidupan. Ia juga sering mengungkapkan kekecewaan di lagu-lagunya, tapi tak satu pun kata umpatan ia sematkan dalam liriknya. Alec sudah punya dua album, silakan didengar sekarang, deh. 

11. AURORA 

https://www.youtube.com/embed/K17df81RL9Y

AURORA juga wajib masuk radarmu jika mencari musisi Barat yang tak pernah mencantumkan konten dan kosakata vulgar dalam karyanya. Lagu-lagu AURORA sangat khas dengan sentuhan anthemic dan atmospheric, melodinya keren dan liriknya empowering.

Keberadaan kosakata vulgar memang bukan satu-satunya indikator penilaian kualitas seorang musisi. Namun, kalau butuh lagu yang aman didengar segala umur dan liriknya indah, dua belas musisi di atas boleh jadi pilihan

Baca Juga: 6 Lagu Barat yang Cocok untuk Dinyanyikan Sambil Bermain Gitar

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya