Comscore Tracker

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!

Tetap keren meski minim CGI

Meski tidak memiliki efek CGI secanggih sekarang, film jadul tidak kalah keren lho. Bahkan kebanyakan film lawas ini memiliki storytelling yang lebih baik daripada film zaman sekarang. Terutama film perang. Apalagi film yang dibuat di masa peperangan masih sering terjadi.

Seperti kelima film lawas tentang perang di bawah ini yang wajib banget kamu tonton. Dijamin gak akan menyesal deh. Biar tahu perang pada zaman dulu seperti apa gambarannya.

1. All Quiet on the Western Front (1930)

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!imdb.com

Film garapan Lewis Milestone ini bercerita tentang grup tentara Jerman yang terpilih untuk ikut berperang dalam Perang Dunia 1. Di mana digambarkan dalam film ini bagaimana perjuangan mati-matian tentara Jerman yang ingin memenangkan perang. Meski harus berakhir kekalahan.

Dalam film ini juga diperlihatkan dengan jelas bagaimana horornya perang. Ketika senjata saling baku tembak dan tentara yang berjatuhan seiring jalannya perang. Tentara yang bersembunyi dalam parit ketika perang membawa suasana semakin mencekam.

All Quiet on the Western Front didapuk menjadi film anti perang terbaik dalam sejarah. Karena film ini menggambarkan penderitaan akibat perang yang merugikan berbagai pihak.

2. La Grande Illusion (1937)

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!imdb.com

Salah satu film anti perang terbaik bikinan Jean Renoir, La Grande Illusion bercerita tentang 2 tentara Prancis yang ditangkap dan dipenjara di camp milik Jerman. Mereka berdua pun berusaha meloloskan diri sebelum dibawa ke benteng di mana mereka akan dikurung.

Film ini berlatar pada Perang Dunia 1. Tidak hanya menampilkan baku tembak senjata, film ini juga memiliki pesan akan kemanusiaan yang menyentuh. Yakni perang dapat membuat manusia gelap mata.

3. Sergeant York (1941)

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!imdb.com

Dirilis ketika terjadi Perang Dunia 2, Sergeant York menceritakan tentang seseorang bernama Alvin C. York yang mengikuti wajib militer dan menjadi pahlawan perang. Film ini berlatar pada Perang Dunia 1. Banyak pesan kemanusiaan dan patriotis yang terdapat dalam film ini.

Gary Cooper yang memerankan sosok sergeant York juga memiliki pembawaan karakter yang sangat ikonik. Sehingga membuat film lawas garapan Howard Hawks ini wajib kamu tonton.

Baca Juga: 5 Fakta Film Toko Barang Mantan, Reza Rahadian Jadi Gondrong Lho!

4. Twelve O'clock High (1949)

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!imdb.com

Dibuat setelah Perang Dunia 2 selesai, film ini menceritakan bagaimana seorang Jenderal berusaha menggagalkan sekelompok orang yang berniat mengebom tempat mereka. Ditambah pasukan dari Jenderal Frank Savage ini harus melawan tentara Nazi Jerman.

Film ini tentu menggambarkan sebagaimana mengerikannya Perang Dunia 2 dengan sangat apik. Sehingga tidak heran jika Twelve O'clock High berhasil menyabet 2 piala Oscar.

5. The Bridge on River Kwai (1957)

5 Film Lawas tentang Perang Terbaik Sepanjang Sejarah, Wajib Nonton!imdb.com

Film ini berisi tentang tentara Inggris yang membangun jembatan di sungai Kwai. Jembatan ini digunakan kelompok sekutu untuk menghancurkan penjara tawanan Jepang. Film ini mengambil latar Perang Dunia 2 di mana pihak sekutu ingin menjatuhkan Jepang.

Film ini juga dibumbui dengan drama klasik namun tidak terlalu cheesy. Film yang disutradarai oleh David Lean ini bahkan memenangkan 7 penghargaan Oscar sekaligus.

Itulah 5 film lawas tentang perang yang wajib banget kamu tonton. Kira-kira kamu sudah khatam nonton yang nomor berapa nih?

Baca Juga: 5 Film Horor-Thriller yang Tayang Januari 2020, Wajib Ditonton!

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya