Comscore Tracker

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesi

Pengaspal jalanan hingga karyawan pabrik #WaktunyaKorea

Jika dari kalangan idol sudah banyak dibahas tentang pekerjaan mereka sebelum debut, kali ini beberapa aktris dan aktor pun pernah mengalaminya. Sebelum terkenal dan sukses seperti sekarang ini, mereka pernah menjadi pekerja paruh waktu untuk menyambung hidup.

Tidak hanya satu atau dua profesi yang mereka coba, tetapi lebih dari itu. Perjalanan mereka sungguh penuh semangat untuk bisa meraih kehidupan seperti sekarang ini. Nah, kira-kira siapa saja ya mereka? Let's check this out, guys!

1. Won Jin Ah

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/j0i3n2a9

Aktris yang saat ini tengah membintangi drama She Would Never Know, ini memang sejak muda ingin menjadi artis. Namun, karena keadaan keluarga, ia merelakan impiannya. Won Jin Ah pun bekerja paruh waktu demi memenuhi kebutuhan keluarga.

Mulai usia 20, ia lakoni semua pekerjaan paruh waktu, seperti menjadi petugas di water park, customer service, karyawan pabrik kayu lapis, pramuniaga, pelayan di restoran daging, penjual pakaian golf, pramusaji di kedai kopi, petugas bioskop, dan helper di pusat perawatan pasca melahirkan yang tugasnya adalah mencuci.

Ia pun juga pernah menjadi karyawan magang bagian administrasi di kantor pemerintahan dan kantor asuransi.

2. Kim Tae Ri

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/jwidecompany

Aktris yang sebentar lagi tampil di film terbarunya, Space Sweepers, termasuk pekerja keras. Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini, ia tak pernah ada kata menganggur. Semua pekerjaan paruh waktu, ia terima demi membiayai sekolahnya dan kehidupan keluarganya.

Menjadi karyawan di toserba, KFC, restoran cepat saji, perusahaan surat kabar, cafe, bioskop, bahkan di pabrik kayu lapis selama enam bulan. Gak hanya itu, ia pun pernah menjadi fotografer dadakan dan menjual susu kedelai di pasar.

3. Han So Hee

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiwkorea.com

Aktris yang kini tengah syuting drama Undercover, dulunya tak langsung menjadi terkenal seperti sekarang. Bermodalkan 300.000 won ke Seoul, ia menjadi pekerja paruh waktu demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Menjadi karyawan di toko pakaian, mainan, daging, aksesoris, pub, dan kantor pengelola apartemen.

Baca Juga: Idola Nasional, 5 Artis Korea Ini Kerap Jadi Panutan bagi Artis Lain 

4. Kim Go Eun

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/ggonekim

Sebelum terkenal seperti sekarang ini, Kim Go Eun pernah merasakan getirnya dalam mencari nafkah demi membiayai sekolahnya. Pekerjaan yang pernah ia lakoni adalah memindahkan mangkuk batu yang berat di Restoran Soba selama 10 jam per hari, petugas di balai kota, dan pelayan kafe.

5. Park Eun Seok

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/ _____silverstone_____

Aktor yang kini tengah naik daun berkat aktingnya di drama Korea Penthouse, dulunya pernah bekerja paruh waktu saat masih tinggal di Amerika Serikat. Sejak berusia 15 tahun, berbagai profesi yang telah ia lakoni.

Di antaranya jadi pengirim pizza, busboy (asisten yang bekerja di restoran dan industri katering), dan sales door to door. Hal ini ia lakukan karena saat itu perekonomian keluarga Park Eun Seok sedang kurang bagus.

6. Kim Young Kwang

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesisoompi.com

Sejak ayahnya meninggal karena perang Vietnam, di usianya yang ke-12, aktor drama Hello, Me! ini sudah mengenal dunia kerja. Dimulai dari membagikan brosur. Hal ini demi mencukupi kebutuhan keluarga.

Kemudian ia pun bekerja sebagai petugas di pom bensin, pabrik kaca, pabrik lemari es, dan lain-lain. Baru pada usia ke-19, Kim Young Kwang ikut casting jalanan dan di luar dugaan, ia adalah orang Asia pertama menjadi model Dior Homme.

7. Ryu Jun Yeol

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/_kolonsport

Sebelum jadi aktor, Ryu Jun Yeol adalah seorang pekerja paruh waktu sejak berusia 20 tahun. Aktor kelahiran 1986 ini hampir tak pernah menganggur karena ia pun harus membiayai kuliahnya dan mencukupi kebutuhan hidupnya. Ia pun sudah tak tinggal dengan orang tuanya.

Pekerjaannya adalah menjadi guru les, pelayan di restoran bihun, pemanggang daging di restoran, pengatur lalu lintas di lokasi syuting, bongkar muat di pasar, membagi selebaran, pengantar pizza, dan pernah juga menjual merchandise grup SHINee. Kemudian jika ada pesta ulang tahun atau pernikahan, ia selalu ada untuk membantu persiapan, termasuk mengangkut kursi.

8. Kang Ha Neul

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiimbc.com

Kameo di drama River Where the Moon Rises, Kang Ha Neul pun juga tak mau berpangku tangan. Kondisi perekonomian yang kurang bagus, mengharuskan ia bekerja paruh waktu untuk membiayai sekolahnya.

Pekerjaan yang pernah ia lakukan di antaranya jadi petugas pom bensin, membagikan brosur, karyawan toserba, dan karyawan peternakan bebek. Bahkan saat ia bekerja di restoran, ia sempat ditawari posisi manajer berkat ketulusannya dalam mengabdi.

9. Shim Hyung Tak

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/tak9988

Aktor yang sebentar lagi akan tampil di drama Times ini pun pernah mengalami hal seperti artis di atas. Namun, ia mempunyai kisah yang berbeda. Dulu, keluarganya terlilit hutang sebesar 1 miliar won karena dikhianati oleh kerabatnya.

Sejak itu, ia menjadi pekerja paruh waktu, mulai dari mengaspal jalanan hingga menjadi pelayan di restoran. Saat menjadi karyawan di cafe, tiba-tiba ia dipertemukan oleh Lee Soo Man, pendiri SM Entertainment. Mulai dari pertemuan tersebut, Shim Hyung Tak terjun ke dunia hiburan.

10. Ahn Bo Hyun

10 Aktris-Aktor Korea Ini Pernah Bekerja Part Time di Berbagai Profesiinstagram.com/bohyunahn

Sejak SMP, Ahn Bo Hyun sudah aktif menjadi petinju. Membawa medali emas kala mengikuti pertandingan setelah lulus dari SMA. Pekerjaan paruh waktu yang ia lakoni sebelum debut di dunia hiburan adalah menjadi supir, kurir, pramusaji di foodcourt, hingga teknisi komputer.

Demikian sepuluh aktris dan aktor Korea yang pernah bekerja paruh waktu sebelum debut. Mereka bekerja apapun untuk mencukupi kebutuhan pribadi bahkan keluarganya. Salut! Kira-kira dari aktor dan aktris di atas, siapakah yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: 9 Cameo Artis Terkenal di Drama Korea yang Bikin Kaget

Dyan Yudhistira Photo Verified Writer Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga kamu bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya