Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Animasi Indonesia untuk Menemani Waktu Liburanmu

Filmnya seru semua! #IDNTimesHype

Film animasi telah menjadi salah satu tayangan yang begitu banyak diminati, khususnya bagi anak-anak. Tak jarang juga dari kalangan remaja hingga dewasa menyukai dan menonton film yang satu ini. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang mampu memproduksi film-film yang seru dan menghibur. Salah satunya film animasi yang tentunya memiliki kualitas gambar, animasi gerak dan alur cerita yang tak kalah menarik dari film animasi lainnya.

Kali ini penulis merekomendasikan lima film animasi dari Indonesia yang mungkin bisa menemanimu selama liburan di rumah saja. Yuk, nonton!

1. Meraih Mimpi (2009)

https://www.youtube.com/embed/l-6NOrhdxks

Film animasi karya anak bangsa pertama yang berjudul Meraih Mimpi ini bercerita tentang seorang gadis bernama Dana yang tinggal di desa kecil, Batam. 

Suatu ketika, desa tersebut dikuasai oleh orang jahat dan kejam. Namun, para penduduk desa tak menyadari akan hal itu. Sampai suatu saat, Dana berencana untuk mengusir orang jahat tersebut karena ia ingin membangun sebuah kota dan perhotelan seperti layaknya Las Vegas.

Dana tak sendirian, ia bersama dengan adiknya terjun untuk berjuang menyelamatkan desa mereka. Tak hanya itu, dalam perjuangannya Dana pun dibantu oleh banyak binatang hutan yang dapat berbicara.

2. Battle of Surabaya (2015)

https://www.youtube.com/embed/nKpH1z4NewI

Indonesia harus bangga karena film animasi karya Aryanto Yuniawan ini berhasil mendapatkan beberapa penghargaan Internasional. Salah satunya adalah Most People's Choice Award pada ajang International Movie Trailer Festival 2013.

Battle of Surabaya (2015) bercerita tentang petualangan seorang remaja tukang semir sepatu bernama Musa yang berjuang dalam pertempuran melawan penjajahan Jepang. Namun, dalam perjuangannya ia rela kehilangan orang-orang terdekatnya demi menjalani tugas mulia yang ia jalani.

Film ini dibintangi aktor aktris terkenal sebagai pengisi suaranya seperti Reza Rahadian, Keagan Kang, Maudy Ayunda dan Joe Murray. Di sisi lain, film ini akan menambah wawasan sejarahmu. 

3. Knight Kris (2017)

https://www.youtube.com/embed/LeOd5mrSsTA

Film animasi selanjutnya yang tak kalah seru adalah Knight Kris yang diadaptasi dari dunia perwayangan. Bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Bayu yang menemukan sebuah kris yang menancap di dalam sebuah candi kuno.

Karena rasa penasaran, Bayu lalu mencabut kris tersebut. Tak lama kemudian, Bayu menjadi anak yang memperoleh kesaktian dan mempunyai kekuatan super. Di sisi lain, kris itu merupakan segel untuk raksasa yang jahat dan kejam bernama Asura.

Atas kejadian tersebut, Asura yang sudah lama terkurung selama ribuan tahun, kini bangkit kembali dan menebarkan teror menakutkan ke seluruh umat manusia. Tak sendirian, Bayu ditemani Rani, sepupunya dan seekor kera segera menghadapi Asura.

Baca Juga: 7 Film Animasi Keluarga Terbaru 2021 yang Siap Isi Akhir Pekan

4. Si Juki The Movie: Panitia Hari Akhir (2017)

https://www.youtube.com/embed/l0R7hzZTq3E

Film animasi yang satu ini ternyata berawal dari sebuah komik yang sukses di pasaran, lho. Bercerita tentang Si Juki, seorang selebriti yang tengah berada di puncak ketenaran. Ia memiliki kepribadian yang lucu, polos dan berani untuk berbeda sehingga dicintai banyak orang.

Suatu ketika, ia melakukan sebuah kesalahan besar yang membuat masyarakat tak suka dan menganggapnya musuh. Di saat yang bersamaan, sebuah meteor jatuh mengancam semua masyarakat di Indonesia. Hal tersebut, membuat seorang ilmuan berbakat bernama Erin meminta bantuan Si Juki untuk menghentikan meteor tersebut.

Meski sempat mengalami banyak masalah dalam menjalankan misi, namun mereka mampu bangkit dan mencoba kembali dengan cara mereka sendiri untuk menghentikan meteor.

5. Titus: Mystery of The Enygma (2020)

https://www.youtube.com/embed/A4YsV0yB02Y

Film animasi terbaru karya sutradara Dineshkumar Subashchandra ini tayang pada 9 Januari 2020 lalu dan diproduksi oleh MNC Animation.

Titus: Mystery of The Enygma (2020) bercerita tentang perjalanan Titus, seorang detektif pencinta misteri dan teka-teki yang tinggal di Kota Steamburg. Selama menjalani pekerjaanya sebagai detektif, ia ditemani dengan kelinci pesulap bernama Bobit dan kadal cantik bernama Fyra yang juga gemar berpetualang.

Mereka tengah menjalani misi untuk memecahkan misteri Enygma dan membongkar kejahatan di Kota Steamburg. Dalang dari kejahatan tersebut adalah Bulpan, seorang pencopet yang menjadi penjahat besar yang sangat ditakuti. Akankah Titus dan teman-temannya mampu menumpas kejahatan di Kota Steamburg?

Lima rekomendasi film animasi dari Indonesia di atas wajib kamu tonton. Dari daftar di atas, film animasi mana yang akan kamu tonton terlebih dahulu?

Baca Juga: Dijamin Ngakak, 5 Rekomendasi Kanal YouTube Animasi dari Indonesia! 

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya