Comscore Tracker

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui Sains

Seolah menjadi jawaban ketika manusia kian menguasai sains

Sains atau ilmu adalah pengetahuan sistematis tentang alam, dunia fisik, dan seisinya. Sains kerap diperoleh dari observasi, uji coba, ataupun penelitian yang mengarah pada penentuan sifat dasar. Selama ini, sains juga telah menjadi salah satu faktor penting dari perkembangan peradaban manusia dan makhluk hidup lain.

Tidak jarang pula, pemanfaatan sains diperlihatkan dalam dunia fiksi, termasuk anime. Sebagaimana penciptaan robot, sains juga mampu menjadi suatu pedoman dari pengembangan tubuh buatan sebagai pengganti tubuh asli. Sebagai contoh, lima karakter anime di bawah ini diciptakan atau bahkan diubah karena keberadaan sains.

1. Kurogiri (Boku no Hero Academia) 

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui SainsKurogiri (dok. Bones/Boku no Hero Academia)

Keberadaan Kurogiri menjadi salah satu penderitaan terbesar dalam seri Boku no Hero Academia dibandingkan orang lain. Meskipun lahir sebagai pahlawan, dia diubah menjadi Nomu oleh All for One. Akibatnya, dia tidak lagi memiliki wujud manusia. Lebih buruk lagi, tidak ada seorang pun yang bisa menyelamatkannya agar terbebas dari wujud buruk yang harus dia terima.

Suatu ketika, Kurogiri dinyatakan sebagai Oboro Shirakumo, sosok teman dekat dari Present Mic dan Eraser Head. Dia menjadi bukti bagaimana sains seorang dokter bernama Kyudai Garaki memfitnah tubuh dan jiwa seseorang hingga masuk ke dalam lereng yang dipenuhi kegelapan. Mau tidak mau, dia harus menerima takdir sebagai wadah sains yang disalahgunakan melalui eksperimen.

2. Yui (Sword Art Online) 

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui SainsYui (dok. A-1 Pictures/Sword Art Online)

Yui adalah entitas Al canggih yang didesain oleh pembuat gim Sword Art Online bernama Akihiko Kayaba. Sebagai progam lanjutan, dia memiliki perasaan dan identitas sendiri layaknya seorang manusia. Tidak lama setelah itu, dia bertemu dengan pemain Kirito dan Asuna. Dia bersikap seolah-olah dua pemain itu adalah orang tua angkatnya.

Usai mendapat kesetiaan dari Yui, Kirito dan Asuna mampu mengakses gim Sword Art Online jauh lebih mudah daripada pemain lain. Mereka juga mulai menyayangi dan menganggap Yui selayaknya sosok keluarga sendiri setelah melalui perjalanan yang dipenuhi dengan banyak rintangan dalam gim. Tidak hanya itu saja, mereka pun ditemani oleh Yui ketika berada dalam gim Alfheim Online.

Baca Juga: 5 Karakter Anime Mampu Menjiplak atau Mencuri Kemampuan Karakter Lain

3. Kabuto Yakushi (Naruto) 

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui SainsKabuto Yakushi (dok. Pierrot/Naruto)

Kabuto Yakushi telah bergabung dengan Orochimaru sejak lama sehingga dia pun mengetahui kegunaan sains. Setelah kematian Orochimaru, dia mencoba untuk bereksperimen menggunakan sains. Dia mulai memodifikasi tubuhnya melalui banyak cara, seperti memasukkan DNA Orochimaru dan lima ninja lain, Jirobo, Tayuya, Kidomaru, Sakon, dan Kimimaro, ke dalam tubuhnya.

Seakan belum cukup meski sudah mendapatkan tiap jurus milik Orochimaru dan lima orang lain, Kabuto masih melakukan eksperimen kepada tubuhnya. Dia ingin menyempurnakan wujud ularnya sehingga dia mempelajari Sage Mode di Ryuuchi. Dia juga telah memasukkan tiga penelitian terbaik Orochimaru ke dalam tubuhnya, yakni Jugo yang bisa menyerap alam, Karin dengan efek penyembuhan, dan Suigetsu yang tidak bisa berbentuk.

4. Mad Pierrot (Cowboy Bebop) 

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui SainsMad Pierrot (dok. Sunrise/Cowboy Bebop)

Mad Pierrot telah dianggap sebagai penjahat terkuat dalam seri klasik Cowboy Bebop. Sebelum menjadi penjahat, dia ditangkap untuk digunakan sebagai uji coba oleh sekelompok ilmuwan. Akibatnya, tubuhnya membesar melebihi batas pemahaman fana, tetapi nasib akal sehatnya menjadi buruk seakan dia ialah seorang bayi yang baru lahir.

Setelah membunuh para penculik dan melarikan diri, Pierrot berjalan di tengah malam untuk mencari mangsa baru. Pada saat inilah, dia memiliki prinsip bahwa dia akan membunuh siapa pun yang melintas di sekitar jalannya. Maka dari itu, dia lebih dikenal sebagai legenda urban daripada buronan definitif. Dia pun menjadi lawan pertama yang bisa membuat Spike Spiegel kabur.

5. The Major (Hellsing) 

Bak Potret Masa Depan, Penciptaan 5 Karakter Anime Ini Melalui SainsThe Major (dok. Gonzo/Hellsing)

Pada saat Perang Dunia ke-2 berlangsung, The Major sekarat di antara mayat-mayat yang bergeletakan. Dia dibiarkan begitu saja oleh tentara Soviet hingga ada suara gelap yang menyuruhnya untuk meminum darah. Namun, dia menolak untuk membuang rasa kemanusiaan meski dia berada di ambang kematian. Di saat inilah, dia diambil alih oleh sosok dokter. Dia diselamatkan, tetapi dia diubah menjadi cybrog.

Segera setelah itu, The Major berhasil melarikan diri ke Amerika Selatan tanpa cedera apa pun untuk melanjutkan penelitian bersama rekannya. Dia tidak lagi sama sebab dia telah menjadi cybrog, sosok dengan tambahan bagian mekanis yang terlihat. Dia memang bisa menutupi tubuhnya dengan pakaian, tetapi fakta bahwa dia telah menjadi cybrog, tidak bisa dibantahkan.

Lima karakter anime di atas telah merasakan sains yang bekerja dalam tubuh masing-masing. Sebagian dari mereka memang memilih jalan tersebut karena itulah yang mereka inginkan. Namun, sebagian yang lain terpaksa harus menanggung dampak sains yang bisa mengubah diri mereka usai dijadikan sebagai objek eksperimen gila. Terlepas dari kenyataan itu, apakah ada karakter kesukaanmu di antara mereka?

Baca Juga: Bak Malaikat, 5 Karakter Anime Kelewat Baik, Istri Hokage Berhati Emas

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

limited.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya