Comscore Tracker

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000an

Wanna One juga masuk, lho #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Kepopuleran boy group asal Korea Selatan tidak hanya terbatas pada penggemar domestik, tetapi juga internasional. Bahkan, beberapa grup yang debut di tahun 2000an bisa mencetak angka penjualan album yang fantastis meskipun sudah tersedia platform digital yang bisa digunakan fans untuk menikmati karya idolanya.

Para penggemar tetap antusias untuk membeli album fisik. Berdasarkan penjualan album di Korea Selatan dan Jepang, sepuluh boy group ini berhasil mencetak angka penjualan terbanyak dilansir Koreaboo. Siapa saja?

1. BTS

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anBTS (facebook.com/bangtan.official)

Grup yang digawangi tujuh cowok berbakat ini tidak bisa dipungkiri lagi popularitasnya di kancah internasional. Debut pada tahun 2013 dengan single-album bertajuk 2 Cool 4 Skool, BTS telah banyak merilis karya-karya berkualitas hingga saat ini.

Sepanjang kariernya, BTS telah merilis total 9 full-length studio album, 6 mini-album, dan 6 compilation album. Rekor penjualan album terbanyak dipegang oleh Map of the Soul: 7 yang dirilis tahun lalu. Secara total, BTS telah berhasil menjual 28,14 juta album di Korea Selatan dan 4,66 juta di Jepang.

2. EXO

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anEXO (instagram.com/weareone.exo)

Boy group besutan SM Entertainment ini dikenal memiliki fandom yang besar. Album EXO yang meraih penjualan terbanyak adalah album Don't Mess Up My Tempo yang dirilis pada bulan November 2018.

Meskipun sering kali tampil dengan formasi tak lengkap karena beberapa alasan, karier EXO tidak senantiasa redup begitu saja. Sejak debut di tahun 2012, EXO telah menyentuh angka 13,10 juta penjualan di Korea Selatan dan 481,6 ribu untuk penjualan album di Jepang.

3. TVXQ

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anTVXQ (instagram.com/tvxq.official)

Awalnya debut dengan lima anggota, boy group TVXQ sayangnya harus melanjutkan aktivitas sebagai duo dengan anggota tersisa yaitu Changmin dan Yunho. Debut di tahun 2003, TVXQ menjadi grup paling senior yang tetap eksis bertengger di daftar ini.

TVXQ mencatatkan penjualan album terbanyak dengan Mirotic yang dirilis tahun pada tahun 2008 silam. Berbeda dari BTS dan EXO, TVXQ justru memiliki catatan penjualan album lebih banyak di Jepang dengan total 8,08 juta dibandingkan di Korea Selatan yang berada di angka 4,04 juta keping.

4. SEVENTEEN

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anSEVENTEEN (instagram.com/saythename_17)

SEVENTEEN yang dikenal dengan julukan self-producing idol ini baru saja memperbaharui kontrak mereka dengan Pledis Entertainment. Tetap dengan 13 anggota, SEVENTEEN telah meraih banyak prestasi semenjak memulai karier di tahun 2015.

Debut dengan mini-album 17 Carat, hingga saat ini mereka telah mengeluarkan 3 full-length studio album, 11 mini-album, dan 1 compilation album. SEVENTEEN berhasil mencatatkan penjualan terbanyak lewat album Heng:garae yang berhasil terjual 1,44 juta.

Dengan begitu, ada total 9,60 juta penjualan album fisik di Korea Selatan dan Jepang yang berhasil diraih oleh mereka.

Baca Juga: 11 Idol KPop yang Dihujat Karena Alasan Tak Masuk Akal

5. Super Junior

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anSuper Junior (instagram.com/superjunior)

Memiliki perjalanan yang panjang, Super Junior tetap menjadi grup yang dicintai oleh banyak orang. Gak cuma karena tingkah yang kocak, grup yang dipimpin oleh Leeteuk ini juga memiliki sejumlah karya-karya yang legendaris.

Salah satu lagu yang paling melekat dengan Super Junior adalah "Mr. Simple" yang berhasil menyebarkan Hallyu Wave ke dunia internasional. Benar saja, album mereka kala itu mampu terjual hingga 526,7 ribu keping.

Jika ditotal secara keseluruhan, Super Junior telah mencetak angka penjualan album fisik sebanyak 5,62 juta berdasarkan perhitungan yang dilakukan pada penjualan di negara Korea Selatan dan Jepang.

6. NCT Dream

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anNCT Dream (instagram.com/nct_dream)

NCT Dream membuktikan kepopuleran mereka meski masih berada di usia belia. Debut pada 2016 dengan "Chewing Gum", NCT Dream menunjukkan perubahan yang perlahan namun pasti selama berkarier di industri hiburan.

Kembali dengan formasi 7Dreams, mereka menciptakan prestasi yang luar biasa di tahun ini. Full-length album bertajuk Hot Sauce yang dirilis pada bulan Mei 2021 membuat NCT Dream resmi menjadi artis yang berhasil meraih predikat double-million seller.

Secara keseluruhan, boy group asal SM Entertainment ini telah mencetak 4,94 juta penjualan album fisik di Korea Selatan dan juga Jepang.

7. SHINee

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anSHINee (instagram.com/shinee)

SHINee debut pada tahun 2008 di bulan Mei dengan mini-album Replay yang masih menjadi favorit hingga kini. Telah berkarier lebih dari satu dekade, SHINee sudah merilis 12 full-length studio album, 6 mini-album, 4 live album, dan 10 video album.

Di antara seluruh album mereka, Don't Call Me yang baru dirilis pada Februari lalu berhasil memecahkan rekor mereka sendiri dengan total penjualan sebanyak 447,5 ribu album. Sementara itu, SHINee telah mencatatkan penjualan album sebanyak 2,75 juta di negara asal mereka dan 1,72 juta di Jepang.

8. GOT7

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anGOT7 (instagram.com/got7.with.igot7)

Telah meninggalkan JYP Entertainment secara kompak dan sedang fokus pada kegiatan individu, GOT7 tetap menjadi grup yang dinanti-nantikan comeback-nya di masa depan oleh banyak orang.

Selalu hadir dengan karya yang berkualitas, grup yang digawangi 7 anggota ini telah merilis 5 full-length studio album dan 15 mini-album. Rekor penjualan terbanyak milik GOT7 dipegang oleh mini-album DYE yang mencapai 454,4 ribu album terjual.

Berdasarkan penjualan di Korea Selatan dan Jepang saja, GOT7 telah menjual 4,41 juta album fisik, lho.

9. BIGBANG

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anBIGBANG (instagram.com/bigbang_official)

Satu lagi boy group generasi kedua yang setia bertengger di daftar ini yaitu BIGBANG. Grup legendaris yang kental dengan gayanya yang swag abis ini memiliki total penjualan album di Korea Selatan dan Jepang sebanyak 3,85 juta.

Album bertajuk Remember yang merupakan full-length album kedua mereka adalah album BIGBANG dengan penjualan terbanyak. Belum merilis album baru sejak terakhir kali mengeluarkan MADE, lagu BIGBANG yang setia nangkring di playlist-mu apa, nih?

10. Wanna One

10 Boy Group KPop dengan Penjualan Album Terbanyak Pada Tahun 2000anWanna One (instagram.com/wannaone.official)

Boy group pertama bentukan ajang Produce series ini memang memiliki popularitas yang besar selama masa promosi mereka. Hanya dengan masa kontrak kurang lebih 1 tahun 4 bulan, Wanna One mampu mencetak angka penjualan album fisik di Korea Selatan dan Jepang sebanyak 3,81 juta.

Dari total 1 full-length studio album dan 3 mini-album yang pernah dirilis Wanna One, album debut mereka bertajuk 1X1=1 (To Be One) menyumbangkan 1,46 juta penjualan.

Nah, itu dia sepuluh boy group Kpop yang debut di tahun 2000an dan mampu menghasilkan angka penjualan album fisk yang fantastis. Kamu pernah berkontribusi di penjualan grup yang mana, nih?

Baca Juga: 9 Idol KPop Kelahiran 1999 yang Debut Grup Lebih dari Sekali

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Find me: IG (@dwinantarii) | LinkedIn (Sandyarani Dwi Nantari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya