Comscore Tracker

Ini 4 Iklan yang 'S3 Marketing' Banget, Kreatif!

Pasti bikin kamu penasaran deh!

Dalam industri kreatif, apalagi jika bekerja di sebuah agensi iklan, pasti kamu akan dituntut untuk memiliki ide-ide yang brilian untuk marketing sebuah brand. Nah, seringkali pasti kamu pernah menemui, iklan-iklan brand yang memiliki strategi marketing yang unik dan memorable. Istilah zaman sekarangnya, iklan itu bisa disebut dengan ‘S3 Marketing’. Makin unik, makin terpatri deh pokoknya di benakmu!

1. Konten media sosial yang menarik

Ini 4 Iklan yang 'S3 Marketing' Banget, Kreatif!Shutterstock/Dean Drobot

Bangun tidur bukannya langsung mandi tapi cek media sosial dulu. Sebelum menikmati sarapan, pasti kita sudah menikmati konten terlebih dahulu, siapa yang sering seperti ini? Nah, makanya, marketing melalui konten itu jadi cara baru di era digital. Biar orang-orang makin tertarik, biasanya kontennya dibuat kocak atau informatif. Konten macam ini juga lebih mudah di-share lho, jadi pesan brand bisa tersampaikan ke lebih banyak orang.

2. Kolaborasi bareng teman-teman seniman

Ini 4 Iklan yang 'S3 Marketing' Banget, Kreatif!YouTube.com/feelkoplo

Wah, ini dia hal yang harus dilakukan oleh para brand, agar produk mereka tetap diminati pasaran dan eksis tentunya. Banyak brand yang melakukan kolaborasi dengan seniman-seniman. Mulai dari pembuatan merchandise, jingle, dan lain-lain. Pasti kamu sudah nggak asing lagi ‘kan dengan berbagai kolaborasi tersebut?

Salah satu seniman yang diajak kolaborasi oleh brand adalah FeelKoplo dengan menciptakan jingle #SobatPerih. Untuk jingle ini, FeelKoplo mengambil tema yang menarik dan sangat relatable bagi anak muda zaman sekarang, seperti: stres lembur banyak deadline, pusing mikir skripsi yang ditolak dosen, dan perihnya kata-kata putus dari pacar. Siapa sih yang nggak pernah merasakan ketiga nelangsa di atas? Makanya, judul lagunya itu #SobatPerih karena kamu nggak sendiri guys!

Hayo, kamu bisa tebak nggak FeelKoplo bikin jingle #SobatPerih ini dalam rangka campaign brand apa? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

3. Kolaborasi kocak bareng influencer

Ini 4 Iklan yang 'S3 Marketing' Banget, Kreatif!Instagram.com/yogaarizona

Siapa sih yang nggak suka konten kocak? Makanya, sekarang banyak brand yang kolaborasi dengan influencer supaya bisa lebih dekat dengan konsumen. Contohnya seperti konten yang dibuat oleh @abielatan dan @yogaarizona di Instagram, serta @yucholoco di TikTok yang menggunakan jingle #SobatPerih ciptaan Feel Koplo. Nah, karena kolaborasinya ini seru, makanya jumlah views-nya bisa tinggi. 

4. Kerja sama dengan akun-akun kocak di Instagram

Ini 4 Iklan yang 'S3 Marketing' Banget, Kreatif!Instagram.com/receh.official

Nggak perlu gengsi, ngaku deh kamu pasti ketawa-ketawa sendiri melihat konten-konten receh, ya ‘kan? Nah, kebiasaan kita mengonsumsi konten receh ini juga jadi alasan kenapa brand mulai kerja sama dengan akun-akun lawak seperti @receh.official, @awreceh.id, @kodepeka_, @recehih, @ngakakaja_dulu, dan masih banyak lagi. 

Biasanya, brand sudah punya materinya sendiri ーseperti video dari @yogaarizona ituー kemudian tinggal di-repost oleh akun-akun ini. Kreatif sih ini, karena bisa bikin orang-orang berpikir “ini apa sih? Kok lucu banget” lalu mencari tahu sendiri.

Menarik ya guys, ‘S3 Marketing’ yang dilakukan oleh para brand ini. Eits, jangan salah. Untuk bisa mencapai level ‘S3 Marketing’ ini bukan cuma soal seberapa receh kontennya. Tapi, bagaimana brand dan content creator bisa berkolaborasi untuk menerjemahkan campaign mereka ke ‘bahasa’ yang orang-orang pahami.

Kalau kamu bermimpi bikin campaign yang S3, S4, atau S5 marketing, kamu bisa kepoin thread Twitter dari @tanganbelang_id di bawah ini ya!

Nah, kalau kamu pernah melihat ‘S3 Marketing’ yang seperti apa nih? Yuk share di kolom komentar di bawah ini!

Topic:

  • Karsa Adiguna
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya