Comscore Tracker

Miris! Ini 5 Film Bertema Perbudakan yang Bikin Kita Mensyukuri Hidup

Miris dan menegangkan!

Perbudakan merupakan sebuah praktik memperkerjakan manusia lain dengan semena-mena. Praktik ini disebabkan oleh perbedaan strata sosial, ekonomi, dan adanya penjajahan.

Banyak film yang membahas tentang perbudakan dan bagaimana dampak buruk dari praktik ini di masa lalu. Nah, kita akan membahas lima film terbaik tentang perbudakan yang cukup miris. Yuk, simak berikut ini!

1. Loncoln (2012)

https://www.youtube.com/embed/KJVuqYkI2jQ

Sebagai salah satu presiden paling terkenal di sepanjang sejarah Amerika Serikat, Abraham Lincoln ternyata juga dikenal sebagai salah satu bapak pembebasan para budak. Lincoln adalah film yang rilis pada 2012 dan merupakan karya dari Steven Spielberg.

Film ini menampilkan akting Daniel Day-Lewis sebagai Abraham Lincoln, presiden ke-16 Amerika Serikat. Cerita pada film ini sendiri berpusat pada kisah hidup Lincoln. Meski begitu, kamu akan melihat porsi yang cukup besar tentang upaya beliau dalam menghapuskan perbudakan di Amerika Serikat.

Dengan penceritaan yang detail, dijamin kamu bakal mengerti tentang sejarah perbudakan Amerika Serikat melalui film ini.

2. Amazing Grace (2006)

https://www.youtube.com/embed/bSbaZdGHaSQ

Kalau Amerika Serikat punya Abraham Lincoln, di Inggris ada William Wilberforce yang berusaha memperjuangkan hak para budak. Amazing Grace merupakan film keluaran 2006 yang menceritakan salah satu peristiwa bersejarah di Inggris.

Salah satu yang membuat Amazing Grace dapat dikatakan sebagai film tentang perbudakan yang baik adalah bagaimana film ini berusaha memberikan gambaran jelas politik saat itu.

Banyak dilema yang menyelimuti penghapusan perbudakan pada abad ke-19 awal, salah satunya adalah ekonomi yang bakal melemah. Ini semua diceritakan dengan sangat runtun dalam film arahan Michael Apted ini.

Baca Juga: 5 Film Tentang Depresi yang Memberikan Banyak Pelajaran Hidup

3. Belle (2013)

https://www.youtube.com/embed/9Qx90wdRD2I

Belle merupakan seornag gadis yang memiliki warna kulit yang berbeda, namun ia tetap dianggap sebagai bangsawan di kerajaan Inggris. Hal ini karena ayah Belle merupakan bangsawan yang menguasai angkatan laut pada saat itu.

Dalam film yang rilis pada 2013 ini, kamu akan menyaksikan kisah Belle dalam menemukan jati diri, cinta sejati, dan tentunya penghapusan perbudakan.

Belle sebenarnya lebih terfokus pada kisah cinta sang tokoh utama. Namun, kisah unik orang ras campuran di sini juga jarang ditemukan dalam film tentang perbudakan lainnya. Silakan tonton film arahan Amma Asante ini kalau kamu suka dengan film bertema sejarah berbalut kisah romantis.

4. Gladiator (2000)

https://www.youtube.com/embed/owK1qxDselE

Gladiator merupakan film balas dendam yang bercerita tentang seorang Jenderal Romawi bernama Maximus yang dikhianati oleh anak rajanya. Kisah zaman Romawi I ini memiliki nilai cerita yang bisa dibilang gahar, namun juga manusiawi.

Dalam film ini, Russell Crowe benar-benar menjiwai perannya sebagai Maximus yang telah kehilangan segalanya. Perbudakan yang ada di film ini memang agak berbeda dari yang lain.

Di zaman Romawi, sebagian budak yang dibeli akan disuruh untuk bertarung hingga mati dalam arena yang dinamakan Colosseum. Selain dari cerita, Gladiator juga menyajikan kualitas visual yang mumpuni, seperti pada CGI yang terlihat nyata maupun koreografi laga yang tidak tanggung-tanggung.

5. 12 Years a Slave (2013)

https://www.youtube.com/embed/z02Ie8wKKRg

Film 12Years a Slave yang rilis pada 2013 cukup memberikan gambaran tentang perbudakan. Film ini dibintangi oleh Chiwetel Ejiofor dan berkisah tentang seseorang berkulit hitam bernama Solomon Northup yang dipaksa menjadi budak.

Meski awalnya bukan budak, namun Solomon dipaksa untuk menjadi budak setelah diculik. Tidak hanya bercerita tentang Solomon, kamu juga bakal dihadapkan oleh sudut pandang tokoh lain, termasuk majikan Solomon itu sendiri.

Kamu bakal menyaksikan perjuangan seorang manusia untuk merebut kembali hak asasinya yang direnggut selama dua belas tahun.

Itulah kelima film yang bercerita tentang perbudakan yang cukup miris. Cerita yang sangat menarik dari film-film di atas sangat sayang jika kamu lewatkan, lo.

Baca Juga: 7 Fakta tentang Perbudakan pada Zaman Dahulu yang Jarang Diketahui

Eko Saputro Photo Verified Writer Eko Saputro

blog 1 : www.jejak-kenzie.blogspot.com (Jejak Kenzie) 《¤》 blog 2 : www.ekosaputro.my.id

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya