Comscore Tracker

Rilis Sangcheo Badeun Maeum, Ini 5 Cara Rossa Bisa Bahasa Korea!

Pantas aja fasih banget ya?

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya Rossa resmi merilis lagu Sangcheo Badeun Maeum pada Jumat (14/08/2020). Sebelumnya, Rossa hanya iseng merilis di YouTube-nya, namun kini Sangcheo Badeun Maeum, yang merupakan lagu Hati yang Kau Sakiti versi Korea sudah bisa didengarkan di platform musik.

Yups, ini kali perdana Rossa merilis lagu berbahasa Korea. Kira-kira apa saja persiapan Rossa dalam merilis lagu ini?

1. Kesulitan Rossa dalam menyanyikan lagu Sangcheo Badeun Maeum

Rilis Sangcheo Badeun Maeum, Ini 5 Cara Rossa Bisa Bahasa Korea!instagram.com/itsrossa910

Sangcheo Badeun Maeum merupakan lagu Hati yang Kau Sakiti versi Korea. Namun, pada preskon perilisan single Sangcheo Badeun Maeum, Rossa mengatakan bahwa lagu ini bukan diterjemahkan secara langsung.

Rossa mengatakan bahwa lagu Sangcheo Badeun Maeum diterjemahkan oleh Marsha, orang Korea yang merupakan teman dari temannya. Lalu, ketika ditanya oleh media seperti apa terjemahannya, apakah satu kalimat?

Perempuan kelahiran 9 Oktober 1978 ini menjawab, "Terjemahannya bukan langsung, agak sedikit berubah artinya tapi maksudnya sama, maknanya sama," ucap Rossa.

Dikatakan lagi, "Seperti lirik Nunmuri na di bahasa Korea artinya air mata keluar tapi kan lirik aslinya ku menangis, tapi maknanya tetap sama," lanjutnya.

2. Rossa mengaku pelafalan bahasa Korea cukup sulit

Rilis Sangcheo Badeun Maeum, Ini 5 Cara Rossa Bisa Bahasa Korea!instagram.com/itsrossa910

Rossa mengatakan, pelafalan bahasa Korea cukup sulit baginya. Perbedaan tiap huruf jadi salah satu alasannya. "Paling susah pengucapan yang benar, sedikit-sedikit ada perbedaan antara o atau e, ada o kecil ada o besar," ucap Rossa. 

3. Namun, Rossa tetap berusaha agar pelafalan bahasa Koreanya benar

Rilis Sangcheo Badeun Maeum, Ini 5 Cara Rossa Bisa Bahasa Korea!Instagram.com/itsrossa910/

Kesulitan Rossa dalam berbahasa Korea membuat rekaman lagu Sangcheo Badeun Maeum dilakukan selama lima jam. Rossa mengatakan, jika lagu biasa dirinya hanya menghabiskan waktu 1-2 jam.

"Kemarin selesai lima jam, biasanya 1-2 jam aja," ucap Rossa.

Hal ini karena, Rossa benar-benar ingin pelafalan bahasa Koreanya benar sehingga pendengar tetap bisa menikmati musiknya. "Saat rekaman saya dibantu oleh Sashi, translator Korea-Indonesia, supaya ucapannya benar. Saya ingin menjaga kata-kata sebaik mungkin agar terdengar betul bahasa Korea," lanjut Rossa.

Baca Juga: 10 Cerita Rossa Bikin Lagu Sangcheo Badeun Maeum, Jleb Banget!

4. Ini hal yang dilakukan Rossa dalam upayanya berbahasa Korea

Rilis Sangcheo Badeun Maeum, Ini 5 Cara Rossa Bisa Bahasa Korea!Instagram.com/itsrossa910

Selain didampingi oleh translator, Rossa mengatakan dirinya juga berlatih berbahasa Korea sendiri. "Saya sempat les privat bahasa Korea, tapi karena pandemik akhirnya diberhentikan dulu," ucap pelantun lagu Tegar.

"Saya juga belajar bahasa Korea dari drakor, sedikit-sedikit bisa bahasa sehari-hari. Seperti pesan makanan di restoran atau menyapa say hello," ucap Rossa. 

Tak sampai di situ, ada satu hal lagi yang membuat Rossa semakin semangat belajar bahasa Korea, yaitu lingkungannya. "Aku punya grup WhatsApp, isinya itu ada Sashi ada Boy William juga dia fasih bahasa Korea. Pokoknya peraturan di grup itu kita harus memakai bahasa Korea," ucap Rossa.

Dikatakan lagi, di grup WhatsApp tersebut Rossa tak hanya mengerti kosa kata baru tetapi dirinya juga belajar menulis bahasa Korea dengan benar. "Pokoknya dilarang pakai bahasa kecuali Korea, kita ngomong dan menulisan bahasanya harus benar," lanjutnya.

5. Rossa tak menyangka lagu Sangcheo Badeun Maeum diterima banyak orang

https://www.youtube.com/embed/pD85gJJ_P5o

Rossa tak menyangka jika video yang diunggah di YouTube pada Juni 2020 bisa menarik perhatian publik. "Video itu viral di YouTube banyak yang cover lagu ini, bahkan sampai YouTuber Korea, beberapa juga ada yang buat reaction gitu," ucap Rossa.

Melalui perilisan lagu  Sangcheo Badeun Maeum, Rossa berharap dirinya bisa menerjemahkan lagu lainnya dalam versi bahasa lain. "Mudah-mudahan bisa menerjemahkan lagu lagi, semoga ini bisa membawa lagu ini ke luar negeri. Terakhir semoga lagu saya bersama SM Entertainment bisa segera dirilis," tutup Rossa.

Meski kini Rossa berusia 41 tahun, tapi dirinya tetap mempunyai semangat dan jiwa muda dalam berkarya. Sukses terus, Teh Oca!

Baca Juga: Bak OST KDrama, Ini Lirik Lagu Hati yang Kau Sakiti Rossa Versi Korea

Topic:

  • Erfah Nanda
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya