Comscore Tracker

6 Series dengan Konsep Time Travel yang Bikin Mikir  

Dipadu dengan sains, sejarah, dan investigasi

Time travel atau penjelajahan waktu adalah konsep yang umum dipakai dalam sebuah karya fiksi, baik film maupun buku. Terkadang karena saking seringnya diangkat, kita jenuh dengan cerita yang itu-itu saja. 

Namun, kejenuhanmu bakal diobati lewat beberapa series time travel yang tak biasa berikut. Dipadu dengan investigasi, sejarah, dan sains, serial-serial berikut justru bikin kamu tak sabar buat terus menonton episode selanjutnya. Catat dulu, yuk! 

1. Dark (2017-2020)

https://www.youtube.com/embed/ESEUoa-mz2c

Dark adalah salah satu rilisan original terbaik Netflix yang sayang kamu lewatkan. Series ini berkutat pada kehidupan warga sebuah kota fiktif bernama Winden di Jerman yang dihebohkan dengan hilangnya beberapa anak.

Saat melakukan penyidikan dan pencarian, beberapa dari mereka menemukan sebuah gua yang memungkinkan seseorang melalui penjelajahan waktu dengan rentang 33 tahun ke depan dan 33 tahun ke belakang. Tayang selama tiga musim dengan akhir yang memuaskan penggemarnya, ia wajib ditonton penggemar sejarah, sains fiksi, dan thriller-psikologi. 

2. Signal (2016)

https://www.youtube.com/embed/RsdJLm7Swkw

Dari Asia, kamu bisa mencoba menonton drama Korea berjudul Signal yang tayang tahun 2016 lalu. Penonton akan diajak mengikuti perjalanan karier sekelompok detektif dan polisi yang fokus pada cold case atau kasus lama yang belum terpecahkan.

Salah satu dari mereka ternyata menemukan cara untuk berkomunikasi dengan seorang detektif yang telah lama dinyatakan hilang. Menariknya, sang detektif misterius tersebut ternyata masih berada di tahun 1980an. 

3. Shining Girls (2022)

https://www.youtube.com/embed/GiNCIA4kszw

Tayang di Apple TV+ sejak April 2022, Shining Girls adalah series terbaru yang dibintangi dan disutradarai sendiri oleh Elisabeth Moss. Ia memerankan sang tokoh utama, Kirby, seorang perempuan 30 tahunan yang pernah menjadi korban percobaan pembunuhan oleh seorang pria tak dikenal. 

Saat ada kasus pembunuhan baru yang polanya mirip dengannya, Kirby bekerja sama dengan seorang wartawan untuk menemukan sang pelaku. Menariknya, ternyata banyak kasus serupa di masa lalu yang luput dari perhatian polisi seakan sang pelaku bisa melompati waktu dalam sekejap. 

Baca Juga: 8 Series Dramedy Underrated dari Berbagai Negara, Ciamik!

4. Outlander (2014-)

https://www.youtube.com/embed/hkizwJUiVjA

Buat penggemar sejarah dan drama romantis, Outlander bisa jadi tontonan tentang time travel yang sempurna. Ia berkisah tentang seorang perawat bernama Claire yang hidup di tahun 1945 tiba-tiba berpindah ke tahun 1700an saat terjadi peperangan antara pemberontak Skotlandia dengan Kerajaan Inggris Raya. 

Untuk bertahan hidup, Claire bergabung dengan kelompok pemberontak dan menikah dengan seorang pria bernama Jamie Fraser. Awalnya, ia masih berharap bisa kembali ke masa di mana ia seharusnya berada. Namun, hidup dan hatinya makin lekat dengan Jamie. Outlander cukup sukses dan berhasil tayang sampai lima musim sejauh ini. 

5. Manifest (2018-)

https://www.youtube.com/embed/I1hNAIzkQWY

Manifest sebenarnya tayang di televisi lokal Amerika Serikat, NBC. Namun, akhirnya tayang di Netflix pada 2021 bebarengan dengan rencana perilisan musim terakhirnya. 

Series ini mengisahkan kejadian supernatural yang dialami para penumpang pesawat yang mengalami turbulensi dan akhirnya berhasil mendarat lima tahun kemudian. Namun, sejak kembali, para penumpangnya seakan memiliki kemampuan untuk melihat dan mendengar kejadian di masa depan. 

6. Tales from the Loop 

https://www.youtube.com/embed/1htuNZp82Ck

Dari Amazon Prime, kamu bisa coba menilik Tales from the Loop. Diangkat dari sebuah novel grafis, serial ini memadukan antara drama psikologi dan sains fiksi. Latarnya adalah sebuah kota distopia di mana para karakternya bisa menemukan berbagai alat yang memungkinkanmu mengalami hal-hal di luar nalar. Mulai dari bertukar tubuh, menghentikan waktu, menjelajah waktu, dan lain sebagainya. 

Hanya terdiri dari delapan episode, kamu bisa menamatkannya dalam dua hari di akhir pekan. Belum ada rencana perilisan musim keduanya, sih. 

Trauma dengan tontonan berkonsep time travel yang cringey dan membosankan? Yakin deh keenam series di atas bisa mengubah opinimu. 

Baca Juga: 5 Film Time Travel non-Fiksi Ilmiah dengan Konsep Waktu yang Menarik

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya