Comscore Tracker

5 Film Horor Klasik yang Paling Banyak Diputar saat Halloween

Bahkan sering dijadikan referensi kostum Halloween!

Tidak lama lagi perayaan Halloween akan berlangsung. Selain memakai kostum, Halloween juga identik dengan film horor. Perayaan yang bertepatan pada tanggal 31 Oktober ini sering kali ditandai dengan pemutaran berbagai film seram untuk semakin menghidupkan suasana.

Biasanya film yang dipilih juga termasuk genre horor klasik yang popularitasnya tidak pernah menurun seiring waktu. Film yang diputar ini juga sering menjadi referensi kostum bagi mereka yang merayakan Halloween. Seperti kelima film horor ikonik di bawah ini yang sering tayang saat Halloween.

1. Ghostbusters (1984) 

https://www.youtube.com/embed/6hDkhw5Wkas

Halloween rasanya tidak lengkap tanpa menayangkan Ghostbusters. Kostum bertemakan film ini juga banyak dipilih. Saking terkenalnya, film yang disutradarai oleh Ivan Reitman ini juga dibuat beberapa sekuel dan remake. Akan tetapi, sayangnya masih belum bisa menandingi versi original yang dibintangi oleh Bill Murray.

Ghostbusters bercerita tentang empat orang profesor parapsikologi yang juga bekerja sebagai pengusir hantu. Dengan peralatan yang nyentrik, mereka bekerja sama untuk mengusir hantu di rumah orang yang memakai jasa mereka. Film horor ini dibumbui dengan komedi yang pastinya seru untuk ditonton apabila kamu penyuka film yang tidak terlalu serius.

2. Halloween (1978) 

https://www.youtube.com/embed/T5ke9IPTIJQ

Seperti judulnya, film ini tentunya bertema tentang Halloween. Film yang bercerita tentang pembunuh berantai tersebut memang cocok diputar pada tanggal 31 Oktober nantinya. Film yang dibuat puluhan tahun lalu ini beberapa kali dibuat versi remake. Halloween menginspirasi banyak film bergenre slasher yang banyak bermunculan saat ini.

Film ini bercerita tentang pembunuh berantai bernama Michael Myers yang kabur dari rumah sakit jiwa ke kota kecil untuk mencari mangsa dengan menggunakan topeng. Korbannya kebanyakan adalah remaja yang salah satunya dibintangi oleh Jamie L. Curtis. Topeng yang dipakai Michael ini sering kali dijadikan pilihan kostum saat Halloween.

Baca Juga: 5 Fakta Tradisi Perayaan Halloween di Era Victoria, Super Seru!

3. The Shining (1980) 

https://www.youtube.com/embed/5Cb3ik6zP2I

The Shining menjadi salah satu film horor terbaik sutradara Stanley Kubrick. Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King yang berjudul sama. Sudah puluhan tahun ditayangkan, The Shining selalu mendapatkan predikat film horor terseram sepanjang masa. Halloween rasanya kurang seram tanpa memutarnya.

Film yang berfokus pada genre horor psikologi ini mengisahkan tentang keluarga Torrence yang pindah ke sebuah hotel di Colorado. Terdapat keanehan ketika keluarga tersebut menempati hotel yang terisolasi. Sampai akhirnya sang ayah, Jack Torrance, menggila dan berusaha untuk membunuh semua anggota keluarganya.

4. A Nightmare On Elm Street (1984) 

https://www.youtube.com/embed/dCVh4lBfW-c

Freddy Krueger dalam A Nightmare on Elm Street memang menjadi salah satu penjahat film horor paling ikonik. Tidak heran apabila banyak yang berdandan menjadi karakter tersebut dalam perayaan Halloween. Film bertema pembunuhan berantai ini juga menjadi langganan pilihan film yang tayang ketika Halloween.

Film ini menceritakan sosok Freddy Krueger yang bertampang mengerikan dapat membunuh korbannya melalui mimpi. Salah satu korbannya adalah Nancy Thompson dan beberapa temannya. Mereka pun berusaha untuk menghilangkan mimpi gila yang menghantui ketiganya. A Nightmare on Elm Street dibintangi oleh Heather Langenkamp dan Johnny Depp.

5. Scream (1996)

https://www.youtube.com/embed/AWm_mkbdpCA

Scream sering diputar saat Halloween tidak hanya di luar negeri tetapi juga di Indonesia. Biasanya, salah satu TV swasta akan menayangkan film yang dibintangi oleh Neve Campbell dan Courteney Cox ini. Scream identik dengan topeng ghostface yang sering menjadi referensi kostum Halloween.

Scream bercerita tentang pembunuh bertopeng yang membunuh para remaja dengan menerornya menggunakan film horor. Biasanya korban akan ditelepon dan si pembunuh tersebut akan menanyakan beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah “What’s your favorite scary movie?” dan juga dibarengi dengan beberapa trivia film horor.

Walau banyak tayangan horor baru yang bermunculan, deretan film klasik di atas tidak pernah padam popularitasnya. Nah, karena perayaan Halloween sudah semakin dekat, kira-kira film nomor berapa yang akan menjadi pilihanmu nantinya, nih?

Baca Juga: 10 Film Pendek Horor Terseram di YouTube, Awas Senam Jantung Dadakan!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya