Comscore Tracker

6 Rekomendasi Anime Romcom seperti Kawaii dake ja Nai Shikimori-san

Cocok buat kamu yang belum move on dari anime Shikimori! 

Kawaii dake ja Nai Shikimori-san atau yang lebih dikenal dengan Shikimori's Not Just a Cutie merupakan anime musim semi 2022 yang mengangkat genre romansa dan komedi. Anime ini menceritakan tentang kehidupan sepasang kekasih, yakni Shikimori dan Yuu Izumi, yang tengah berkencan untuk menikmati masa sekolah. Tidak seperti kebanyakan anime yang mengambil latar cerita tentang lika-liku dua orang hingga berhasil menjadi sepasang kekasih. 

Kawaii dake ja Nai Shikimori-san mengusung konflik ringan dalam hubungan mereka. Konflik tersebut bukanlah pertengkaran kecil akibat kesalah pahaman maupun perbedaan pendapat, melainkan ketidak beruntungan yang kerap melekat pada Izumi. Oleh sebab itu, kekasih Shikimori hampir tidak bisa menghindari malapetaka ke mana pun dia pergi. Di situlah, Shikimori selalu datang untuk menyelamatkannya. Meskipun dengan ekspresi dingin, jantung Izumi tetap berdebar tidak karuan.

Kisah kasih di sekolah memang tidak pernah habis jika menjadi topik untuk dibahas. Tiap-tiap perlakuan maupun adegan selalu bisa membuat dada berdesir. Maka dari itu, tidak jarang beberapa orang memilih untuk melihat anime seperti ini sebab bisa menghangatkan hati. Apakah kamu salah satunya? Selain Kawaii dake ja Nai Shikimori-san, kamu bisa menonton 6 anime yang tidak jauh berbeda di bawah ini!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romcom Julia Roberts, Terbaru Ticket to Paradise!

1. Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru (2022)

https://www.youtube.com/embed/qJ8GyiSJ1KU

Sama seperti Kawaii dake ja Nai Shikimori-san, Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru juga mengangkat genre romansa dan komedi. Kisah anime ini berpusat pada dua orang asing hingga perlahan-perlahan terjalin hubungan dekat di antara mereka. Selain percintaan di sekolah menengah atas, latar belakang yang digunakan dalam anime ini ialah bidang cosplay dan jahit-menjahit.

Sono Bisque Doll wa Koi wo Suru menceritakan tentang Wakan Gojou yang ingin mengikuti profesi kakeknya, yakni membuat boneka Hina. Saat ada waktu luang sepulang sekolah, dia memanfaatkannya untuk belajar menyempurnakan keterampilan melukis dan menjahit. Hingga suatu hari, Marin Kitagawa yang merupakan seorang cosplayer amatir datang, lalu meminta bantuan kepadanya untuk membuatkan pakaian.

Gojou yang pemalu dan Marin yang ceria sedikit memudahkan untuk menjalin hubungan di antara keduanya sebab sifat mereka yang kontras. Semakin banyak hari yang mereka habiskan bersama, semakin dekat pula hubungan mereka. Sama seperti Kawaii dake ja Nai Shikimori-san, sifat kontras yang dimiliki sepasang orang tersebut membuat hubungan mereka semakin dekat.

2. Komi-san wa Comyushou desu (2021)

https://www.youtube.com/embed/uL8pgZ4vsfY

Komi-san wa Comyushou desu merupakan salah satu anime yang mengangkat genre romansa dan komedi dengan perpaduan animasi yang indah. Nama lain anime ini ialah Komi Can't Communicate. Seperti judulnya, anime ini menceritakan tentang keseharian seseorang bernama Komi yang tidak memiliki keterampilan sosial. Tidak heran jika dia selalu menghabiskan waktu sendirian di sekolah. Dengan kata lain, dia tidak pandai dalam berteman.

Suatu hari, Komi mendapatkan teman pertamanya, yakni Hitohito Tadani. Dengan bantuan satu-satunya teman yang dimiliki, dia hendak melakukan sebuah misi yang belum pernah dilakukan selama hidupnya. Misi tersebut ialah mendapatkan seratus teman. Perjalanan misi tersebut dipenuhi dengan komedi-komedi ringan yang meramaikan hubungan romantis di antara mereka. Sama seperti Kawaii dake ja Nai Shikimori-san, berbagai kekonyolan ataupun momen emosional yang terjadi selama perjalanan misi tersebut membuat mereka semakin dekat.

Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup KDrama Jinxed at First, Bukan Drama Romcom Biasa

3. Hori-san to Miyamura-kun (2021) 

https://www.youtube.com/embed/nSyiXO2wTow

Hori-san to Miyamura-kun atau yang lebih dikenal dengan Horimiya menceritakan tentang perjalanan kisah romansa yang terjalin antara Izumi Miyamura dan Kyouko Hori. Di sekolah, mereka berada di kelas yang sama, tetapi mereka hampir tidak pernah berbincang. Hingga suatu hari, peristiwa tidak terduga membuat mereka dekat.

Saat berada di sekolah, Hori memiliki kepribadian ceria dan selalu ramah, sedangkan Miyamura memilih untuk menyendiri. Namun, kepribadian mereka berubah saat berada di luar sekolah: Hori yang tidak memiliki waktu bersosialisasi akibat pekerjaan rumah serta Miyamura yang berpenampilan seperti anak nakal, tetapi dia sebenarnya baik.

Dari situlah, perjalanan kisah romansa di antara keduanya perlahan tumbuh. Hori merasa bahwa dia tidak ingin orang lain mengetahui sosok asli Miyamura, begitu pun sebaliknya. Kepribadian Hori dan Miyamura persis seperti Shikimori dan Izumi, yakni tokoh utama laki-laki memiliki sikap lemah lembut.

4. Tonikaku Kawaii (2020) 

https://www.youtube.com/embed/GsqgtO0vgmY

Tonikaku Kawaii atau yang lebih dikenal dengan Tonikawa merupakan anime romansa yang dipadukan dengan sedikit unsur supernatural. Anime ini mengangkat kisah tentang janji suci dalam pernikahan antara dua orang asing. Tokoh utama dalam anime ini ialah Nasa Yuzaki dan seorang gadis yang berhasil menyelamatkan nyawanya.

Malapetaka tersebut terjadi ketika Nasa berjalan pulang pada suatu malam bersalju. Di tengah perjalanan, keindahan yang ada di seberang jalan memikat kedua matanya sehingga dia melangkahkan kaki untuk mendekatinya. Namun, dia tidak sadar bahwa ada sebuah truk yang melaju kencang ke arahnya. Seorang gadis asing yang melihat kejadian tersebut langsung melakukan tindakan cepat untuk menyelamatkannya.

Nyawa Nasa pun berhasil diselamatkan meski ada beberapa luka di tubuhnya. Saat dia terbaring di ambulans, dia melihat gadis yang telah menolongnya berjalan pergi di bawah sinar rembulan. Tidak mau berakhir di situ, dia memaksakan diri untuk mengejarnya, lalu mengajak gadis tersebut berkencan. Ajakannya pun diterima, tetapi ada satu syarat: menikah.

5. Momokuri (2016) 

https://www.youtube.com/embed/c22Mih3FzQI

Momokuri menceritakan tentang Yuki Kurihara yang telah memendam perasaan pada Shinya Momotsuki selama kurang lebih setahun. Pada tahun kedua sekolah menengah, dia memberanikan diri mengajak Momo berkencan. Ajakan tersebut pun diterima. Selama menjadi sepasang kekasih, dia selalu memotret pacarnya secara diam-diam dan mengamati kehidupannya.

Benih-benih romansa mulai berkembang di antara Yuki dan Momo. Ketertarikan Yuki yang gemar mengabadikan setiap momen pacar barunya hampir mirip dengan ketertarikan Shikimori yang selalu siap siaga untuk menolong kekasihnya, Izumi, ketika malapetaka datang. Perjalanan kisah cinta Yuki dan Momo pun dibumbui dengan komedi-komedi yang apik sehingga tidak membosankan.

6. Kaichou wa Maid-sama (2010) 

https://www.youtube.com/embed/dnRuF2P-wUY

Kaichou wa Maid-sama menceritakan tentang Misaki Ayuzawa, seorang gadis yang terlahir dari keluarga sederhana. Dia menjabat sebagai ketua OSIS di sekolah yang dipenuhi dengan murid laki-laki yang terkenal sebagai berandalan. Oleh sebab itu, dia ingin mengubah sekolahnya agar banyak calon murid perempuan yang mendaftar di sana.

Selain menjabat sebagai ketua OSIS, Misaki ialah seorang maid yang bekerja di sebuah kafe kecil bernama Maid Latte. Sebagai seorang maid, dia berperilaku ramah kepada pelanggan, berbanding terbalik dengan sosoknya ketika berada di sekolah. Suatu hari, dia bertemu dengan Usui Takumi, cowok populer di sekolahnya. Dia pun takut jika rahasianya terbongkar.

Dari situlah, sebuah kisah perjalanan yang sedikit demi sedikit memupuk romansa agar kian tumbuh di antara keduanya. Lika-liku perihal cerita kasih mereka tidaklah monoton sebab dibumbui komedi-komedi yang bisa menghangatkan hati. Sama seperti Kawaii dake ja Nai Shikimori-san, hubungan romansa ini terjalin di antara dua orang yang memiliki kepribadian sangat kontras.

Itulah 6 rekomendasi anime yang bisa kamu tonton jika kamu belum bisa move on dari kisah kasih yang terjalin antara Shikimori dan Izumi. Apakah ada salah satu anime di atas yang sudah kamu tonton? Kalau belum ada, buruan tonton, deh!

Baca Juga: 9 Cuplikan CDrama Love in a Loop, Genre Romcom Fantasi

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

an ailurophile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya