Comscore Tracker

7 Film Horor yang Berhasil Buat Standar Baru di Indonesia, Keren Abis!

Apakah kamu sudah nonton semuanya?

Di awal tahun 2000an, film horor Indonesia amat melekat dengan kisah-kisah yang sensasional, bahkan pasti ada aja adegan sensual di dalamnya. Bukan bermaksud merendahkan para film maker saat itu, namun faktanya film horor Indonesia sekarang sedang mengalami perkembangan yang cukup meyakinkan dan membuat standar baru.

Akhir-akhir ini, film-film horor Indonesia berhasil membuat gebrakan dan tak lagi menjual unsur sensual saja. Nah, kamu pasti penasaran kan dengan film horor yang kini bisa dibilang jadi standar baru? Simak di sini daftarnya.

1. Danur Universe

https://www.youtube.com/embed/YLU6Qfi0cDY

Sejak awal kemunculannya pada 2017, Danur universe mampu membuat gebrakan baru di industri film horor Indonesia. Alih-alih mempertontonkan sensualitas, film ini justru mengangkat hubungan manusia dengan mahluk gaib yang dikemas dengan baik dan detail. 

Bahkan tiga tahun berlalu, Danur universe ini sudah memiliki trilogi dan satu film spin-off. Menariknya, semua film dari Danur universe semuanya memiliki lebih dari 1 juta penonton.

2. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur

https://www.youtube.com/embed/4m5yC1BPNpw

Film remake Suzzanna: Bernapas dalam Kubur yang dibintangi Luna Maya amat sangat mencuri perhatian publik. Karakter Suzzanna yang melekat di masyarakat kembali dihadirkan lagi oleh akting apik Luna Maya.

Film horor ini kabarnya sudah berhasil ditonton 3.3 juta orang. Bahkan, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur juga sudah ditayangkan di Netflix dan Thailand. Bangga!

3. Makmum

https://www.youtube.com/embed/Ks0rYwutbXQ

Bisa dibilang, Makmum adalah salah satu film horor adaptasi terbaik Indonesia. Dikemas dengan sangat baik, membuat film yang dibintangi Titi Kamal ini mampu diterima pasar gak cuma Indonesia tapi juga Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Jumlah penonton di Indonesia untuk film horor satu ini pun sangat banyak yakni 825.774. Lewat film Makmum ini, terbukti bahwa horor gak harus tentang seksi aja kan?

Baca Juga: 11 Artis Ini Langganan Muncul di Film Horor, Kamu Sadar Gak?

4. Kuntilanak

https://www.youtube.com/embed/3ilPSuen3KI

Nampaknya, kisah mengenai sosok kuntilanak masih sangat digemari oleh masyarakat Indonesia terutama saat diangkat menjadi sebuah film. Film yang kembali dibuat di tahun 2018 ini menegaskan bahwa anak-anak kecil sekalipun bisa dijadikan kisah horor yang menakutkan.

Hingga di tahun 2020 ini, Kuntilanak universe ini sudah memiliki sekuel dan satu film spin-off berjudul Mangkujiwo.

5. Sebelum Iblis Menjemput

https://www.youtube.com/embed/yCQNva20XTM

Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan ini mampu membawa angin segar bagi genre horor di Indonesia. Mengangkat tema tumbal hingga bersekutu dengan iblis, membuat film ini terasa dekat dengan publik.

Uniknya lagi, film yang sudah memiliki sekuel ini mampu menggabungkan antara film horor dengan adegan action. Bikin jantungan deh!

6. Perempuan Tanah Jahanam

https://www.youtube.com/embed/XY7falovJiI

Dibintangi Tara Basro, Ario Bayu, hingga Christine Hakim, film ini sangat menunjukkan kalau film horor sendiri ceritanya bisa semenarik ini. Film ini diklaim mampu mengumpulkan hingga 1,7 juta penonton. Gak hanya di Indonesia, film ini juga dapat apresiasi lho di Sundace Film Festival.

7. Ratu Ilmu Hitam

https://www.youtube.com/embed/594PxKASQfg

Nama Kimo Stamboel di industri film Indonesia, terlebih horor memang gak usah ditanyakan lagi. Kimo mampu membuat film remake Ratu Ilmu Hitam pada 1981 dengan sudut pandang yang berbeda. 

Darah, belatung, hingga trypopobhia menghiasi film yang diperankan oleh Hannah Al Rashid, Adhisty Zara, hingga Ari Irman. Teror yang amat sadis membuat film Ratu Ilmu Hitam ini mendapat 915.227 penonton! 

Itulah jajaran film yang berhasil membuat standar industri perfilman horor Indonesia. Film-film di atas menjadi bukti bahwa garapan sineas Indonesia bisa penuh teror yang menakutkan hingga cerita kisah yang unik bukan sekadar sensasional semata.

Baca Juga: Jadi Ratu Film Horor, Ini Pengakuan Mengejutkan Shareefa Daanish

Topic:

  • Erfah Nanda
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya