Comscore Tracker

5 Channel YouTube Review Buku Ini Wajib Kamu Tonton

Bakal menambah pengalaman membacamu

Sebelum memutuskan untuk membeli atau membaca buku yang mana, umumnya kita melihat review buku-buku tersebut terlebih dahulu. Review buku bisa ditemukan di blog, situs penerbit, podcast, maupun YouTube. 

Nah, berikut ini 5 channel YouTube review buku yang wajib kamu subscribe, bukan hanya untuk mencari rekomendasi buku, tapi juga untuk menambah wawasanmu.

1. Narasi Entertainment

https://www.youtube.com/embed/WT9095eB3dQ

Dalam Narasi Entertainment terdapat salah satu playlist yang diberi nama Buka Buku. Nah, dalam Buka Buku inilah Fenty Effendy selaku pembicara memberikan informasi tentang suatu buku. Beberapa yang pernah direview misalnya novel Aroma Karsa karya Dee Lestari, Kata karya Rintik Sedu, Filosofi Teras karya Henry Manampiring dan masih banyak lagi. 

Buka Buku juga memberi rekomendasi bacaan seperti 'Novel-novel Sekali Duduk' dan 'Novel Klasik yang Wajib Kamu Baca'. Selain itu dalam Buka Buku ada pula sesi interview dengan penulis, misalnya Fiersa Besari, Rintik Sedu, dan Sapardi Djoko Damono.

2. Kanvaskata

https://www.youtube.com/embed/i0mp9R9X82o

Berbeda dengan Buka Buku yang merupakan bagian dari Narasi Entertainment yang membahas banyak  tema seperti musik dan gaya hidup, Kanvaskata khusus membahas buku. Dipandu oleh Haris, buku-buku yang dibahas dalam Kanvaskata umumnya buku yang jarang ada reviewnya, seperti buku The Hole karya Pyun Hey-Young, Orang Aneh karya Albert Camus, dan masih banyak lagi. 

Pria lulusan Sastra Inggris Universitas Andalas ini juga membuat playlist 'Literatalk'. Dalam segmen ini, ia membahas segala hal seputar sastra dan kebiasaan membaca. Beberapa yang dibahas misalnya 'Definisi dan Genre Sastra', 'Minat Baca di Indonesia', dan 'Reading Slump'. 

3. Buku Akik

https://www.youtube.com/embed/94KsLc-owf4

Channel Buku Akik berisi review buku-buku ternama dari penulis dalam maupun luar negeri. Yang menarik ialah setiap buku direview oleh orang yang berbeda, mulai dari musisi, penulis, editor, pustakawan, atau oleh tim Buku Akik sendiri.

Beberapa buku yang dibahas misalnya1984 karya George Orwell, 1Q84 karya Haruki Murakami, dan Arok Dedes karya Pramoedya Ananta Toer. Dalam Buku Akik juga ada pembacaan puisi, misalnya puisi Kisah Senja karya Joko Pinurbo dan puisi Negeri Tak Bernama karya Ahda Imran.

Baca Juga: Merdu! 5 Channel YouTube Tilawah Qur'an Ini Buat Ramadanmu Berpahala

4. Bicara Buku

https://www.youtube.com/embed/j5mMOd2AwJ8

Jika tiga channel YouTube di atas kebanyakan membahas buku fiksi, maka Bicara Buku lebih fokus pada buku-buku non fiksi. Bang Irwan selaku narator membagi jenis-jenis buku yang dibahasnya dalam beberapa playlist, misalnya 'Buku Inspiratif', 'Bisnis & Trend' dan 'Pengembangan Diri'. 

Ada lebih dari delapan puluh buku yang direview dalam channel ini, beberapa diantaranya yaitu Matinya Kepakaran karya Tom Nichols, Politik Global karya Andrew Heywood, Yuk Jadi YouTuber karya Jefferly Helianthusonfri, dan Masih Belajar karya Iman Usman. 

5. Indah Nurbaeti

https://www.youtube.com/embed/3-8c5-wZ7vo

Channel terakhir yang wajib kamu subscribe, Indah Nurbaeti. Dalam channel ini, Indah mereview suatu buku dimulai dari covernya, kemudian sinopsis buku, kelebihan dan kekurangan, dan diakhiri dengan kesimpulan. 

Beberapa buku yang direview misalnya Mantappu Jiwa karya Jerome Polin, The Life Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marcella FP. 

Selain mereview buku, dalam channel ini Indah juga memberikan beberapa tips, misalnya tips merawat buku dengan baik dan tips berbelanja buku dengan efektif. 

Itulah 5 channel YouTube tentang review buku yang tentunya akan menambah daftar bacaanmu. Jadi,  channel mana yang sudah kamu subscribe?

Baca Juga: 5 Channel YouTube yang Bisa Memuaskan Rasa Ingin Tahumu

Ekos Saputra Photo Verified Writer Ekos Saputra

Seorang yang menyukai apa yang pantas disukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya