Comscore Tracker

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland Saga

Selain re-watch, lima anime ini bisa dijadikan pilihan

Zombieland Saga merupakan anime supernatural yang berkisah tentang Sakura Minamoto, seorang gadis yang bercita-cita menjadi idola suatu hari nanti. Sayangnya, dia mengalami kecelakaan hingga meninggal. Satu dekade kemudian, dia bangkit dari kematian, lalu berada dalam misi penyelamatan Prefektur Saga dengan menjadi idola zombi.

Sakura bersama gadis-gadis lain membentuk grup idola Franchouchou. Tanpa ingatan tentang masa lalu, mereka harus menyembunyikan identitas asli sebagai zombi sesuai dengan judul seri Zombieland Saga. Dengan premis idola berbeda dari biasanya, anime ini cukup menghibur. Jika kamu merindukan semangat mereka, kamu bisa melihat lima anime di bawah ini, loh!

1. 22/7 (2020)

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland SagaSalah satu cuplikan anime 22/7 (dok. Aniplex/22/)

Miu Takigawa adalah gadis yang terlahir di keluarga biasa. Jadi, dia harus melakukan pekerjaan paruh waktu untuk menghidupi keluarga. Akibat sifat pendiam yang dia miliki, dia dipecat dari pekerjaan sebagai penjaga minimarket. Di tengah kebingungan, dia menerima undangan misterius.

Miu menyadari bahwa undangan tersebut berasal dari agensi musik. Meskipun sempat enggan, dia memutuskan untuk bergabung dengan grup idola, 22/7, sebab dia benar-benar membutuhkan uang. Di sinilah, dia bertemu dengan gadis-gadis lain yang berjuang bersama untuk mematuhi semua perintah yang diberikan oleh Tembok.

Anime musik 22/7 dan Zombieland Saga menyajikan kisah yang berputar di sekitar grup idola perempuan dengan tiap anggota yang memiliki konflik masing-masing, begitu pun masalah akibat ketenaran yang perlahan mendatangi. Jadi, kedua anime ini akan memperlihatkan bagaimana anggota menyelesaikan masalah mereka.

2. Mahou Shoujo Ore (2018)

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland SagaSalah satu cuplikan film Mahou Shoujo Ore (dok. Pierrot Plus/Mahou Shoujo Ore)

Saki Uno merupakan salah satu anggota dari duo idola, Magical Twins. Meskipun tidak populer, dia suka bekerja bersama sahabatnya, Sakuyo Mikage. Dia pun menyukai kakak Sakuyo yang bernama Mohiro. Diam-diam, dia ingin mendekati Mohiro hingga kehidupan damai tersebut telah menghilang dari dirinya suatu hari.

Suatu hari, Saki diberitahu oleh Kokoro-chan bahwa ibunya pernah menjadi Gadis Ajaib yang memburu iblis. Setelah itu, dia ditawari untuk mengisi peran yang sama dengan ibunya. Awalnya, dia enggan, tetapi dia berubah pikiran setelah mengetahui bahwa Mahiro, sosok yang disukainya, menjadi incaran iblis.

Jika dilihat, Mahou Shoujo Ore memiliki premis yang berbeda dari Zombieland Saga yang berfokus pada perkembangan grup idola. Namun, anime ini juga menyoroti karakter utama yang harus menghadapi kehidupan baru dengan tantangan hidup yang ada disertai humor, sama seperti Zombieland Saga.

3. Love Live! School Idol Project (2013)

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland SagaSalah satu cuplikan anime Love Live! School Idol Project (dok. Bandai Visual/Love Live! School Idol Project)

Honoka Kousaka merupakan salah satu siswa kelas dua di SMA Otonokizaka, sekolah yang terancam ditutup akibat popularitas menurun. Sebagai upaya penyelamatan, dia membentuk grup idola sekolah dengan Kotori Minami dan Umi Sonoda. Meskipun begitu, jalan yang dia tempuh tidak mudah seperti yang dia bayangkan.

Love Live! School Idol Project tidak memperlihatkan karakter zombi, sebagaimana Zombieland Saga. Namun, anime ini memiliki karakter yang berusaha untuk menyelamatkan sesuatu dengan menjadi idola, begitu pun Zombieland Saga. Kedua anime ini memperlihatkan frustasi yang menyertai kegagalan dan pantang menyerah guna mencapai tujuan.

Baca Juga: 5 Karakter Anime Ini Memiliki Tata Krama yang Baik, Mustahil Dibenci

4. Kore wa Zombie desu ka? (2011)

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland SagaSalah satu cuplikan anime Kore wa Zombie desu ka? (dok. Kadokawa Shoten/Kore wa Zombie desu ka?)

Suatu hari, Ayumu Aikawa yang terbunuh beberapa waktu silam dihidupkan kembali oleh seorang ahli nujum bernama Eucliwood Hellscythe. Akibatnya, dia memiliki kekuatan baru. Setelah memiliki kekuatan, dia mulai mencari sosok yang telah membunuhnya. Namun, dia malah bertemu gadis bernama Haruna di sebuah kuburan.

Saat ingatannya hendak dihapus paksa oleh Haruna, Ayumu menyerap kekuatan Haruna tanpa dia sadari. Maka dari itu, dia harus memikul tanggung jawab Haruna untuk berburu makhluk bernama Megalo. Dia tidak memiliki pilihan lain sebab kekuatan Haruna telah berpindah ke tubuh zombinya.

Jika dilihat dari premis, Kore wa Zombie desu ka? memang memiliki kesamaan dengan Zombieland Saga. Kedua anime ini mendapuk makhluk zombi sebagai karakter. Tidak hanya itu saja, karakter dari kedua anime ini bereinkarnasi hanya untuk direkrut oleh orang lain, lalu menyelesaikan sebuah misi.

5. Angel Beats! (2010)

5 Anime untuk Mengobati Rindu terhadap Zombieland SagaSalah satu cuplikan anime Angel Beats! (dok. Aniples/Angel beats!)

Setelah malapetaka yang membuat Yuzuru Otonashi tewas berlalu, dia terdampar di tempat berbentuk sekolah yang terletak di antara dunia dan akhirat. Dia bertemu dengan Yuri, pemimpin Afterlife Battlefront yang mencoba meyakinkannya agar bergabung untuk mengangkat senjata demi melawan Tenshi.

Meskipun bergabung dengan Afterlife Battlefront, Yuzuru merasa tertarik pada Tenshi. Dia ragu dengan perkataan semua orang yang mengatakan bahwa Tenshi ialah penjahat. Entah bagaimana, dia mulai berteman dengan Tenshi hingga dia mendapatkan ingatan tentang dia yang masih hidup.

Angel Beats! memperlihatkan karakter utama yang mengalami amnesia, begitu pun karakter Zombieland Saga. Di tengah krisis identitas, masing-masing karakter dari kedua anime harus menghadapi kehidupan baru sambil berusaha untuk mengulik masa lalu trgasi yang mereka lupakan. Namun, mereka berhasil terlepas dari rasa sakit setelah mengikhlaskan tragedi masa lalu yang telah menjadi takdir mereka.

Zombieland Saga merupakan salah satu anime musik produksi MAPPA yang baru-baru ini gempar di kalangan penggemar sebab totalitas yang diberikan untuk adaptasi Chainsaw Man. Anime ini tayang pada Musim Gugur 2018 dengan musim kedua berjudul Zombieland Saga: Revenge yang rilis pada Musim Semi 2021 lalu. Nah, jika kamu rindu anime ini, kamu bisa melihat lima anime di atas, kok!

Baca Juga: 5 Pertarungan Penutup Paling Epik yang Pernah Ada dalam Anime

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

limited.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya