Comscore Tracker

8 Musisi Hip Hop Alternatif Terkece yang Wajib Dicek Pencinta Musik

#IDNTimesHype Buat yang bosan lagu itu-itu saja

Tidak hanya musik rock dan pop yang punya aliran alternatif, musik hip hop juga punya versi alternatif. Ditandai dengan fusion alias percampuran beberapa elemen musik lain seperti funk, soul, pop, EDM, rock, dan lain sebagainya ke dalam lagu hip hop. Penasaran? Berikut beberapa musisi hip hop alternatif yang bisa dibuktikan keabsahannya. 

1. BROCKHAMPTON

https://www.youtube.com/embed/sZd-t5-I5uA

BROCKHAMPTON pertama kali terbentuk di tahun 2010 dan mulai menelurkan karya di tahun 2015. Beranggotakan 13 personel, band kolektif ini memang tergolong ramai dan kaya akan warna suara. Mereka mulai dikenal luas pada tahun 2017 lewat single Lamb dan album debut mereka Saturation.

Di tahun 2019 mereka kembali merilis album berjudul GINGER dengan single utamanya SUGAR yang tenar. BROCKHAMPTON memasukan unsur musik soul ke lagu hip hop mereka hingga nyaman dinikmati penikmat musik lain sekalipun. 

2. YUNGBLUD 

https://www.youtube.com/embed/vSPCsR3AkKY

YUNGBLUD adalah nama panggung untuk rapper sekaligus penyanyi Dominic Harrison. Debut di tahun 2017 saat masih berusia 20 tahun, kini namanya makin dikenal sejak berkolaborasi dengan nama-nama besar macam HALSEY dan Bring Me The Horizon. 

YUNGBLUD merilis album debutnya di 2018 dengan judul 21st Century Liability. Ia banyak mengangkat isu-isu sosial yang berkembang saat ini, termasuk identitas, depresi, pelecehan seksual, dan lain sebagainya. Genre yang ia usung merupakan perpaduan pop, punk, rock, dan hip hop. YUNGBLUD juga dikenal sering berdandan nyentrik di setiap kesempatan manggung. 

3. NOISY 

https://www.youtube.com/embed/pjweKrI8rIs

NOISY adalah band hip hop alternatif baru asal Inggris yang digawangi tiga orang. Pernah jadi tergabung dalam band rok alternatif, Cody yang memegang posisi lead vocal membawa unsur rok di NOISY lewat suaranya. Berpadu apik dengan aransemen elektronik dan beats dari Spencer serta surf-guitar yang dibawakan Connor.

Masih tergolong band baru, mereka berhasil mencuri hati label rekaman besar dan telah merilis beberapa single keren. Tahun 2020 ini sebenarnya mereka didapuk jadi penampil pembuka untuk rapper dan penyanyi YUNGBLUD, tetapi harus tertunda karena pandemik. 

4. grandson 

https://www.youtube.com/embed/JjmMUy49mV8

grandson adalah penyanyi hip hop alternatif asal Kanada yang berkarier cemerlang di Amerika Serikat. Ia tergabung dalam label rekaman Fueled By Ramen dan RCA Records. Ia dikenal setelah lagu Blood // Water dan Rock Bottom laris di pasaran. Musiknya dikenal cukup politis karena berupa kritik pada pemerintah dan isu-isu yang jadi perdebatan di masyarakat.

Membuat lagu yang bernuansa politik bukan perkara mudah, tentu rasa insecure lagunya tidak diterima orang pasti ada. Namun, seiring berjalannya waktu ia mengaku senang karena lagunya bisa memicu diskusi lebih lanjut. Sejauh ini ia merilis karyanya dalam bentuk single dan baru akan menelurkan album Desember 2020 ini. 

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Clairo, Musisi Muda yang Tulis Lagu dalam Waktu 2 Jam

5. NSG

https://www.youtube.com/embed/gVJoJJh7YBQ

Tak mengungkap pasti apa kepanjangan dari NSG, banyak orang membuat sendiri terma untuk grup kolektif ini. Mulai dari No Sleep Gang, New Sound Group, Non Stop Grinding dan Never Stop Growing. Mirip dengan BROCKHAMPTON, ada setidaknya enam personel tetap dari grup vokal hip hop ini.

Berasal dari Inggris, mereka ternyata tidak serta merta mengusung grime sebagai genre utama mereka. Musiknya merupakan perpaduan banyak hal mulai dari afro, dance, funk, hip hop, reggae, dan soul. 

6. Dominic Fike 

https://www.youtube.com/embed/PXyPiHt2weU

Nama Dominic Fike meroket setelah lagu 3 Nights dirilis. Lagu yang merupakan perpaduan hip hop, soul, funk, dan dance ini memang beda dengan lagu-lagu lain yang pernah dirilis di pasaran. Dominic juga pandai meramu penampilan langsungnya sehingga beda drastis dengan mendengarkan lagu versi rekaman studio. 

Dapat spotlight yang pantas, kini Dominic sudah punya album debut What Could Possibly Go Wrong  pada Juli 2020 lalu. Menariknya Dominic merupakan keturunan Filipina dan Afrika yang sering mengangkat isu-isu sosial dan personal di karyanya. 

7. ROLE MODEL 

https://www.youtube.com/embed/UAiVQrGZWTo

Sering dianggap mirip dengan Dominic Fike dari segi musikalitas, ROLE MODEL memang membuat lagu dance, hip hop, R&B yang bernuansa musim panas. Sekilas ceria, enak untuk mengiringimu berjoged, tetapi ternyata syarat makna.

Bahkan bagi orang yang kurang familiar dengan musik hip hop, musiknya bisa saja menghipnotismu untuk menekan tombol ulang. Penasaran sama lagu ROLE MODEL lainnya? EP perdananya sudah rilis, kok, bisa didengarkan sampai bosan. 

8. Trevor Daniel 

https://www.youtube.com/embed/L7mfjvdnPno

Dikenal lewat lagu Falling yang viral tahun 2019 lalu, Trevor dilirik manajemen Selena Gomez yang mengundangnya berkolaborasi. Keduanya merilis single duet berjudul Past Life di tengah pandemik. Tak lama kemudian album debutnya Nicotine dirilis di pasaran. Jika diperhatikan perpaduan musik rap, hip hop, dan pop-nya bak perpaduan Bazzi dan Post Malone.  

Apakah kamu menemukan idolamu di delapan daftar di atas? Kalau masih ada yang belum tersebut, boleh tambahkan di kolom komentar, ya. 

Baca Juga: 7 Lagu Hip Hop Igor Saykoji yang Asyik dan Berkelas!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya