Comscore Tracker

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 Miliar

Jakarta Film Week 2021 habiskan anggaran Rp2,9 miliar

Jakarta Film Week sebagai festival film berskala internasional yang diprakarsai Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta secara resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada malam ini, Kamis (18/11/2021).

"Pembangun kota bukan hanya infrastruktur, tapi juga membangun budaya dan adabnya, memunculkan peradaban yang baru, yang baik, yang maju, salah satunya dengan memajukan perfilman," ucap Anies dalam Ceremony Jakarta Film Week.

1. Pertama kali diadakan di Indonesia

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 MiliarJakarta Film Week (IDN Times/Erfah Nanda)

Diketahui Jakarta Film Week merupakan festival film bergengsi standar internasional yang baru aja digelar pertama kali di Jakarta, Indonesia. Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta berharap bisa menjadikan acara ini rutin dilakukan.

"Kita ingin sekali kegiatan ini rutin diselenggarakan. Bukan tahun ini tapi juga tahun berikutnya dan berikutnya berikutnya lagi," ucap Anies.

2. Jakarta Film Week dibuka oleh film Ranah 3 Warna

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 MiliarJakarta Film Week (IDN Times/Erfah Nanda)

Sekitar ada 277 film dari 30 negara yang mendaftar di Jakarta Film Week sejak bulan Agustus 2021 kemarin. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Rina Damayanti selaku Direktur Festival.

"Sejak dibuka bulan Agustus lalu, kami menerima 277 film dari 30 negara sebuah angka yang membanggakan di awal acara ini," ucap Rina dalam pembukaan Jakarta Film Week ini menayangkan film Ranah 3 Warna.

Baca Juga: 10 Potret Shenina Cinnamon, Brand Ambassador Jakarta Film Week 2021

3. Anies ucapkan Jakarta Film Week habiskan anggaran Rp2,9 miliar

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 MiliarJakarta Film Week (IDN Times/Erfah Nanda)

Anies menyebutkan Jakarta Film Week habiskan anggaran sekitar Rp2.9 miliar. "Dialokasikan Rp2,9 miliar untuk anggaran ini (Jakarta Film Week). Lalu dikelola lewat swakelola tipe 3 untuk bekerja sama di bagian pengadaan," ucap Anies.

Ia menyebutkan bahwa acara ini menjadi kesempatan untuk memfasilitasi sineas untuk semangat berkarier. "Kita berharap dari Jakarta Film Week ini kita bisa membangun dan mendorong perfilman Jakarta dan Indonesia. Ini kesempatan untuk kita semua memfasilitasi semua," tambahnya.

4. Shenina Cinnamon jadi brand ambasador Jakarta Film Week

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 Miliarpotret Shenina Cinnamon (instagram.com/jakartafilmweek)

Shenina Cinnamon selaku brand ambasador Jakarta Film Week ini juga datang dan ikut support pembukaan festival film sekala internasional pertama di Jakarta.

"Aku sangat seneng dan bersyukur juga bisa jadi brand ambasador Jakarta Film Week ini. Aku bersyukur karena ini adalah salah satu cara aku untuk sharing dan mengajak orang-orang di luar sana untuk datang ke festival film, alhamdulillah di Jakarta udah ada," ucap Shenina.

5. Digelar 4 hari dan menayangkan sekitar 72 film bergengsi

5 Fakta Jakarta Film Week, Habiskan Anggaran Hingga Rp2,9 MiliarJakarta Film Week (IDN Times/Erfah Nanda)

Jakarta Film Week diselenggarakan selama empat hari, 18 hingga 21 November 2021. Dalam acara tersebut Jakarta Film Week akan menghadirkan 72 film dari 277 yang sudah terdaftar. Film-film tersebut hadir dari sekitar 30 negara.

Baca Juga: Pemprov DKI Janji Bakal Rutin Gelar Jakarta Film Week Tiap Tahun

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya