Comscore Tracker

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!

#ReviewFilm Jadi Bang Doel milih Sarah atau Zaenab nih?

Kisah si Doel yang sudah menemani selama 27 tahun akhirnya mencapai endingnya. Isak tangis para pemeran Akhir Kisah Cinta Si Doel memenuhi bioskop saat pemutaran perdananya, Kamis (23/1).

Sebelumnya, semua pemain kecuali Rano Karno yang duduk sebagai sutradara juga penulis naskah belum mengetahui ending filmnya seperti apa, atau siapa yang akan dipilih si Doel? Zaenab kah yang sudah merawat dirinya dan Mak Nyak selama 14 tahun atau Sarah yang sudah mendidik dan menjaga sang buah hati?

Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak reviewnya berikut ini. Keep reading!

1. Cerita bermula dari kembalinya Sarah dalam kehidupan Bang Doel

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!Instagram.com/akhirkisahcintasidoel

Awalnya berat bagi Zaenab (Maudy Koesnaedi) saat kembalinya Sarah (Cornelia Agatha) dalam kehidupan Bang Doel. Apalagi dengan perasaan membatin dan beban kesalahan kepada Sarah, kini Zaenab justru positif hamil.

Sebagai istri yang sudah menemani 14 tahun, Zaenab menanyakan siapa yang akan dipilih oleh Bang Doel. Dengan emosi yang membara, Zaenab yang tak mau terlibat lebih jauh memilih untuk pergi dari rumah Doel. Ia menenangkan diri demi janin yang ada di kandungannya. Melihat keputusan nekat Zaenab, akankah Doel membiarkan hal tersebut? 

Baca Juga: Rano Karno Ungkap Kesulitan & Baper Menulis Ending Kisah Cinta Si Doel

2. Jokes receh ala anak Betawi

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!Instagram.com/akhirkisahcintasidoel

Sebelum memasuki lebih dalam kisah antara Zaenab, Sarah, dan Doel, kita ulas dulu komedi dalam film ini. Adegan lucunya bikin ngakak, satu studio berhasil dibuat tertawa dengan jokes receh ala anak Betawi. Hal tersebut disampaikan dengan natural oleh Mandra, gaya bicaranya dan gerak gerik tubuhnya patut diacungi jempol!

Meskipun jokes ala Mandra terbilang receh tapi siapa sangka justru itulah yang membuat film Akhir Kisah Cinta Si Doel semakin berwarna dan unik sejak 27 tahun silam.

3. Memperkenalkan budaya khas Betawi

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!Dok. Falcon

Saat adegan pembuka, film ini berhasil menyuguhkan beberapa budaya Betawi, seperti ondel-ondel, pencak silat, tarian adat, permainan daerah, hingga makanan tradisional. Ini sebagai bentuk pengenalan lebih dalam budaya Betawi kepada masyarakat luas.

4. Alurnya tak mudah ditebak

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!Pemeran dan keluarga si Doel saat screening film Akhir Kisah Cinta Si Doel, di Epicentrum, Jakarta, pada Kamis (23/1). IDN Times/Erfah Nanda

Meskipun banyak pertanyaan siapa yang akan dipilih Doel, namun kali ini Rano Karno berhasil mengecoh penonton dengan adegan-adegan manisnya. Mungkin penonton bisa saja berasumsi Doel akan memilih Zaenab, atau Doel akan kembali kepada Sarah, tapi untuk alur cerita dalam film ini gak mudah ditebak! 

Justru kamu akan hanyut saat menikmati film Akhir Kisah Cinta Si Doel. Beberapa kali ikut emosi atas kelabilan Si Doel, namun juga ikut meneteskan air mata saat scene Zaenab dan Sarah. 

5. Clue demi clue, hingga ini endingnya!

Review Film Akhir Kisah Cinta Si Doel: Pamit dengan Kebahagiaan!Para pemeran haru setelah menonton film Akhir Kisah Cinta Si Doel, di Epicentrum, Jakarta, pada Kamis (23/1). IDN Times/Erfah Nanda

Beberapa kali dari pendukung Zaenab atau Sarah bersorak gembira saat Doel bersama idolanya. Namun pada akhirnya akan ada satu perempuan yang akhirnya tersakiti, merelakan pria yang sudah dicintai selama ini bahagia dengan perempuan lain. 

Sebenarnya, clue demi clue sejak awal film dimulai sudah bisa terkumpulkan. Akan tetapi, lebih baik kamu gak usah mencari clue tersebut. Lebih baik kamu menikmati film Akhir Kisah Cinta Si Doel, hingga tiba-tiba kamu gak menyangka bahwa inilah endingnya.

https://www.youtube.com/embed/Muo3owRBVt8

So, jadi siapa sih yang dipilih si Doel, Zaenab atau Sarah? Tentu ini jadi hal yang bikin penonton setia Si Doel penasaran. Setelah 27 tahun, akhirnya kisah cinta Doel, Sarah, dan Zaenab pamit. Untuk film ini IDN Times memberikan nilai 4/5

Nah, daripada kamu penasaran, bertanya-tanya tanpa jawaban, lebih baik tonton saja film Akhir Kisah Cinta Si Doel di bioskop yang sudah tayang sejak 23 Januari 2020 kemarin.

Baca Juga: Film Akhir Kisah Si Doel Tayang 2020, Jadi Pilih Zaenab atau Sarah?

Topic:

  • Erfah nanda
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya