Comscore Tracker

5 Film Bertema Lika-liku Kehidupan yang Menginspirasi, Wajib Ditonton!

Dari isu kesehatan mental hingga kemiskinan

Tidak hanya untuk sekadar dinikmati, kita juga dapat mengambil hikmah atau pelajaran ketika menonton film. Terlebih banyak sekali film yang mengangkat tema yang tidak asing bagi kita. Film seperti ini berisi tentang lika-liku kehidupan manusia yang tidak selalu berjalan mulus. Tidak jarang kita juga ikut merasakan kesedihan yang dialami oleh para tokoh.

Teruntuk kamu yang sedang mencari tontonan inspiratif, berikut ini terdapat lima rekomendasi film bertema lika-liku kehidupan yang bisa membuatmu merasa bersyukur terhadap hidup yang kamu jalani.

1. The Teory of Everything

https://www.youtube.com/embed/Salz7uGp72c

Film yang dirilis pada tahun 2014 ini merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan Stephen Hawking bersama istrinya. Mendiang fisikawan paling berpengaruh ini diperankan dengan sangat apik oleh aktor Eddie Redmayne. Perannya tersebut yang membuatnya berhasil memenangkan penghargaan Best Actor dalam Academy Award.

Di dalam film The Teory of Everything, penonton akan dibawa dalam kehidupan Stephen Hawking yang menderita penyakit (ALS). Penyakit ini membuatnya kehilangan kemampuan untuk menggerakkan neuron. Meski begitu, sosok Stephen tetap berusaha keras untuk tetap melakukan riset sains demi kelangsungan hidup manusia. Hal ini mengajarkan kita bahwa harus gigih untuk memperjuangkan mimpi meski muncul berbagai rintangan.

2. Silver Linings Playbook

https://www.youtube.com/embed/Lj5_FhLaaQQ

Dibintangi oleh Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence, film ini mengangkat isu kesehatan mental. Diceritakan seorang pria bernama Pat Solitano yang mengidap penyakit bipolar disorder. Karena penyakit mental yang dideritanya tersebut, ia harus bercerai dengan sang istri dan sampai masuk rumah sakit jiwa.

Ketika Pat ingin kembali rujuk dengan  mantan istrinya, takdir berkata lain. Ia bertemu dengan seorang perempuan misterius bernama Tiffany. Perempuan tersebut seperti menyimpan masalah dalam dirinya sendiri. Karena memiliki masalah dan latar belakang yang sama, keduanya pun semakin dekat.

Film ini menghadirkan realita di mana penyakit mental seringkali dipandang sebelah mata. Padahal mereka yang menderita penyakit mental juga perlu untuk dirangkul. Terbukti hidup Pat maupun Tiffany semakin membaik ketika keduanya memutuskan untuk membantu satu sama lain.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Zombi Korea, dari yang Serem Sampai Bikin Ngakak!

3. The Boy Who Hardnessed The Wind

https://www.youtube.com/embed/nPkr9HmglG0

Pendidikan menjadi hal mewah bagi sebagian anak-anak, terutama mereka yang hidup di daerah tertinggal. Sama seperti yang terjadi pada William Kamkuamb, bocah berumur 13 tahun yang tinggal di Malawi, Afrika. Ia memiliki keterbatasan ekonomi untuk mengejar pendidikannya. Bahkan kesehariannya selalu diisi dengan melihat orang-orang kelaparan.

Dengan tekad yang bulat, William berusaha menyelamatkan desanya dari masalah kelaparan. Setiap hari ia datang ke perpustakaan untuk mempelajari buku tentang ilmu fisika. Sampai pada akhirnya William menemukan ide untuk membangun pembangkit listrik tenaga angin.

Menonton film ini mungkin akan membuka mata mengenai seberuntungnya kamu bisa mengenyam pendidikan. Karena banyak sekali terdapat kasus putus sekolah di luar sana. Film rilisan tahun 2019 ini wajib masuk ke daftar tontonanmu.

4. Zootopia

https://www.youtube.com/embed/jWM0ct-OLsM

Tidak mudah untuk melawan stereotip yang sudah turun-menurun ada pada masyarakat. Masalah ini diangkat oleh Disney dalam film animasinya yang berjudul Zootopia. Ketika hewan-hewan akhirnya dapat berevolusi, mereka hidup seperti layaknya manusia. Namun, sayangnya predator terutama rubah seringkali dianggap sebagai ancaman. Begitupula kelinci yang tidak seharusnya menjadi polisi.

Semua stereotip tersebut pasti tidak asing lagi dalam kehidupan kita. Dimana tanpa sadar kita diajarkan untuk menghakimi sebelum mengenali. Seringkali kita melabel kelompok tertentu yang padahal belum tentu semuanya seperti itu. Apalagi manusia juga mudah sekali untuk meremehkan mimpi seseorang. Zootopia yang bercerita tentang seorang polisi kelinci pertama ini mengajarkan kita untuk tidak mudah men-judge orang lain.

5. To The Bone

https://www.youtube.com/embed/705yRfs6Dbs

To The Bone bercerita tentang seorang perempuan muda berusia 20 tahun yang mengidap penyakit Anoreksia. Penyakit ini menyerang sistem pencernaannya. Di tengah keterpurukannya, Ellen akhirnya bertemu sosok dokter yang membuat hidupnya berubah. Ellen belajar untuk menerima dirinya apa adanya.

Film ini menggambarkan bagaimana seseorang yang memiliki masalah eating disorder. Juga dampak penyakitnya terhadap kehidupannya. Nyatanya banyak sekali orang yang memilih untuk diet ketat yang akhirnya berujung pada penyakit anoreksia maupun bulimia. Setelah menonton film ini, mungkin kamu akan berpikir untuk melakukan diet yang sehat bukannya diet ketat yang akan merusak sistem pencernaanmu.

Itulah lima film yang menggambarkan lika-liku kehidupan manusia. Dari kelima film di atas, adakah yang paling ingin kamu tonton segera?

Baca Juga: Kontroversial, 5 Film Hollywood Ini Dilarang Tayang di Indonesia

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya