Comscore Tracker

5 Film Distopia yang Wajib Ditonton Sekali Seumur Hidup

Bercerita tentang kemunduran peradaban manusia #IDNTimesHype

Film distopia atau dystopian adalah film yang menceritakan dunia yang mengalami kemunduran. Berbeda dengan film utopia yang menggambarkan kemajuan peradaban. Film distopia seringkali berisi tentang kepunahan manusia, kelaparan, wabah penyakit sampai bencana alam.

Film distopia dapat menjadi bahan renungan agar kita tidak melakukan hal-hal yang bisa membahayakan dunia di masa depan. Terdapat banyak sekali film distopia dengan jalan cerita yang menyayat hati mengenai kepunahan manusia dan degradasi moral. Seperti kelima film distopia buatan Hollywood ini yang wajib kamu tonton.

1. Never Let Me Go (2010)

https://www.youtube.com/embed/sXiRZhDEo8A

Apa jadinya jika manusia dibesarkan hanya untuk dipanen organnya? Membayangkannya saja sudah membuat merinding. Film yang dibintangi oleh Carrew Mulligan, Andrew Garfield dan Keira Knightley bercerita tentang budidaya organ manusia yang dianggap wajar. Belum lagi dengan adanya manusia klon.

Never Let Me Go mengisahkan tentang 3 teman yang bertemu sekolah asrama Hailsham. Tenyata sekolah tersebut melakukan penelitian yang membutuhkan donor organ dari anak-anak yang bersekolah di sana. Film ini juga dibumbui oleh cinta segitiga yang sebenarnya tragis karena ketiga-tiganya harus siap melakukan donor organ.

2. Snowpiercer (2014)

https://www.youtube.com/embed/nX5PwfEMBM0

Snowpiercer dibintangi oleh Chris Evans dan Tilda Swinton. Film ini sendiri merupakan adaptasi novel karya penulis Prancis, Jacques Lob, berjudul Le Transperceneige. Snowpiercer mengambil latar tahun 2031 di mana bumi membeku selama kurang lebih 17 tahun. Hanya sedikit manusia yang dapat bertahan hidup.

Mereka yang masih hidup membuat kelompok sendiri dan bepergian mengelilingi bumi menggunakan kereta Snowpiercer. Film ini menggambarkan dampak dari bencana iklim yang dapat mengurangi populasi manusia. Film yang disutradarai oleh Bong Joon Ho ini juga dibuat versi serial oleh Netflix.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Terbaik Bertemakan Sepeda, Bikin Pengin Gowes!

3. Interstellar (2014)

https://www.youtube.com/embed/zSWdZVtXT7E

Interstellar bercerita tentang upaya mencari planet baru yang dapat ditempati karena bumi yang semakin sekarat. Terjadi kekeringan di mana-mana yang membuat populasi terancam punah. NASA pun membuat misi rahasia yaitu mengirim orang ke luar angkasa guna untuk menyelamatkan manusia yang tersisa.

Seorang mantan astronot (Matthew McConaughey) terpaksa meninggalkan anaknya di bumi untuk menjalankan misinya ke luar angkasa. Tentu ini menjadi momen haru karena ia harus berpisah dengan sang anak (Mackenzie Foy). Sampai akhirnya, keduanya dapat bertemu kembali namun anak perempuannya tersebut sudah menua sedangkan ia masih tetap sama.

4. WALL-E (2008)

https://www.youtube.com/embed/CZ1CATNbXg0

WALL-E merupakan film animasi bergenre distopia buatan Pixar. Film ini bercerita tentang bumi yang sudah ditinggali manusia. Hanya ada sampah yang tersisa di bumi. Robot pengumpul sampah bernama WALL-E ditinggal untuk membersihkan semua sampah tersebut. Ia hanya seorang diri di bumi dan hanya ditemani oleh seekor kecoa.

Sampai muncul robot bernama EVE yang dikiri untuk mencari tahu apakah bumi masih bisa ditempati. WALL-E pun jatuh cinta pada EVE dan keduanya bekerja sama untuk membuat bumi dapat dihuni kembali oleh manusia. Ada momen dalam film ini yang cukup menyayat hati, jadi jangan lupa menyiapkan tisu sebelum menonton.

5. The Hunger Games (2012)

https://www.youtube.com/embed/mfmrPu43DF8

The Hunger Games berkisah tentang Amerika Serikat yang berubah menjadi Panem dan terdiri dari 12 distrik. Setiap distrik ini diharuskan mengirim pewarkilan untuk mengikuti turnamen The Hunger Games. Mereka yang terpilih tersebut harus saling membunuh dan menjadi tontonan warga Capitol.

Film ini menggambarkan ketimpangan sosial yang dialami oleh warga distrik. Mereka semua mengalami kelaparan dan hidup tidak layak berbeda dengan warga Capitol yang hidupnya sejahtera. Film ini juga berfokus pada politik dan revolusi yang dimulai oleh seorang gadis bernama Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence).

 

Itulah 5 film distopia yang menggambarkan dunia sedang tidak baik-baik saja. Dari kelima film di atas, nomor berapa yang paling kamu suka?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film tentang Peperangan Melawan Invasi Alien, Seru!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya