Comscore Tracker

7 Lagu BTS Ini Ingatkan untuk Mencintai Diri Sendiri, Melodinya Indah!

Nadanya yang cantik malah bikin tambah berkaca-kaca

Bukan rahasia lagi kalau BTS memiliki lagu-lagu yang dekat dengan tema self healing. Mereka menggunakan media lagu untuk berhubungan dengan seluruh penikmat musik mereka. Bahkan tanpa mengenal BTS secara mendetail, kamu akan merasa nyaman ketika mendengar deretan lagu di bawah ini.

Melodi, lirik, dan suara ketujuh member yang unik merupakan perpaduan yang sempurna. Apalagi tema self healing yang terasa familiar akan membuat kita semakin masuk pada makna lagunya. Berikut ini tujuh lagu BTS untuk kamu yang lagi merasa down. Disimak dan diresapi, ya.

1. Answer: Love Myself

https://www.youtube.com/embed/9mwRYgMmSGE

Mencintai sendiri itu lebih sulit daripada mencintai orang lain. Jujur saja, kita pasti menetapkan standar yang tinggi untuk diri kita sendiri

Penggalan lirik di atas saja sudah seperti tamparan keras, ya. Sama seperti judulnya, pesan yang ada dalam lagu ini ditujukan untuk mereka yang sedang berkelana demi mencari jati diri. Dimana, dalam perjalanan itu pasti kita melihat kehidupan orang lain dan secara tidak sadar membandingkannya dengan diri sendiri.

Buat kamu yang masih sering seperti itu, coba deh dengerin lagu satu ini. Memang sulit, tapi kamu harus mencintai segala prosesmu dalam hidup. Tidak perlu bersembunyi ketika melakukan kesalahan, semua itu adalah bagian dari dirimu. Jadi, maafkan dirimu dan cintailah ia apa adanya, ya.

2. Mikrokosmos

https://www.youtube.com/embed/s0YN03si6Ag

Satu cahaya sedang berambisi, beberapa lainnya tengah mengembara. Cahaya yang dimiliki setiap orang, semuanya berharga.

Kali ini BTS menggunakan cahaya bintang sebagai perumpamaan lagunya. Dalam dunia ini, kita berdampingan dengan miliaran manusia. Bukan hanya kamu, semua orang juga memiliki mimpi. Cahaya yang dimiliki tiap individu pun berbeda satu sama lain.

Lewat lagu Mikrokosmos ini, BTS mengajak kita untuk bersinar dengan cahaya kita sendiri. Jika orang lain bersinar, kita pun demikian. Memiliki cerita hidup yang berbeda, setiap orang di dunia yang kecil ini (mikrokosmos) mampu menjadi bintang. So, lihatlah cahayamu sendiri terlebih dahulu.

Baca Juga: Relate dengan Hidup, 5 Pesan Positif di Lagu Baru BTS 'Your Eyes Tell'

3. Magic Shop

https://www.youtube.com/embed/uDK32k8kDaQ

Aku selalu ingin menjadi yang terbaik. Karena itulah, aku jadi tidak sabaran dan selalu gelisah. Membandingkan diri dengan yang lainnya sudah menjadi keseharianku. Keserakahan yang dulunya senjataku, kini malah mencekik dan menjadi tali pengekang.

Pasti banyak diantara kalian yang seperti demikian. Memulai sesuatu, tapi mengharapkan hasilnya segera tiba. Meskipun awalnya kamu berlari untuk mengejar mimpimu, saat semuanya tidak sesuai ekspektasi, kamu akan lebih frustasi dari yang seharusnya.

Cobalah untuk lebih rileks dan ikhlas menghadapi prosesnya. Segala pertanyaan yang kamu ajukan, akan kamu temukan pada dirimu sendiri. Sebagai teman, BTS di lagu ini juga mengatakan kalau mereka memiliki rasa takut yang sama. Bersama mereka, kamu diajak untuk membuka hati dan menjadi lebih lapang terhadap kegagalan.

4. Epiphany

https://www.youtube.com/embed/ZeKJEZpQhTs

Dirikulah yang seharusnya kucintai di dunia ini. Diriku yang bersinar, jiwaku yang berharga. Sekarang aku sadar, jadi aku mencintai diri ini. Meski tidak sempurna, tapi sangatlah indah

Kamu mungkin pernah kehilangan seseorang yang kamu sayangi, hingga menyalahkan dirimu atas perpisahan tersebut. Kamu tidak sadar bahwa untuk menghadapinya, kamu memakai topeng untuk menyembunyikan kekuranganmu. Cobalah berpikir untuk apa menyembunyikan jati dirimu yang berharga? Kamu harus terbangun dan melihat keindahanmu.

Menurut Cambridge Dictionary, Epiphany adalah suatu momen saat kamu tiba-tiba merasa paham, atau mulai sadar tentang sesuatu yang berharga untuk dirimu. Perasaan bahwa dirimu juga berharga itulah yang ingin BTS sampaikan, khususnya Jin, ketika kamu kehilangan seseorang.

5. Inner Child

https://www.youtube.com/embed/nt4f4pPCEFs

Saat itu, kita mengalami kesulitan. Menatap bintang-bintang di langit, sangat jauh dari jangkauan. Saat itu, kamu tidak percaya pada galaksi. Tapi sekarang aku melihatnya, sebuah galaksi perak

Dalam lagu ini, V seolah-olah menyanyi untuk dirinya di masa lalu. Saat-saat ia masih berjuang menapaki jalan yang seperti tak ada ujungnya, dirinya kini melihat sosok itu dengan penuh senyuman. Bukan hanya V, kita semua pernah mengalami masa sulit. 

Lagu Inner Child ini mengajak kamu untuk mengingat kembali momen tersebut. Dirimu di masa kini yang telah mewujudkan segelintir harapanmu saat itu, cobalah kembali lihat sosokmu terdahulu. Rangkulah ia dan katakan bahwa kamu baik-baik saja saat ini.

Dari hal tersebut, V ingin kita untuk tidak lelah memperjuangkan harapan yang kita miliki. Akan ada saatnya kamu tersenyum di atas segala usaha dan air matamu terdahulu.

6. 00:00 (Zero O'Clock)

https://www.youtube.com/embed/Nr3ot5gSvkM

Apakah ada yang berubah? Sepertinya tidak ada. Tapi setidaknya hari ini akan berakhir. Ketika jarum menit dan detik saling tumpang tindih, dunia menahan napas untuk sejenak, pukul 00:00. Kau akan bahagia

Tengah malam sering menjadi momen untuk memikirkan segala hal yang telah terjadi seharian penuh. Mungkin kamu pernah merasa semua orang meraih kesuksesan lebih cepat darimu. Padahal kamu juga berlari sekuat tenaga. Di saat seperti inilah kamu akan menjadi lebih menyalahkan dirimu sendiri.

Saat pukul 00:00, BTS mengajakmu untuk memutar balik semuanya ketimbang menyesali yang sudah terjadi. Lakukanlah hari esok dengan semangat yang baru. Tak apa untuk terdiam dan menarik napas sejenak, kamu akan bahagia pada waktunya. Jangan terlalu menyalahkan dirimu, ya.

7. Stay Gold

https://www.youtube.com/embed/9IHwqdz8Xhw

Aku tidak tahu apa itu keburukan. Matamu yang bagai berlian, lebih indah dari permata apapun. Aku selalu terpesona, tidak bisa mengallihkan pandanganku darimu

Kali ini BTS menempatkan diri mereka layaknya seorang kekasih. Lirik dan nadanya memang terkesan gombal, tapi sebenarnya mereka menyuruh kamu untuk tetap bersinar di segala keadaan. Mereka meyakinkanmu kalau kamu berharga dan lebih indah dari yang lainnya.

Selalu jujur pada diri sendiri, tetap melakukan yang terbaik setelah terjatuh, BTS ingin kamu tetap seperti itu. Jangan terpengaruh dengan keadaan yang tidak bisa kamu kontrol, fokuslah untuk membangun dirimu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Itu dia 7 lagu BTS yang bisa membuatmu yakin akan kemampuanmu. Ingatlah semuanya perlu proses dan jangan terpuruk pada keadaan yang menyakitkan. Lirik dan melodi indah yang diperdengarkan BTS ini, bisa kamu jadikan pemacu semangat baru, ya! Stay Gold!

Baca Juga: Bukan Lagu Utama, Ini 6 Lagu BTS yang Membahas Isu Sosial 

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Find me: IG (@dwinantarii) | LinkedIn (Sandyarani Dwi Nantari)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya