Comscore Tracker

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Film

Adakah aktor kesayanganmu?

Akhir-akhir ini drama atau film Korea digandrungi oleh khalayak ramai. Nah, supaya acara tersebut menjadi bagus untuk ditonton, diperlukan beberapa peran penting yang saling mendukung satu sama lain. Seorang artis tergantung apa yang ditulis oleh penulis naskah dan arahan dari sutradara.

Namun beberapa artis tidak selamanya ingin meniti karier dalam memainkan peran. Berikut ada beberapa aktor Korea multitalenta yang sudah bereksperimen menjadi sutradara. Let’s take a look at the best of them!

1. Jang Keun-suk

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmsoompi.com

Masih ingat pemeran Tae-kyung yang pernah akting bersama Park Shin-hye dalam drama "You're Beautiful"? Ya, dia adalah Jang Keun-suk. Pria berzodiak Leo ini adalah artis serba bisa. Selain jago dalam dunia masak, menulis, modelling, akting, dan tarik suara, ternyata dia pernah menjadi sutradara untuk beberapa karya filmnya.

Camp adalah sebuah film dokumenter tahun 2014 yang dia buat bersama seorang sutradara juga, Yoon Hong-seung. Film berdurasi 38 menit ini mengisahkan tentang bagaimana cara bertahan di alam liar. Lokasi yang diambil adalah di Pulau Jeju. Dia pun turut memainkan peran. Dilansir dari The Korea Herald, film ini masuk jajaran top di Oricon Chart, urutan ranking terbesar untuk musik dan entertainment di Jepang.

Kemudian pada tahun 2016, dia kembali membuat film pendek berdurasi 9 menit berjudul "The Great Legacy". Dari laman Yonhap News Agency, film yang mengisahkan hubungan antara anak dan ayah ini berhasil terpilih untuk diputar di Festival Film Fantastik Internasional Bucheon.

Foto di atas adalah foto Jang Keun-suk bersama tim. Hayoo, tebak dia yang mana, guys?

2. Ji Il-joo

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filminstagram.com/lonely_stump

Namanya menjadi populer setelah dia menjadi bagian tim renang dalam drama Korea yang berjudul "Weightlifting Fairy Kim Bok-joo". Tawaran bermain peran mulai berdatangan, walaupun di antaranya hanya sebagai cameo.

Siapa sangka, perannya yang kerap sebagai cameo, ternyata dia mencoba peruntungannya sebagai sutradara sekaligus aktor utama dalam film yang dia buat. Dilansir dari laman Hancinema, film yang berjudul "Pride" berdurasi 119 menit rencananya akan ditayangkan di bulan September tahun ini.

Seperti apa ya filmnya? We'll see.

3. Nam Yeon-woo

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net

Nam Yeon-woo, namanya dikenal setelah bermain sebagai pemeran utama di film "Fatal" pada tahun 2013. Berkat aktingnya yang bagus dia mendapat penghargaan 1st Wildflower Film Awards kategori aktor terbaik. Tidak puas sampai di situ, dia mencoba sebagai sutradara.

Film pendek "Intoxicated Heart" adalah hasil karya pertamanya pada tahun 2014. Dalam film ini, dia juga sebagai penulis naskah, editor, bahkan pemeran utama. Dilansir dari laman Indiestory, filmnya pernah masuk nominasi di beberapa acara penghargaan, yaitu The 8th Great Short Film Festival, The 40th Seoul Independent Film Festival, dan The 13th Mise-en-scène's Short Film Festival.

Kemudian di tahun 2016, dia melanjutkan kembali sebagai sutradara, penulis dan tokoh utama dalam film yang berjudul "Lost to Shame" tentang transgender. Dikutip dari laman Channel Korea, film berdurasi 103 menit ini juga pernah masuk nominasi di acara 42nd Seoul Independent Film Festival dan 21st Busan International Film Festival kategori Korean Cinema Today - Vision

Baca Juga: 8 Rekomendasi Drama yang Dibintangi oleh Aktor Korea Yoon Gyun Sang

4. Lee Hwan

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net

Lee Hwan, namanya mungkin memang asing bagi pecinta drama atau film korea. Hal ini dikarenakan dia belum pernah menjadi pemain utama. Aktingnya terbilang bagus pada saat dia memainkan peran sebagai Moh Jae-won di film "Characters" tahun 2011.

"Park Hwa-Young" adalah film arahannya dengan durasi 99 menit di tahun 2017. Proses pembuatannya mulai dari 12 Februari sampai 7 April 2017. Dia bertindak sebagai produser, sutradara, dan penulis naskah.

Dari laman Korean Film, film bertema bullying pada anak remaja ini pernah masuk nominasi di beberapa acara penghargaan, yaitu: 22nd Busan International Film Festival kategori Korean Cinema Today - Vision, The 43rd Seoul Independent Film Festival kategori Special Invitation, dan Munich International Film Festival kategori International Independents di tahun 2018.

5. Namkoong Min

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filminstagram.com/min_namkoong

Namkoong Min, aktor yang pernah bermain di "Doctor Prisoner" sebagai dokter cerdas di penjara ternyata pernah menjadi sutradara sekaligus penulis naskah. Pria berzodiak Pisces ini pernah membuat film berjudul "Light My Fire " pada tahun 2015. Sebuah film tentang detektif yang mencari pelaku pembunuhan.

Film ini berdurasi 17 menit dan proses pembuatannya hanya memakan waktu dua hari. Dilansir dari Korean Film, filmnya pernah diputar di Bucheon International Fantastic Film Festival kategori Fantastic Short Films 4 pada tahun 2016.

6. Yo Ji-tae

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net/

Pemeran Kim Won-bong dalam drama "Different Dreams", sudah tidak diragukan lagi kemampuannya dalam dunia peran. Sejak tahun 1998, dia mengembangkan sayapnya sebagai artis. Berbagai macam penghargaan yang dia peroleh. Tak hanya sebagai artis, dia pun membuktikan kemampuannya sebagai sutradara. 

Hal ini dibuktikan beberapa karya filmnya yang sudah memperoleh penghargaan dilansir dari laman Drama Wiki, yaitu:

  • "The Bike Boy" (2003) memperoleh penghargaan di acara 20th Busan Asian Short Film Festival kategori Audience Award.
  • "How Does The Blind Dream" (2005) mendapat Fuji Film Award di acara 23rd Busan Asian Short Film Festival.
  • "Out of My Intention" (2008), di acara 5th Short Shorts Film Festival Asia memperoleh Special Contribution Award.
  • "Mai Ratima" (2013) mendapatkan Jury Prize di acara Deauville Asian Film Festival.

7. Ha Jung-woo

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net

Pernah menonton film Korea komedi yang berjudul "Fasten Your Seatbelt"? Nah, film yang berdurasi 99 menit ini adalah film perdana yang dibuat oleh seorang aktor, Ha Jung-woo pada tahun 2013. Selain sebagai sutradara, dia juga penulis naskahnya. Film ini berdasarkan kisah nyata pengalaman temannya, Ryo-Seung bum, tentang pesawat yang ditumpangi mengalami turbulensi.

Dilansir dari Korean Film, proses pembuatan film ini hanya memakan 20 hari tanpa ada sedikit hambatan. Film ini mendapatkan penghargaan di acara 9th Osaka Asian Film Festival kategori Most Promising Talent dan 34th Golden Cinema Festival untuk Best New Actor.

Kemudian di tahun 2015, kembali menjadi sutradara sekaligus pemain utama sebuah film yang berjudul "Chronicle of a Blood Merchant". Beradu peran dengan Ha Ji-won. Film berdurasi 123 menit diangkat dari sebuah novel yang berjudul sama dengan pengarangnya bernama Yu Hua. Novel terlaris di tahun 1995 dari Cina.

8. Jung Woo-sung

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net

Pria yang mengawali karirnya sebagai model ini mempunyai segudang prestasi. Mulai aktif dari tahun 1994 sampai sekarang di dunia akting. Jika sudah menonton "Innocent Witness" pasti tahu deh gimana akting ahjussi ini.

Ternyata tidak hanya pandai dalam berakting, tetapi dia pernah mencoba untuk menjadi sutradara. Pertama pada tahun 2000 dia membuat video musik dari boyband bernama Groove Over Dose (g.o.d) dengan bintang videonya Shin Min-ah.

Setelah itu, pada tahun 2013, dia juga membuat dua film pendek untuk mengiklankan sebuah merk smartphone terkenal pada masa itu. Judul filmnya adalah "Love" dan "Beginning of a Dream".

Lanjut di tahun 2014, dilansir dari The London Tree, dia mencoba kemampuannya untuk membuat sebuah film pendek lagi yang berjudul "The Killer Behind the Old Man". Filmnya ditayangkan di acara 9th London Korean Film Festival di bulan November 2014.

9. Yang Ik-june

Keren! 9 Aktor Korea yang Jago Banget Jadi Sutradara Filmhancinema.net

Mungkin beberapa pecinta drama atau film Korea ada yang asing dengan wajah aktor ini. Namun, siapa sangka, pria berzodiak Libra ini ternyata jago dalam membuat film. Pada tahun 2009, dia bertindak sebagai sutradara, penulis naskah, editor, dan pemeran utama di film "Breathless". Dari Asian Wiki, film yang mengisahkan tentang persahabatan antara preman dan anak SMA ini berhasil menyabet 15 penghargaan.

Sebelumnya, dia juga pernah membuat film pendek yang berjudul "Always Behind You" di tahun 2005. Perannya dalam film ini adalah sebagai sutradara, penulis naskah, editor, sound mixer dan aktor. Film ini mendapatkan penghargaan kategori Audience Award di ajang 31st Seoul Independent Film Festival.

Foto di atas adalah penghargaan VPRO Tiger Awards yang didapat dari 38th International Film Festival Rotterdam tahun 2009 untuk film "Breathless".

Nah, itu tadi sembilan aktor Korea berbakat yang mencoba jadi sutradara. Ada yang sudah menonton hasil karya mereka?

Baca Juga: Jenius Banget, 5 Aktor Korea Selatan Ini Punya IQ Kisaran 150

Dyan Yudhistira Photo Community Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You