Comscore Tracker

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!

#9YearsOfOneDirection Duh, jadi kangen sama mereka lagi kan?

23 Juli 2019 menandai sembilan tahun sejak formasi boyband paling terkenal di dunia, One Direction dibentuk. Tepat sembilan tahun yang lalu, setelah kegagalan audisi X-
Factor mereka, Simon Cowell mengumpulkan Niall Horan, Harry Styles, Louis Tomlinson,
Liam Payne, dan Zayn Malik menjadi grup yang kemudian sukses besar. 

Melalui banyak jatuh bangun hingga memutuskan untuk bersolo karier, yuk simak 9 momen terbaik One Direction yang bikin kangen. 

1. Saat mereka dapat posisi ketiga di X-Factor Inggris dan debut sebagai One Direction

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!enews.com

Setelah final X-Factor, Simon Cowell membawa One Direction ke perusahaan musik miliknya, Syco Records. Lagu pertama mereka, “What Makes You Beautiful” berhasil memuncaki nomor satu di UK Singles Chart dan menjadi lagu dengan paling banyak pre order di sejarah Sony Music Entertainment.

Album pertama mereka, Up All Night, menjadi album Inggris dengan penjualan tercepat di 2011 dan menjadi grup Inggris pertama yang debut albumnya nomor satu di AS. Setelah sukses tersebut, mereka mengumumkan tur dunia Up All Night. Tiket untuk semua 54 konser di tur ini terjual habis dalam hitungan menit. 

2. Jadi bintang tamu di acara hits Nickelodeon iCarly

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!justjaredjr.com

One Direction menjadi bintang tamu di serial hits Nickelodeon iCarly tahun 2012 dan menyanyikan “What Makes You Beautiful” sambil menunjukkan keterampilan akting mereka. Episode tersebut mendapatkan 3,4 juta penonton. #1DoniCarly, #WelcomeToThe1DFamilyGibby, iCarly, Sam and Zayn, #iGoOneDirection, Watching iCarly, Love Gibby, Jungle Worms dan Omfg Harry menjadi trending topic di Twitter waktu pertama keluar. 

3. Memenangkan berbagai penghargaaan sampai tak terhitung jumlahnya

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!huffingtonpost.co.uk

Saat ini, One Direction telah dinominasikan dalam 285 penghargaan dan memenangkan 193 piala. Penghargaan tersebut termasuk enam BillBoard Music Awards, tujuh Brit Awards, dan tujuh American Music Awards. 

4. Saat live stream promosi album Midnight Memories, mereka mendapatkan 770 ribu pemirsa!

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!billboard.com

One Direction mengadakan live stream selama tujuh jam untuk mempromosikan album ketiga mereka, Midnight Memories. Acaranya sendiri terbagi menjadi beberapa kegiatan seperti games, wawancara, pertunjukkan langsung dan mengundang bintang tamu seperti Robbie Williams, the Muppets (Mrs Piggy and Kermit), Celine Dion, Kelly Rowland dan Simon Cowell.  

Baca Juga: Nostalgia, Ini 7 MV One Direction yang Paling Banyak Ditonton

5. Film Dokumenter One Direction: This is Us yang sukses besar

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!variety.com

Film dokumenter konser, One Direction: This is Us, pertama kali tayang di bioskop tanggal 29 Agustus 2013. Keuntungannya mencapai 68 juta dollar lho dari seluruh dunia, enam kali lebih banyak dari anggaran mereka.

6. Fans pun berkontribusi memecahkan berbagai rekor dunia

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!billboard.com

Dua video klip mereka, “Best Song Ever” dan “Live While We’re Young” pernah memegang rekor video klip paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama. Setelah album keempat mereka, Four, One Direction menjadi grup pertama di sejarah US Billboard 200 yang mencapai debut nomor satu dengan empat album pertama. Tur mereka, Where We Are Tour, juga membuat sejarah sebagai tur terlaris oleh sebuah grup. 

7. Terharu saat pembuatan film konser Where We Are

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!candymag.com

Film konser kedua mereka, One Direction: Where We Are, syuting di San Siro, Milan. Yang membuat terharu, 115.931 fans sudah menyiapkan project di mana setiap fans memegang sebuah lembar plastik berwarna beda dan bersama-sama mengatakan “WE ARE 1D FAMILY”.

8. Saat Zayn Malik memutuskan hengkang dan rilisnya lagu Drag Me Down

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!candymag.com

Empat bulan setelah Zayn mengumumkan keluar dari grup, One Direction mengeluarkan lagu “Drag Me Down” tanpa promosi atau pengumuman. Meskipun begitu, lagu tersebut berhasil memuncaki tangga musik di banyak negara dan menjadi lagu pertama mereka yang menjadi nomor satu di Prancis dan Australia.

“Drag Me Down” juga debut posisi nomor 3 di Billboard Hot 100 dan mendapat ulasan positif dari kritikus. Video klipnya sendiri menang Best Video Award di Brit Awards 2016. 

9. Meski bersolo karier, namun semua membernya sukses

9 Tahun Debut One Direction, Ini 9 Momen Terbaik yang Bikin Nangis!npr.com

Setelah album pertama Niall, Flicker, debut di nomor satu di Billboard 200, One Direction mengikuti The Beatles menjadi satu-satunya grup di sejarah musik dengan tiga anggota yang sukses album solonya.

Album Harry bertajuk Harry Styles dan albumnya Zayn, Mind of Mine, juga sukses besar di pasaran. Liam dan Louis memang belum mengeluarkan album, namun lagunya Liam, “Strip That Down”, dan kolaborasi Louis dengan Steve Aoki, “Just Hold On”, mendapat respons positif.

One Direction adalah grup yang bertumbuh bersama fans mereka. Mereka adalah bagian besar dari ingatan generasi millennial dan gen z. Saat ini, One Direction sedang hiatus untuk karier solo dan tidak tahu kapan akan kembali menjadi grup. Wah, ditunggu nih comeback mereka.

Penulis: Naila Pringgadani

Baca Juga: Hengkang dari One Direction, Zayn Malik Kini Lebih Eksis dan Menggoda!

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You