Comscore Tracker

5 Film Horor Ini Terinspirasi dari Kisah Pengadilan Penyihir Salem

Katanya berasal dari kejadian nyata di Salem lho!

Pengadilan penyihir Salem atau Salem Witch Trials adalah sejarah kelam yang telah menimpa dunia pada tahun 1960an. Pada saat itu terjadi pembantaian pada mereka yang dituduh sebagai penyihir di Massachusetts, Amerika Serikat. Peristiwa ini tentu menyimpan luka yang sangat mendalam karena tindak ekstremisme yang membuat sekitar 20 orang terbunuh.

Banyak film-film yang mengisahkan peristiwa tragis tersebut. Baik bersifat dokumenter maupun dibumbui fiksi-fiksi. Seperti halnya kelima film horor di bawah ini yang mengangkat tentang kejadian bersejarah pengadilan penyihir Salem.

1. The Lords of Salem (2012)

https://www.youtube.com/embed/Y606RoSur8o

The Lords of Salem disutradarai oleh penyanyi dan penulis lagu asal Amerika, Rob Zombie. Film ini bergenre horor dan mengambil latar ketika terjadinya pengadian penyihir di Massachustts. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini bercerita tentang seorang DJ yang mendapatkan album misterius dari band bernama The Lords.

DJ tersebut menjadi sering bermimpi aneh setelah mendengarkan album tersebut. Untuk mengatasi rasa penasarannya, ia pun mewawancarai orang yang pernah menulis buku tentang penyihir Salem. Namun, sesaat mencoba memutar kembali CD-nya, keduanya mengalami kejadian tidak masuk akal di mana ia tiba-tiba berada di masa lalu. Sedikit demi sedikit dia akhirnya mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada masa itu.

2. Salem Witch Trials (2002)

https://www.youtube.com/embed/NbweG15Xlyg

Film ini memang merupakan hasil adaptasi transkrip dari kejadian Salem Witch Trials. Film ini berisi tentang sekelompok orang religius yang berusaha melindungi kelompoknya. Pada suatu ketika seorang gadis mengalami kesurupan. Mereka yang saat itu belum mengenal sains pun percaya bahwa ada kekuatan jahat yang berusaha menyelakai komunitasnya. Beberapa percaya bahwa penyihir menjadi dalang di balik peristiwa tersebut.

Sampai akhirnya terjadi tuduhan massal yang menyebabkan ratusan orang tidak bersalah diadili. Mereka yang dituduh penyihir pun mengalami perlakuan yang semena-mena hingga 20 di antaranya meninggal dunia. Film ini sendiri dibintangi oleh Kirstie Alley, Henry Czerny, dan Gloria Reuben.

Baca Juga: 5 Film Unik yang Mengisahkan Seluk-beluk Pembuatan Film

3. The Crucible (1996)

https://www.youtube.com/embed/iUIAxTxrnCc

The Crucible ditulis oleh Arthur Miller dan merupakan hasil adaptasi dari pertunjukan teater yang dibuatnya mengenai penyihir Salem. Film yang dirilis tahun 1996 ini sukses di pasaran dan bahkan sampai masuk nominasi Oscar. Film ini sendiri dibintangi oleh sosok Winona Ryder yang terkenal karena perannya dalam serial Stranger Things.

The Crucible menceritakan tentang seorang warga yang berusaha untuk menjebak istri dari mantan kekasihnya sebagai seorang penyihir. Tuduhan itu pun berakibat fatal mengingat sedang terjadi pemburuan penyihir besar-besaran kala itu. Film ini ditulis oleh Arthur guna untuk menggambarkan bagaimana orang yang tidak bersalah pada saat itu disiksa karena dianggap sebagai penyihir.

4. ParaNorman (2012)

https://www.youtube.com/embed/hgwSpajMw3s

Jika kamu menginginkan tontonan yang lebih segar, maka ParaNorman jawabannya. Film ini merupakan animasi yang menceritakan tentang kejadian pengadilan penyihir Salem. Film ini juga mengambil latar di Massachusetts. ParaNorman menggambarkan tentang perempuan-perempuan yang dituduh sebagai penyihir pada kala itu.

Dalam film ini, Norman adalah sosok pemuda yang diasingkan bahkan sering dibully karena kemampuannya yang dapat berbicara dengan orang mati. Dia kemudian menemukan sebuah buku yang berisi ritual. Dia kemudian pun berusaha menemukan fakta-fakta tersembunyi di balik kejadian Salem Witch Trials yang ternyata ada seorang gadis muda yang menjadi korban tuduhan tak berdasar kala itu.

5. The Autopsy of Jane Doe (2016)

https://www.youtube.com/embed/mtTAhXuiRTc

The Autopsy of Jane Doe merupakan film horor supernatural yang dirilis pada tahun 2016 lalu. Film ini bercerita tentang otopsi dari mayat perempuan yang tidak diketahui identitasnya. Lantas ayah dan anak yang bertugas untuk mengurusi jenazahnya pun tiba-tiba mengalami kejadian mengerikan yang tak masuk akal.

Keduanya pun berusaha mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan siapakah sosok wanita tersebut. Hingga akhirnya mereka menemukan fakta bahwa tubuh dari Jane Doe terdapat tanda yang pada Alkitab merupakan simbol dari seorang perempuan biasa yang dituduh penyihir dalam Salem Witch Trials. Sosok perempuan tersebut akan meminta pembalasan dendam tentunya.

Itulah lima film horor yang terinspirasi dari kejadian nyata Salem Witch Trials. Dari kelima film di atas, adakah yang sudah kamu tonton?

Baca Juga: 5 Film Indonesia yang Tayang di Festival Film Locarno 2020

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya