Comscore Tracker

Masuk Oscar, 5 Film Kece Buatan Sutradara Perempuan Ini Wajib Ditonton

Ada favoritmu?

Industri perfilman dunia tidak pernah akan ada matinya. Karena setiap sutradara selalu berusaha membuat karya terbaiknya. Apalagi dengan adanya acara penghargaan seperti Oscar atau Academy Awards sebagai bentuk apresiasi untuk mereka.

Namun sayang, dari banyaknya sutradara perempuan. Hanya terdapat lima sutradara perempuan saja yang berhasil masuk nominasi Oscar. Dan berikut ini lima film terbaik mereka yang wajib kamu tonton.

1. Seven Beauties (1975)

https://www.youtube.com/embed/NsZ5MsgdlSw

Lina Wertmuller merupakan sutradara perempuan pertama yang pernah masuk nominasi Oscar pada 1977. Film yang berhasil membuatnya mendapatkan nominasi sebagai Sutradara Terbaik yaitu Seven Beauties. Sayang Lina tidak berhasil membawa pulang piala tersebut. Kategori Best Director dimenangkan oleh John G. Avildson.

Seven Beauties sendiri berlatar Perang Dunia 2 di negara Italia. Film ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Pasqualino yang hidup bersama 7 saudari perempuannya. Dari ditangkap oleh tentara Jerman sampai kasus pembunuhan kekasih adiknya, kamu akan melihat bagaimana keinginan Pasqualino untuk survive bersama ketujuh saudarinya.

Film ini cocok ditonton apabila kamu penyuka film lawas yang berlatar perang. Apalagi banyak terdapat drama yang membuat Seven Beauties sangat menarik untuk ditonton.

2. The Piano (1993)

https://www.youtube.com/embed/cyTn4XIYH8M

The Piano yang bergenre drama mengambil latar di New Zealand pada abad 19. Film ini sendiri bercerita tentang seorang pianis bisu dari Skotlandia dan anaknya yang terjebak dalam perjodohan pernikahan. Meski calonnya adalah orang yang kaya raya, ia sama sekali tidak bahagia. Malah diperbudak oleh nafsu belaka.

Tidak hanya membuat Jane dinominasikan sebagai Sutradara Terbaik, film ini juga berhasil memenangkan banyak kategori. Dari Best Original Screenplay, Best Actress dan Best Supporting Artist. Namun sayang, Jane harus merelakan kategori Best Director dimenangkan oleh Stephen Spielberg untuk film Schindler's List.

Baca Juga: 8 Film Luar yang Akan Tayang Maret 2020, Ada Film Korea

3. Lost In Translation

https://www.youtube.com/embed/W6iVPCRflQM

Lost In Translation merupakan film drama komedi yang membawa nama Sofia Coppola masuk Oscar. Namun sayang, Sofia belum berhasil karena kategori Best Director dimenangkan oleh Peter Jackson, sutradara The Lord of the Rings: The Return of the King.

Film ini bercerita tentang seorang bintang film yang kariernya mulai meredup. Ia kemudian bertemu seorang perempuan di Tokyo. Keduanya pun jatuh cinta. Namun, keberuntungan tidak ada di pihak mereka karena Charlotte sendiri sudah menikah. Lost In Translation  sendiri dibintangi oleh Bill Murray dan Scarlett Johansson.

4. The Hurt Locker (2008)

https://www.youtube.com/embed/AIbFvqFYRT4

The Hurt Locker merupakan film drama/thriller yang disutradarai oleh Kathryn Bigelow. Film ini menceritakan tentang para tentara yang berusaha meredakan ancaman bom dalam Perang Iraq di Baghdad. The Hurt Locker dibintangi oleh sejumlah nama terkenal seperti Jeremy Renner, Anthoni Mackie, Guy Pearce dan Evangeline Lily.

Film ini berhasil membuat nama Kathryn Bigelow menyandang predikat Best Director di Oscar 2010. Kathryn berhasil mengalahkan Quentin Tarantino dan James Cameron berkat The Hurt Locker. Dengan ini, Kathryn menjadi sutaradara perempuan pertama yang memenangkan kategori Sutradara Terbaik dalam sejarah Oscar.

5. Lady Bird (2017)

https://www.youtube.com/embed/cNi_HC839Wo

Nama Greta Gerwig pasti tidak asing lagi di telingamu. Banyak film-film hebat yang dibuat oleh sutradara peraih nominasi Oscar ini. Salah satunya yakni Lady Bird. Meski gagal memenangkan kategori Best Director, film buatan Greta behasil memenangkan Best Motion Picture, Best Actress dan Supoorting Actress dalam Oscar 2018.

Lady Bird menceritakan tentang kehidupan seorang perempuan bernama Christine yang ingin dipanggil Lady Bird. Seperti remaja kebanyakan, ia sangat ingin melanjutkan kuliah di Universitas impiannya. Namun sayang, ibu Christine tidak terlalu setuju akan rencananya itu. Hal ini membuat konflik tumbuh di antara ibu dan anak tersebut.

Itulah lima film terbaik karya sutradara perempuan yang berhasil mendapatkan nominasi Best Director dalam Oscar. Dari kelima film keren di atas, mana saja nih yang sudah kamu tonton.

Baca Juga: Rekor, Ini 5 Pemenang Oscar Termuda Sepanjang Sejarah

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya