Comscore Tracker

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White Building

Film keren asal Kamboja ini tayang di Indonesia

White Building menjadi perwakilan negara Kamboja dalam Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022. Tentu hal tersebut menjadi kebangaan bagi sang sutradara, pemain, hingga masyarakat Kamboja.

Berhasil masuk Oscar 2022, inilah fakta menarik film White Building. Pasti bikin kamu tercengang, deh. Keep reading!

1. Cerita film yang dekat dengan kehidupan sang sutradara

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White BuildingFilm White Building (Dok. KlikFilm)

White Building mengisahkan Samnang, pemuda yang berusia 20 tahun, dan teman-temannya di sebuah blok perumahan petak terkenal di ibu kota Kamboja, Phnom Penh, yang disebut White Building.

Mereka bertiga berlatih menari dengan memimpikan kontes bakat televisi. Orangtua mereka menjalani kehidupan yang lebih tradisional, namun mereka hidup dalam harmoni yang indah. Lingkungan stabil yang selalu Sam sebut rumah, sekarang goyah, karena penggusuran. 

Menurut sang sutradara, Kavich Neang, kisah tersebut sangat melekat pada dirinya, mengingat Kavich pernah tinggal di gedung dalam filmnya ini.

"Film ini personal sekali bagi saya. Saya pernah tinggal di sana dan kemudian meninggalkan bangunan itu pada tahun 90-an. Sebuah gedung bisa punya cerita sendiri, bagaimana orang menjalani hidupnya di gedung itu," ucap Kavich dalam konferensi pers virtual pada Jumat (1/7/2022).

Baca Juga: 5 Drama dan Film Asia yang Pemerannya Mengidap Difabel Rungu

2. Gak diperankan aktor ternama, mengapa?

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White BuildingKavich Neang sutradara film White Building (Dok. KlikFilm)

Film Kamboja yang mewakili di Oscar 2022 ini dimainkan oleh aktor-aktor yang gak terlalu terkenal. Bukan tanpa alasan, Kavich mengatakan alasannya, karena ingin memberikan kejutan lewat akting pemainnya ini.

"Iya (memang gak mengajak aktor ternama). Saya memutuskan untuk gak mengajak aktor yang sudah terkenal. Karena rasanya ada kejutan ketika orang yang belum profesional memainkan film ini," ucap Kavich.

3. Ini adegan tersulit dalam film White Building

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White BuildingFilm White Building (Dok. KlikFilm)

Kavich mengungkapkan adegan tersulit dalam film yang ia garap ini. Menurutnya, salah satu scene tersebut saat para pemain beradegan motor. Ia mengaku sampai melakukan 20 kali take.

"Take-nya beberapa kali, bisa 20 kali take. Saya rasa masing-masing 10 kali take, tapi adegan itu paling susah ya, karena harus dua angle yang diperlihatkan," ucap Kavich.

Ia menambahkan, memang sengaja gak mengambil percakapan dalam scene tersebut. Ia ingin memberikan sentuhan perasaan kepada penonton.

"Saya gak  mengambil detail, ya, percakapan di motor itu, karena saya ingin menunjukkan perasaannya saja," tambahnya.

Apalagi mengingat para pemainnya bukan profesional, Kavich pun mengaku takut membahayakan keselamat para aktornya.

"Karena aktonya juga bukan ahli dan sedikit berbahaya syuting di jalanan," lanjut Kavich.

4. Mengangkat isu sosial

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White BuildingFilm White Building (Dok. KlikFilm)

Perbedaan generasi hingga kenyataan dan impian menjadi salah satu isu sosial yang diangkat dalam White Building ini. Menurut Kavich, isu sosial masih menarik dikemas ke sebuah film.

"Isu sosial masih menarik untuk dibicarakan dalam film, tentang semangat orang-orang dan keadaan yang berbenturan dengan kenyataan. Ada perbedaan generasi lama dan sekarang," ucap Kavich.

Maka dari itu, Kavich berharap White Building bisa memberikan dampak kepada penonton. Ia juga mengaku ingin membaca komentar penonton terkait filmnya ini.

"Saat saya membuat film, saya berharap banyak orang menontonnnya. Saya berharap bisa memberikan dampak pada penonton, reflect mimpi mereka. Saya penasaran dengan apa yang orang akan pikir setelah menonton film ini, jadi saya ingin membaca komentarnya," tambahnya.

5. White Building tayang di Indonesia, lho!

Wakil Kamboja di Oscars 2022, Ini 5 Fakta Menarik Film White BuildingKavich Neang sutradara film White Building (Dok. KlikFilm)

Menariknya, film Kamboja ini tayang di Indonesia, lho. White Building dapat ditonton mulai 1 Juli 2022 di KlikFilm. Pasti penasaran, kan, dengan film perwakilan dari Kamboja untuk Film Internasional Terbaik pada Academy Awards ke-94 ini?

Mempunyai cerita yang menarik, tak heran jika White Building dilirik sebagai perwakilan Kamboja di Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022.

Baca Juga: 5 Film Oscar yang Bertabur Bintang Film Marvel, Ada Spotlight! 

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya