Comscore Tracker

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegara

Kebanggaan banget! Salut! #LokalIDN

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan berbagai keindahan. Salah satunya adalah keindahan alamnya yang sudah dikenal banyak orang yaitu pegunungan Dieng yang terletak di perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo.

Namun tidak hanya itu, Banjarnegara juga menyimpan banyak inspirasi dari orang-orang yang berprestasi. Tidak hanya prestasi tingkat nasional tetapi hingga tingkat internasional. Siapa saja mereka? Berikut daftar singkatnya.

1. Ebit G. Ade

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegarainstagram.com/ebiet_g_ade

Penyanyi legendaris Indonesia yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Meski sudah jarang terlihat, berbagai lagunya bahkan masih menjadi hits hingga kini.

Pria bernama asli Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far ini lahir di Banjarnegara 66 tahun silam, tepatnya tanggal  21 April 1954.

Beberapa lagunya yang terkenal di antaranya "Titip Rindu Buat Ayah", "Berita Kepada Kawan", "Untuk Kita Renungkan", dan masih banyak lainnya.

2. Chris John

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegarainstagram.com/chrisjohnindonesia

Tak banyak yang tahu, Chris John kecil dibesarkan dan dilatih oleh ayanya yang juga mantan petinju di Banjarnegara sejak berusia 5 tahun. Hingga akhirnya setelah bertanding pada beberpa kejuaran amatir di Banjarnegara, ia direkrut oleh pelatih tinju kenamaan di Semarang.

Setelah meraih berbagai gelar juara dunia, pria kelahiran 14 September 1979 ini telah gantung sarung tinju dan memiliki kesibukan baru. Kini ia menjabar sebagai wakil ketua umum KONI Pusat dan juga menjadi promotor tinju Indonesia.

Baca Juga: Kelahiran Jawa Barat, 10 Adu Pesona Irish Bella dan Lesty Kejora

3. Wira Nagara

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegarainstagram.com/wira_

Para pencinta stand up comedy mungkin tidak asing dengan pria yang satu ini. Ia adalah Wira Nagara, salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Season 5. Meskipun hanya sampai 10 besar, namanya berhasil dikenal dari ajang tersebut.

Wira Nagara yang dikenal dengan kata-kata yang membuat hati bergejolak ini merupakan putra kelahiran Banjarnegara 21 November 1992. Selain menjadi komika, Wira juga tampil dalam beberapa film layar lebar salah satunya adalah PSP : Gaya Mahasiswa. 

4. Nury Zhafira

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegarainstagram.com/infoscicom

Selain Wira Nagara, Banjarnegara juga memiliki komika lainnya yaitu Nury Zhafira. Perempuan kelahiran 24 Februari 1994 ini merantau ke Jakarta pada tahun 2012 untuk kuliah dan bekerja. Hingga akhirnya ia mengenal Stand Up Comedy dan ikut komunitas Pamulang pada tahun 2015.

Nury pernah mencoba mengikuti audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) Season 6 namum belum berhasil lolos. Kemudian ia kembali pada season berikunya dan berhasil mendapat golden ticket sehingga lolos menjadi salah satu finalis pada SUCI 7.

5. Syahrian Abimanyu

Jarang Ada yang Tahu, 5 Public Figure Ini Berasal dari Banjarnegarainstagram.com/syahrian.abimanyu

Syahrian Abimanyu merupakan gelandang Timnas Garuda U-19. Sebelumnya ia juga pernah dipanggil untuk timnas U-13 dan timnas U-17. 

Pria kelahiran Banjarnegara 25 April 1999 ini meulai karir dari SSB Jaya Mandiri Bogor. Kemudian ia mengikuti seleksi dan bergabung dengan Jakarta Football Academy (JFA). Hingga akhirnya ia dikirim ke Atlético Levante UD B, Spanyol.

Kini Abimanyu memperkuat Madura United sejak tahun 2019. Sebelumnya ia pernah bergabung dengan Persija dan juga Sriwijaya FC. 

Itulah lima sosok inspiratif yang berasal dari daerah Banjarnegara dan jarang orang tahu. Semoga bisa menginsparasi dan membuat kita mengikuti langkah mereka.

Baca Juga: 6 Musisi Legendaris Indonesia yang Berasal dari Sumatra Utara

Akid Musyafa Photo Writer Akid Musyafa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya