Comscore Tracker

Bikin Rileks, 10 Lagu KPop R&B Ini Cocok Menemanimu Saat Bersantai

Biar gak stres, ayo rehat dulu~

Mendengarkan musik bisa dikatakan menjadi aktivitas yang paling sering dilakukan oleh siapa saja untuk mendamaikan pikiran serta membangkitkan semangat dikala penat usai beraktivitas seharian. 

Sebagai salah satu negara dengan industri musik yang paling maju di Asia, Korea dikenal memiliki deretan musik dari berbagai genre. Selama ini KPop seringkali dikaitkan dengan musik ballad atau musik hip hop, namun tak hanya itu, KPop juga punya banyak lagu dengan genre musik R&B yang gak kalah keren, lho.

R&B merupakan genre musik yang juga tak kalah diminati oleh banyak pecinta musik. Bagi kamu pecinta musik R&B sekaligus pecinta KPop, coba deh dengerin 10 lagu berikut ini yang akan mengurangi stres!

1. Perhaps Love - Eric Nam Feat Cheeze

https://www.youtube.com/embed/mSBc3n4OOe8

Lagu yang dibawakan oleh Eric Nam dan Cheeze ini merupakan lagu remake yang sebelumnya dibawakan oleh Howl dan J yang menjadi OST drama Korea berjudul Princess Hours.

Lagu ini mengisahkan seorang pria dan wanita yang saling mencintai namun terlambat menyadarinya. Dengan alunan musik yang romantis ditambah dengan suara lembut Eric Nam dan Cheeze, lagu ini pasti akan membuatmu tidak bosan untuk mendengarkannya bekali-kali.

2. If I Get Drunk Today - Suran Feat Changmo

https://www.youtube.com/embed/a3JqIwCx8Cs

Solois wanita yang saat ini berusia 32 tahun ini memang dikenal memiliki suara yang khas, tak heran jika dirinya juga dijuluki sebagai Ratu R&B Korea. Lagu yang diproduseri oleh Suga BTS ini bahkan menjadi Best R&B and Soul Song pada MelOn Music Awards 2017.

Liriknya menggambarkan perasaan seorang wanita yang belum bisa melupakan kenangan bersama mantannya. Lagu ini memiliki alunan musik R&B yang pas banget didengerin sambil bersantai di sore hari.

3. Galaxy - Bolbbalgan4

https://www.youtube.com/embed/9U8uA702xrE

Siapa yang tak pernah jatuh cinta? Rasanya hampir setiap manusia pasti pernah merasakannya kan? Nah, salah satu lagu dalam dalam album Bolbbalgan4: Red Planet ini memiliki lirik yang simple dan manis, tentang bagaimana jatuh cinta dan mencintai seseorang seperti halnya alam semesta.

Lagu ini seakan dapat menghipnotis pendengarnya dengan alunan musik yang santai dan menyegarkan. 

4. SoulMate - Zico Feat IU

https://www.youtube.com/embed/Vl1kO9hObpA

Dua penyanyi muda berbakat asal Korea ini memang terkenal dengan lagu-lagu R&B-nya. Lagu yang dirilis pada akhir Juli 2018 ini menceritakan tentang menemukan belahan jiwa atau soulmate.

Kolaborasi rap dan vokal yang merdu menjadikan lagu ini sangat segar dan menenangkan meskipun telah didengar berkali-kali. Bahkan beberapa jam setelah dirilis, lagu "SoulMate" berhasil menduduki posisi pertama di enam situs musik populer di Korea lho!

Baca Juga: Wajib Masuk Playlist! Ini 6 Lagu KPop yang Bercerita Tentang Malam

5. Drive - Jay Park Feat Gray

https://www.youtube.com/embed/8HFxbY8YvDk

"Drive" merupakan lagu utama dalam album "Everything You Wanted," yang dirilis pada 20 Oktober 2016. Lagu kali ini mengajak kita pada suasana berlibur di musim panas yang ceria. Bahkan Jay Park dan Gray mengambil latar keindahan Pulau Jeju dalam MVnya yang juga dibintangi oleh Bora Sistar.

Dengan musik R&B yang ringan dan catchy, lagu ini akan membuat kita seperti terbawa dalam suasana berlibur. Sesuai dengan judulnya, lagu ini juga sangat cocok didengarkan sambil berkendara untuk melepas stress.

6. BBIBBI - IU

https://www.youtube.com/embed/nM0xDI5R50E

Setelah berkolaborasi dengan Zico, IU kembali merilis lagu baru berjudul "BBIBBI" pada bulan Oktober 2018 lalu. Uniknya, dalam lagu ini IU seakan sedang menyindir kritikan haters dengan liriknya yang sangat terus terang.

Namun di balik itu, lagu "BBIBBI" mendapat banyak pujian karena lagu ini memang sangat easy-listening yang membuat siapa saja akan ketagihan mendengarkannya.

Sama seperti lagu duetnya dengan Zico, tak lama usai dirilis, lagu "BBIBBI" juga langsung merajai enam situs musik populer di Korea.

7. Sometimes - Crush

https://www.youtube.com/embed/VN4EusA9zmE

Terkenal karena R&B elektroniknya yang halus, nama Crush mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar penggemar K-pop, khususnya musik K-R&B. Lagu "Sometimes" ini memiliki cerita tentang perasaan rindu pada kenangan manis bersama sang mantan kekasih. Seperti pada arti kutipan liriknya berikut ini.

Aku hanya terkadang merindukan hal itu
Menciummu dan memelukmu
Aku hanya terkadang merindukanmu
Tapi mengapa air mata menetes hari ini?

Terlepas dari makna sedih dalam liriknya, lagu ini memiliki alur dan alunan musik yang kuat, sehingga sulit untuk tidak menikmati irama dan ikut menganggukkan kepala saat mendengarnya.

8. Flower Road - BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/wowAOdTYqw8

Lagu yang ditulis oleh G-Dragon dan TOP ini bisa dikatakan menjadi lagu spesial bagi para penggemar sebagai lagu perpisahan sementara. Pasalnya, selama 2 tahun kedepan kelima personel Big Bang akan menjalani wajib militernya.

Melalui alunan musik dan liriknya yang indah, Big Bang ingin mengungkapkan bahwa perpisahan ini bukanlah akhir, dan mereka akan kembali ketika bunga-bunga bermekaran.

9. No Make Up - Zion T

https://www.youtube.com/embed/eqcte1r3aiQ

Mungkin bagi kebanyakan wanita, tidak mudah untuk menunjukkan wajah tanpa make up. Namun lewat lagu ini, Zion T mengirimkan pesan kepada mereka bahwa sebenarnya tanpa make up pun wanita tetap terlihat cantik apa adanya.

No Make Up dirilis pada 12 Oktober 2015 dibawah label Amoeba Culture. Melodi yang menyegarkan dan suaranya yang unik membuat lagu ini  sangat menenangkan dan easy-listening.

10. Love Story - Suran Feat Crush

https://www.youtube.com/embed/kDM5c5ImW_Y

Dirilis pada 10 November 2017, Love Story merupakan lagu yang manis dan romantis dengan memadukan vokal Suran yang menenangkan dan nada unik Crush. Liriknya menggambarkan perasaan berdebar-debar yang dialami sepasang kekasih di awal hubungan mereka. Bagi kalian yang sedang merasakan jatuh cinta, coba deh sering-sering dengerin lagu ini biar makin baper!

Nah, Itu dia 10 lagu R&B Korea yang akan membuatmu rileks dan cocok untuk didengarkan saat bersantai, apalagi sambil ditemani kopi atau teh. Selamat mendengarkan!

Baca Juga: 6 Lagu KPop yang Hampir Dirilis Penyanyi Lain dengan Style Beda

Elsa Diah A Photo Community Writer Elsa Diah A

Bismillah :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You