Comscore Tracker

5 Anime Sports yang Justru Beri Ketenangan dan Gak Berisik

Gak ada karakter yang teriak-teriak

Kamu yang suka nonton anime sports sadar gak, kalau beberapa karakternya ceria suka teriak-teriak? Tapi justru keceriaan mereka itu untuk mendukung tim mereka. Jadinya tim bisa merasa bersemangat ketika bertanding.

Tapi ada beberapa anime sports yang justru menenangkan, lho. Entah itu karena karakternya maupun tipe olahraganya yang tenang. Berikut anime sports yang justru malah menenangkan dan gak berisik.

1. Chihayafuru

https://www.youtube.com/embed/Y8U-E8hldHk

Chihayafuru menghadirkan olahraga karuta atau permainan kartu Jepang. Pertandingan karuta ini sangat tenang bahkan penonton dituntut untuk diam agar pemain dapat mendengar puisi yang diucapkan di kartunya.

Cerita berfokus pada Ayase Chihaya yang bermimpi menjadi Queen, gelar pemenang karuta untuk perempuan. Namun, langkahnya gak mudah karena dia harus melawan pemain karuta lain yang lebih jago darinya.

2. Yuri on Ice

https://www.youtube.com/embed/7av_KkjVolo

Anime yang bertemakan ice skating ini akan memperlihatkan keindahan para atlet di permukaan es. Suara gesekan sepatu skating dengan es bakal terdengar satisfying saat kamu menontonnya.

Yuri On Ice menceritakan Yuri Katsuki, seorang skater yang memilih rehat setelah kalah telak di ajang Grand Prix Final dan kompetisi lainnya. Di saat rehat itulah, Yuri meniru koreografi idola skaternya asal Rusia, Viktor Nikiforov.

Siapa yang sangka kalau video skating-nya menjadi viral di internet. Viktor yang juga melihat video itupun memilih pensiun dan menjadi pelatih Yuri agar bisa menang di ajang Grand Prix.

Baca Juga: 8 Anime Sports yang Pernah Tayang di TV Lokal, Selalu Bikin Kangen

3. Tsurune

https://www.youtube.com/embed/-JGM8dAgsGY

Tsurune menampilkan olahraga panah dari Jepang yang disebut kyudo. Berbeda dari olahraga panah dari negara lain, kyudo mempunyai aturan sendiri yang menekankan sisi keindahan. Olahraga ini juga tenang karena penonton gak boleh berisik agar gak mengganggu konsentrasi pemain.

Cerita berfokus pada Minato Narumiya yang menyukai suara tsuru (tali busur panah) saat dilepaskan. Dia bahkan menjadi ace di klub panah SMP-nya. Namun, karena serangan panik yang dialaminya membuat klub itu mengalami kekalahan.

Itu sebabnya Minato jadi was-was ketika diajak bergabung ke klub panah saat SMA. Dia takut akan mengacaukan timnya lagi. Tapi, kehadiran rekan-rekan klubnya justru membuat serangan panik Minato jadi menurun.

4. Free

https://www.youtube.com/embed/tTRUFbOiwME

Seperti judulnya Free yang artinya bebas. Anime ini menampilkan kebebasan dalam renang yang dirasakan oleh karakter-karakternya. Terutama Haruka Nanase yang sangat suka dengan renang gaya bebas.

Cerita bermula dengan perseteruan antara Haruka dengan Rin Matsuoka. Mereka dulunya berada di satu klub renang yang sama hingga akhirnya Rin memutuskan pindah dan menjadi atlet olimpiade.

Haruka dan Rin kembali bertemu saat SMA. Pertemuan itu justru membangkitkan naluri Haruka untuk membentuk klub renang agar bisa bertanding dengan Rin. Bersama teman satu klub renangnya dulu, Makoto Tachibana dan Nagisa Hazuki. Dimulailah perjalanan mereka membentuk klub renang.

5. Sangatsu no Lion

https://www.youtube.com/embed/ZL5nnx4vd7k

Sangatsu no Lion menghadirkan olahraga shogi atau catur dari Jepang. Permainan shogi memang butuh ketenangan. Salah satu langkah saja bisa mengacaukan alur permainan. Jadi tentunya bakal tenang banget karena pemainnya sibuk mikir.

Anime yang bergenre sports slice of life ini menceritakan kehidupan Rei Kiriyama sebagai pemain shogi termuda. Walaupun terlihat tenang, Rei sebenarnya masih belum dewasa secara emosional. Makanya dia punya banyak masalah, seperti hubungan gak harmonis dengan orang tuanya.

Sampai akhirnya pertemuan dengan tiga kakak beradik yang sangat baik padanya. Tiga kakak beradik yang terdiri Akari, Hinata, dan Momo ini pada akhirnya akan mengubah kehidupan Rei.

Gak semua anime sports harus teriak-teriak terus. Contohnya anime sports di atas justru malah menenangkan. Cocok banget buat kamu yang mau nonton anime sports ringan.

Baca Juga: 5 Anime Bertema Psikologi, Belajar Psikologi dari Anime!

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

“If you're overthinking, write. If you're underthinking, read.” – Mike Crittenden.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya