Comscore Tracker

Inspiratif, 5 Film Tentang Penyandang Autis Ini Akan Mengubah Hidupmu

Siapa bilang kekurangan dapat menghambat kesuksesan

Di dunia ini tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Ada kalanya mereka harus terlahir dengan kekurangan. Mereka yang berkebutuhan khusus memang tidak seberuntung dirimu saat ini. Apalagi dengan adanya stigma masyarakat yang menganggap penyandang autis tidak akan sukses dalam hidupnya karena kekurangan yang mereka miliki.

Well, pada dasarnya Tuhan itu maha adil, guys. Tuhan nggak akan membiarkan makhluknya sengsara di muka bumi ini. Sehingga mereka penyandang autis tentu memiliki segudang kelebihan yang mungkin tidak kamu miliki saat ini.

Seperti dalam 5 film menyentuh tentang penyandang autis ini yang akan mengubah cara pandangmu pada hidup. Film apa saja sih? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. My Name Is Khan (2010)

https://www.youtube.com/embed/JEpqz33vKus

Film Bollywood yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Kajol ini merupakan salah satu film India yang wajib banget kamu tonton. Banyak sekali hikmah hidup yang akan kamu dapatkan setelah menonton film berdurasi 2 jam ini. Dimana film ini menceritakan tentang penyandang autis yang dituduh sebagai seorang teroris.

Meski menyandang autis, Khan merupakan anak yang memiliki kecerdasan sangat tinggi. Hidupnya pun semakin lengkap saat ia menikahi Mandira yang sudah memiliki seorang anak. Tetapi hidupnya tiba-tiba berubah setelah tragedi 9/11.

Ia pun berusaha membuktikan bahwa ia bukan seorang teroris kepada Presiden Amerika Serikat dengan perjuangan yang tidak mudah.

2. Please Stand By (2017)

https://www.youtube.com/embed/ghI4y6otpjY

Please Stand By merupakan film bertema drama dan komedi yang dibintangi oleh aktris muda berbakat, Dakota Fanning. Film ini bercerita tentang Wendy, penyandang autis yang sangat menggemari Star Trek. Saat dibuka lomba untuk penulisan naskah film Star Trek, Wendy berusaha untuk mengikutinya.

Ia pun harus pergi jauh menuju Los Angeles untuk mengirimkan naskahnya. Dalam perjalanannya ini banyak sekali rintangan yang harus ia hadapi. Dari kehilangan sebagian naskahnya sampai mendapatkan perlakuan kasar dari orang-orang. Namun semua itu nggak menyurutkan tekad kuatnya.

Meski pada akhirnya naskah buatannya ditolak oleh rumah produksi film ternama, Wendy tetap merasa puas dengan dirinya sendiri. Karena ia telah berani keluar dari zona nyamannya. Wah, kamu wajib banget nih meniru sosok Wendy yang tahan banting.

3. Miracle Run (2004)

https://www.youtube.com/embed/nsnza0fh7mg

Film Miracle Run menyajikan gambaran mengenai stigma dan diskriminasi yang sering dialami oleh penyandang autis. Film ini menceritakan Corrine Morgan yang ditinggalkan oleh suaminya karena memiliki anak kembar penyandang autis. Corrine yang tegar pun berusaha merawat kedua anaknya sendiri.

Ia selalu berusaha agar anaknya mendapatkan perlakuan yang sama seperti anak biasa. Namun banyak sekolah yang menolak mentah-mentah karena autis yang diderita kedua anaknya. Meski berat perjuangan Corrine untuk mendidik anaknya, namun pada akhirnya keduanya bisa meraih kesuksesan dan mematahkan stigma mengenai penyandang autis.

Baca Juga: 5 Film yang Membuatmu Memandang Keluarga dari Perspektif Berbeda

4. Fly Away (2011)

https://www.youtube.com/embed/xYeqgeh69s4

Meski diproduksi dengan budget rendah dan proses pengambilan gambar yang hanya memakan waktu 2 minggu, Fly Away merupakan salah satu film yang wajib kamu tonton. Film ini mengajarkamu bahwa terkadang merelakan kepergian seseorang merupakan salah satu jalan terbaik. 

Film ini menceritakan tentang seorang single parent bernama Jeanne yang berusaha merawat anaknya yang menyandang autis. Namun seiring sang anak mulai dewasa, Jeanne harus menerima kenyataan bahwa ia harus merelakan kepergian Mandy demi kebahagiaan anaknya sendiri.

5. The Story of Luke (2013)

https://www.youtube.com/embed/i3c6Jy5sHhc

The Story of Luke bercerita tentang penyandang autis bernama Luke (Lou Taylor Pucci). Di usia 25 tahun, ia harus kehilangan sang nenek dan pengasuhnya. Luke pun harus belajar untuk hidup mandiri. Memang pada awalnya berat bagi Luke untuk dapat menjalani hidup seorang diri.

Sampai pada akhirnya Luke dapat membuktikan bahwa seorang penyandang autis juga dapat untuk hidup normal. Ia bisa bekerja dan juga jatuh cinta seperti orang kebanyakan.

Nah, itulah 5 film tentang penyandang autis yang akan mengubah cara pandangmu pada hidup. Dari kelima film keren di atas, film mana nih yang paling menginspirasi?

Baca Juga: 10 Film Horor Remake yang Gak Kalah Mencekam dari Versi Originalnya

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya