Comscore Tracker

7 Penulis Naskah Ternama Hollywood dengan Pendapatan Fantastis

#IDNTimesHype Sudah nonton karya siapa saja, nih?

Penulis naskah menjadi salah satu pekerjaan paling menjanjikan setelah sutradara dan produser dalam pembuatan sebuah film. Belum lagi naskah cerita juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan film. Apabila ada film dibintangi oleh aktor berbakat dan diproduksi dengan budget selangit namun naskah ceritanya tidak berkualitas tentu hasilnya tidak maksimal.

Berbeda dengan film yang dari segi naskah sangat matang namun biaya produksi rendah dan dibintangi oleh aktor-aktor pendatang baru, film seperti ini masih berkesempatan untuk sukses. Sayangnya penulis naskah jarang sekali diperhatikan oleh penonton karena sebagian besar hanya memperhatikan aktor maupun sutradaranya.

Perlu kamu ketahui berikut ini tujuh penulis naskah ternama dengan pendapatan tertinggi yang mungkin karya-karyanya sudah kamu tonton. Kira-kira siapa saja ya?

1. Chuck Lorre - $600 juta

https://www.youtube.com/embed/HBTKnceWDZg

Chuck Lorre merupakan penulis yang juga merangkap sebagai sutradara dan produser acara televisi terkemuka di Hollywood. Banyak sekali karyanya yang sukses besar seperti The Big Bang Theory, Two and Half Men, Grace Under Fire, dan Young Sheldon. Chuck memang kebanyakan menulis naskah acara TV bergenre komedi.

Chuck digadang-gadang sebagai penulis naskah dengan pendapatan tertinggi di Hollywood yakni mencapai $600 juta. Apalabila dirupiahkan pendapatan Chuck senilai lebih dari 8,5 triliun rupiah.

2. Seth MacFarlane - $300 juta 

https://www.youtube.com/embed/B6vmGabgzH4

Tidak hanya berprofesi sebagai penulis naskah, Seth MacFarlane juga merupakan aktor dan sutradara ternama Hollywood. Seth adalah otak dibalik suksesnya acara televisi seperti Family Guy, American Dad, dan The Cleveland Show. Seth juga beberapa kali menulis naskah untuk film komedi box office yakni Ted dan Ted 2.

Bahkan film Ted yang ditulisnya berhasil menghasilkan laba sebesar $500 juta dengan budget film yang hanya $50 juta. Saat ini Seth sudah menumpulkan pendapatan sebanyak $300 juta atau sebesar 4,2 triliun rupiah

3. David E. Kelley - $250 juta 

https://www.youtube.com/embed/Qq8HMMVhVAE

David E. Kelley sudah menulis ratusan script episode acara televisi dan film sejak tahun 1986. Ia pernah menulis serial TV yang dibintangi oleh mendiang Robin Williams pada tahun 2013 lalu yang berjudul The Crazy Ones. Davis juga ikut menulis Big Little Lies yang merupakan acara TV populer di Amerika.

David berada di posisi ketiga dengan pendapatan mencapai $250 juta atau senilai 3,5 triliun rupiah.

Baca Juga: 6 Drama Terbaru Karya Para Penulis Naskah Korea Populer

4. Joss Whedon - $100 juta 

https://www.youtube.com/embed/37abXW7Zi9A

Joss Whedon menulis naskah untuk beberapa film superhero Marvel dan DC. Sebelumnya Joss mulai dikenal saat ia menulis naskah serial TV seperti Buffy the Vampire Slayer dan Dollhouse. Film-film yang pernah ia tulis antara lain Justice League, The Avengers, dan The Cabin in the Woods.

Penghasilan Joss Whedon kini mencapai $100 juta atau setara 1,4 triliun rupiah.

5. Aaron Sorkin - $90 juta 

https://www.youtube.com/embed/V-ETDTXUnB0

Aaron Sorkin beberapa kali menulis naskah untuk film biografi tokoh terkenal. Karyanya seperti Steve Jobs dan The Social Network yang bercerita tentang kisah hidup pendiri Facebook, Mark Zuckerberg. Aaron juga menulis beberapa acara TV salah satunya yaitu The West Wings yang membuat namanya semakin dikenal di Hollywood.

Selama puluhan tahun berkarier, Aaron Sorkin sukses menjadi penulis naskah ternama d Hollywood dengan pendapatan mencapai $90 juta atau sebesar 1,2 triliun rupiah.

6. Adam McKay - $40 juta 

https://www.youtube.com/embed/ukuJNjY9lVw

Selain sebagai sutradara, Adam McKay juga berprofesi sebagai penulis naskah film. Karyanya kebanyakan bergenre komedi. Film-film seperti Ant-Man, Step Brothers, dan The Big Short menjadi beberapa karya Adam yang paling populer. Pendapatan Adam sendiri mencapai $40 juta atau sebanyak 568 miliar rupiah

7. David Koepp - $35 juta 

https://www.youtube.com/embed/jgEPYncdfGs

David Koepp memulai kariernya sebagai penulis naskah film pada tahun 1988. Sampai saat ini sudah banyak sekali film box office yang ditulisnya. Film-film keren seperti Jurasic Park, Spider Man, Mission: Impossible, dan Indiana Jones menjadi contoh dari banyak karyanya yang sukses. David sudah menghasilkan lebih dari $35 juta atau sebesar 497 miliar rupiah.

Melihat ketujuh penulis naskah ternama Hollywood di atas yang memiliki pendapatan fantastis pasti juga menginspirasimu untuk melakukan hal yang sama. Nah, kira-kira adakah kamu yang juga bercita-cita ingin menjadi seperti mereka?

Baca Juga: Profesi Awal 9 Penulis Naskah KDrama Terkenal, Penari hingga Hakim!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya