Comscore Tracker

Salah Satu Rapper Berbakat, Ini 7 Lagu Solo Terbaik Mino Winner

Rapper terbaik di generasi 3, nih!

Song Minho atau yang lebih dikenal Mino merupakan rapper dan anggota dari grup Winner. Sebelum debut dalam agensi YG Entertainment, laki-laki kelahiran 30 Maret 1993 ini sempat menjadi rapper underground bersama Zico dan sempat menjadi trainee JYP Entertainment. Bahkan sempat akan debut bersama Block B.

Kini Mino telah berhasil menjadi salah satu rapper terbaik di generasi 3. Keahliannya dalam membuat lagu juga tidak perlu dipertanyakan. Berikut ini 7 lagu terbaik Mino yang akan kamu suka meski kamu tidak menyukai lagu bergenre rap.

1. Fiance

https://www.youtube.com/embed/NY8VGNft-Zc

Knock knock I miss you
But I can’t have you

Fiance merupakan single dari album debut solo Mino yang rilis pada November 2018 lalu. MV lagu ini sendiri ditonton lebih dari 10 juta dalam waktu 4 hari. Billboard sendiri memuji konsep lagu Fiance yang unik. Selain memiliki unsur hip-hop yang kental, lagu ini juga terdapat unsur musik tradisional Korea.

Jika kamu perhatikan, terdapat background wanita menyanyi lagu tradisional yang mengiringi rap Mino. Karena konsepnya yang keren dan unik Fiance berhasil menduduki posisi pertama di Gaon Chart.

2. Fear (ft. Taeyang BIGBANG)

https://www.youtube.com/embed/bgLah5W7yK0

I was alone and I suddenly got afraid
When I saw myself

Lagu Fear Mino buat untuk kompetisi Show Me The Money season 4. Ia membawakan lagu ini bersama Taeyang BIGBANG, yang dulu sempat juga menjadi mentornya dalam WIN: Who Is Next. Lagu ini sendiri memiliki makna yang sangat dalam. Mino dapat menuangkan semua perasaannya dalam sebuah lagu.

Dari ketakutan dan kecemasannya, masa-masa dia menjadi trainee yang harus membuatnya terus berlatih dan berlatih. Semua itu ia tuangkan dengan indah dalam lagu ini. Vokal mengagumkan dari Taeyang juga membuat lagu ini menjadi salah satu masterpiece.

Baca Juga: Debut Sebagai Pelukis, 10 Lukisan Mino WINNER Ini Artistik Banget

3. Body

https://www.youtube.com/embed/IlJHZJ8EqeA

No need for apologies
We’re not Adam and Eve

Mino dan Bobby iKON pernah merilis album duet bersama dengan judul The Mobb pada 2016 lalu. Ini merupakan bentuk proyek keduanya yang memang tergabung dalam agensi yang sama. Salah satu lagu yang menarik perhatian dalam album ini yakni Body milik Mino Winner.

Meski banyak yang berspekulasi lagu ini sedikit vulgar, Body sendiri memiliki flow khas Mino. Jadi, siapa pun yang mendengarnya pasti langsung keinget dengan nadanya. Karena lagu ini sangat Catchy dan easy listening.

4. I’m Him

https://www.youtube.com/embed/iQnAL-f2grI

What’s up, that’s me
I’ll throw up my hands as a guard

I'm Him merupakan lagu solo Mino yang terdapat dalam album 2014 S/S. Album debut Winner setelah berhasil memenangkan kompetisi WIN: Who Is Next. Meski masih berposisi sebagai rookie (grup pendatang baru), Mino berhasil menunjukkan eksistensinya dalam lagu solonya ini.

Lagu ini dominan dengan suara drum, sehingga beat-nya cocok untuk menjadi iringan dance. MV dari lagu ini juga terbilang sangat aesthetic dengan efek animasi yang kekinian. Kamu mungkin akan kaget saat tahu jika MV ini dirilis 5 tahun yang lalu.

5. Turn Off The Light

https://www.youtube.com/embed/yi5JFG0KHBc

I’m using all my strength [to hold myself back]
But you don’t notice anything

Turn Off The Light merupakan salah satu lagu solo Mino dalam album Everyd4y yang dirilis pada tahun 2018 lalu. Dalam interview bersama Lee Suji, Mino menyatakan jika lagu ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Namun sang leader, Kang Seungyoon langsung menimpali jika lagu ini terinspirasi dari ayahnya Mino yang hanya berpegangan tangan dengan istrinya dan tiba-tiba Mino lahir begitu saja. Wah, ada-ada saja nih bercandaannya uri leader.

6. Okey Dokey (ft. Zico Block B)

https://www.youtube.com/embed/aFsS59DkFhc

If I had to chose between money and fame
I wouldn’t hesitate

Okey Dokey merupakan lagu duet Mino dan Zico untuk ajang Show Me The Money season 6. Keduanya sendiri pun sudah berteman sejak lama sebelum debut masing-masing. Jadi, gak heran jika kedua rapper berbakat ini dapat menuangkan kemampuannya dalam lagu catchy ini.

7. The Door (Ft. Yoon)

https://www.youtube.com/embed/M0F5fyQwCdQ

Did it have to be me
I can’t see before me

Lagu The Door merupakan salah satu official soundtrack dari KDrama Prison Playbook. Dalam pembuatan lagu ini, Mino dan Seungyoon dibantu oleh Zico yang menjadi produser lagu ini. Perpaduan vokal dari Yoon dan rapp Mino membuat The Door menjadi salah satu soundtrack terbaik drama ini.

Itulah 7 lagu solo terbaik Mino Winner. Dari ketujuh lagu di atas, nomor berapa saja yang menjadi favoritmu hingga sekarang?

Baca Juga: 5 Pesan Lagu "Fear" Mino Winner untuk Pribadi yang Lebih Tangguh

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya