Comscore Tracker

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho 

Cinta beda dunia yang sulit ditebak endingnya #WaktunyaKorea

Drama Korea memang gak ada habis-habisnya menghadirkan cerita yang fresh dan unik, makanya jangan heran kalo drama Korea banyak peminatnya. Salah satu cerita unik yang diadaptasi oleh drama Korea adalah kisah mitologi yang beredar di masyarakat.

Cerita yang paling terkenal salah satunya adalah kisah gumiho. Gumiho adalah makhluk mitos di Korea yang merupakan seekor rubah berekor sembilan. Ada kalanya gumiho ini dapat berubah wujud menjadi manusia.

Dari cerita tersebut lalu kemudian dikembangkan lagi nih jadi kisah menarik yang bisa dinikmati dalam bentuk drama Korea. Nah, plot paling sering adalah tentang kisah cinta manusia dengan gumiho. Terus drama apa aja sih? Simak aja yuk!

1. Forbidden Love : Nine Tailed Fox (2004)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Poster Forbidden Love : Nine Tailed Fox (dok. KBS2)

Walaupun terbilang lawas, drama Forbidden Love ini punya cerita yang menarik lho apalagi drama ini dibintangi oleh Kim Tae Hee, Jo Hyun Jae, dan Jun Jin (SHINHWA).

Forbidden Love menceritakan Shi Yeon (Kim Tae Hee) yang memiliki dua personality berbeda. Pada siang hari dia merupakan seorang pegawai yang bekerja di museum sejarah, sedangkan malam hari dia sebagai pejuang klan rubah. Dia sengaja menyamar di dunia manusia untuk menjaga keseimbangan antara gumiho dan manusia.

Suatu hari klan rubah diporak-porandakan oleh kasus pembunuhan berantai yang dimana pelaku mengambil organ tubuh korban. Detektif Minwoo lalu menyelidiki dengan menyamar dan menyusup ke circle penyelundupan organ tubuh tersebut. Saat itulah dia bertemu dengan Shi Yeon.

2. Grudge : The Revolt Of Gumiho (2010)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Poster Grugde : The Revolt of Gumiho (dok. KBS)

Drama lawas lainnya nih yang layak ditonton. Bagi kamu yang mengidolakan Kim Yoo Jung dan Lee Tae Ri wajib nonton karena ada mereka lho!

Bercerita tentang Go San Deuk (Han Da Gam) yang seorang gumiho pergi meninggalkan suaminya setelah suaminya mengingkar janji. San Deuk bersama putrinya, Yeon Yi (Kim Yoo Jung memilih ke tempat lingkungan manusia dan disanalah mereka bertemu dengan Yoon Do Soo (Jang Hyun Sung) bersama putrinya Cho Ok (Shin Seong Ae).

Awalnya mereka saling baik satu sama lain, hingga puncaknya Cho Ok cemburu dengan kedekatan Yeon Yi dan Jo Jung Kyu (Lee Tae Ri). Maka dimulailah kisah aksi saling balas dendam antara gumiho dan manusia.

3. My Girlfriend is a Gumiho (2010)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Poster My Girlfriend is Gumiho (dok. SBS)

Siapa sih yang gak tahu drama yang satu ini? Drama My Girlfriend is a Gumiho memang sangat melegenda pada zamannya bahkan hingga hari ini. Banyak juga yang mengaku di drama inilah mereka mulai jatuh cinta pada KDrama berkat akting Lee Seung Gi dan Shin Min Ah.

Jadi drama ini tentang gumiho (Shin Min Ah) yang terlepas dari kurungan lukisan di kuil buddha. Ini dilakukan tanpa sengaja oleh Chae Dae Woong (Lee Seung Gi) yang mendengar bisikan dari suara gumiho itu sendiri.

Sang gumiho pun meminta Dae Woong menyimpan kristal rubah selama 100 hari dengan imbalan gumiho memperbolehkan Dae Woong menggunakan kekuatan kristal rubah untuk berakting di film action. Siapa yang sangka hubungan saling memanfaatkan itu malah berubah jadi cinta.

Baca Juga: 11 Aktor dan Aktris Korea yang Pernah Jadi Gumiho, Ada Jang Ki Yong!

4. The Thousandth Man (2012)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Poster The Thousandth Man (dok. MBC)

Untuk menjadi manusia, Mijin (Kang Ye Won) harus memakan 1000 hati manusia dengan syarat manusia tersebut merupakan pria yang jatuh cinta padanya. Saat ini Mijin sudah memakan 999 hati dan butuh 1 lagi untuk mendapati dirinya sebagai manusia.

Suatu hari Mijin naik pesawat menuju Korea. Tiba-tiba pesawat mengalami turbulensi dan seseorang di samping Mijin terjatuh ke lantai. Dia adalah Eung Suk (Lee Chun Hee). Mijin yang melihat Eung Suk merasa kalau Eung Suk mirip dengan cinta masa lalunya yang saat itu rela mati demi dirinya. Awalnya dia tidak menghiraukan, tetapi tanpa sengaja dia kembali bertemu dengan Eung Suk. Kisah cinta pun dimulai.

5. Gu Family Book (2013)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Poster Gu Family Book (dok. MBC)

Dibintangi aktor dan aktris kesayangan netizen, yaitu Lee Seung Gi dan Bae Suzy. Gu Family Book jadi drama yang terkenal banget, nih.

Jadi ceritanya seseorang bernama Kang Chi (Lee Seung Gi) merupakan setengah gumiho dan manusia. Kisah tragis yang dialami oleh orang tuanya ketika bayi menjadikan dirinya diadopsi oleh keluarga kaya, yaitu Park Moo Sool (Eum Hyo Seop).

Dikelilingi oleh lingkungan manusia tidak membuat Kang Chi sadar akan jati dirinya yang asli. Sampai dia mengetahui ada kekuatan besar dibalik gelang yang dia pakai. walaupun begitu dia bertemu dengan Dam Yeo Wool (Suzy) dan jatuh cinta padanya.

6. Tale of The Nine Tailed (2020)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Still Cut Tale of The Nine Tailed (dok. tvN)

Comeback-nya Lee Dong Wook dan Jo Bo Ah nih. Bercerita tentang Lee Yeon (Lee Dong Wook) merupakan gumiho penunggu gunung. Dia rela meninggalkan posisinya demi mencari reinkarnasi orang tercintanya Ah Eum (Jo Bo Ah).

Hingga akhirnya 1600 tahun kemudian Lee Yeon bertemu dengan Nam Ji Ah (Jo Bo Ah). Ji Ah merupakan produser TV yang mukanya mirip banget sama orang tercintanya dulu. Tapi Lee Yeon merasa itu bukan reinkarnasinya.

Walaupun begitu, Lee Yeon selalu memperhatikan Ji Ah sejak kecil dan selalu menolongnya. Berawal dari perhatian sekadar simpati membuat mereka berakhir saling jatuh cinta.

7. My Roommate is a Gumiho (2021)

Cinta Beda Makhluk, 7 KDrama tentang Kisah Cinta Manusia dan Gumiho Still Cut My Roommate is a Gumiho (dok.tvN)

Drama yang baru tayang ini punya pasangan yang haram buat berlayar di real life lho. Ini karena drama My Roommate is a Gumiho merupakan comeback drama dari Hyeri dan jang Ki Young. Yup, Hyeri udah punya pacar lho.

Tapi ceritanya gak kalah seru dengan yang lain kok. Jadi Shin Woo Yeo (Jang Ki Young) merupakan gumiho yang sudah hidup selama 999 tahun. Dia punya keinginan menjadi manusia dan harus mengumpulkan energi manusia dalam satu mutiara agar keinginannya terwujud.

Namun, sebuah insiden terjadi ketika Lee Dam (Hyeri) gak sengaja menelan mutiara Shin Woo Yeo. Ini membuat kondisi Woo Yeo semakin sulit karena mutiara itu hanya bisa bertahan selama satu tahun di tubuh manusia.

Agar usahanya tak sia-sia, Woo Yeo dan Lee Dam harus hidup berdampingan yang pada akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta.

Kisah cinta dengan makhluk fantasi memang bikin penasaran ceritanya, apalagi kita tahu kalau cinta beda dunia itu sulit dipersatukan. Kita jadi menebak-nebak apakah sad ending atau happy ending. Dari drama di atas ada yang sudah kamu tonton belum?

Baca Juga: Mengenal Gumiho, Siluman Rubah yang Banyak Diadaptasi KDrama

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

Korean dramas addict

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya