Comscore Tracker

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Trauma

Supaya kamu gak kapok jadi penyayang binatang

Bagi sebagian orang, hewan peliharaan tidak hanya dianggap sebagai seekor binatang, tetapi lebih seperti anggota keluarga. Untuk itu, tak sedikit orang yang memberikan komitmen, kasih sayang, dan perhatian pada hewan peliharaan secara totalitas, dan mungkin kamu salah satunya.

Jadi, saat hewan yang sudah kamu pelihara dengan sepenuh hati ini mati, sangat normal jika kemudian kamu merasakan kesedihan dan kehilangan. Kendati kesedihan akibat kehilangan ini seringkali terasa luar biasa, akan tetapi kamu tetap bisa mengatasinya agar tidak berlarut-larut dan kondisimu dapat segera pulih. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kesedihan akibat kehilangan hewan peliharaan.

1. Ekspresikan emosi yang kamu rasakan tanpa memedulikan komentar orang lain

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Traumaunsplash.com/Christian erfurt

Jangan biarkan siapa pun memberi tahu kamu bagaimana harus merasakan dan menyikapi duka ini. Kesedihan yang sedang kamu hadapi adalah milikmu sendiri dan kamu rasakan sendiri. Maka, tidak sepantasnya kamu menuruti perkataan orang lain yang misalnya menyuruhmu untuk move on, tidak bersikap berlebihan, atau segera mencari peliharaan baru, sebab mereka sendiri tidak merasakan kesedihan seperti yang sedang kamu rasakan saat ini. Jadi, biarkan dirimu mengekspresikan apa yang kamu rasakan tanpa rasa malu atau khawatir akan penilaian orang lain.

2. Temukan orang lain yang juga pernah merasakan kehilangan hewan peliharaan

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Traumaunsplash.com/Adam Griffith

Jika anggota keluargamu sendiri kurang bersimpati terhadap kesedihanmu akibat kehilangan hewan peliharaan, coba cari seseorang yang pernah merasakan duka seperti yang kamu rasakan, misalnya teman, saudara, atau kamu juga bisa bergabung dalam grup pecinta binatang. Sebab, seseorang yang pernah mengalami kesedihan akibat ditinggalkan hewan peliharaannya pasti bisa memahami apa yang kamu rasakan dan lebih mungkin memberikan dukungan untukmu, termasuk saran agar kesedihanmu segera berlalu.

3. Pertahankan rutinitas dengan hewan peliharaan yang lain

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Traumaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika kamu memiliki hewan peliharaan lain, cobalah untuk tetap mempertahankan rutinitas normalmu dengan hewan peliharaanmu yang lain. Sebab, hewan juga bisa merasakan kesedihan saat kehilangan kawannya, atau mungkin jadi ikut sedih dan tertekan karena duka yang sedang kamu alami. Mempertahankan rutinitas harian, atau bahkan meningkatkan waktu bermain tidak hanya baik bagi hewan peliharaanmu yang masih hidup tetapi juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan membuatmu segera lupa akan kesedihanmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pastikan Sebelum Mengambil Hewan Peliharaan

4. Adakan ritual pemakaman

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Traumaunsplash.com/Tran Mau Tri Tam

Mengadakan pemakaman untuk peliharaanmu dapat membantu kamu dan anggota keluarga mengekspresikan perasaanmu secara terbuka. Abaikan komentar orang lain yang menganggap mengadakan pemakaman untuk hewan peliharaan adalah hal yang berlebihan. Lakukan saja apa yang dapat membuatmu merasa lebih baik.

5. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental

5 Cara Atasi Kesedihan saat Hewan Peliharaan Mati, Biar Gak Traumaunsplash.com/Priscilla Du Preez

Stres karena kehilangan hewan peliharaan dapat sangat menguras energi dan memengaruhi emosimu. Akan tetapi, bagaimanapun juga kamu tetap perlu menjaga kesehatan fisik dan emosimu, terlebih hal ini juga akan membantu kamu melewati masa sulit ini. Habiskan waktu untuk bertatap muka dengan orang-orang yang peduli denganmu, makan makanan yang sehat, istirahat cukup, dan berolahraga secara teratur dapat membantu melepaskan endorfin yang akan meningkatkan mood.

Kendati kehilangan hewan peliharaan terkadang rasanya sangat menyakitkan dan traumatis, akan tetapi jangan sampai hal ini menjadi alasan bagi kamu untuk berhenti berkomitmen, menyayangi, dan menolong hewan-hewan malang di luar sana. Gunakan cara di atas untuk segera memulihkan kondisimu.

Baca Juga: Ingin Hewan Peliharaan Sehat, 7 Aplikasi ini akan Membantumu 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya