Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Terbaik tentang Feminisme, Menggugah Hati!

#IDNTimesHype Filmnya mengajarkan banyak hal

Perempuan memiliki hak untuk mendapatkan dan memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri atau orang lain. Gak boleh dianggap remeh, perempuan bisa kuat dan menjadi apa yang diinginkan.

Hal tersebut kerap diangkat dalam industri perfilman, lho. Cukup banyak film yang menghadirkan kisah menarik dan inspiratif dari seorang perempuan. Salah satunya film tentang feminisme yang dapat mengajarkan kita banyak hal, khususnya kesetaraan gender.

Buat kamu yang tertarik untuk memahami tentang feminisme, cobalah menonton beberapa film berikut ini. Catat dan jangan sampai kelewatan!

1. Erin Brockovich (2000)

https://www.youtube.com/embed/BGX4nMrnxg0

Film karya sutradara Steven Soderbergh ini diangkat dari kisah nyata. Menceritakan tentang perjuangan seorang ibu bernama Erin Brockovich (Julia Roberts) yang harus menghidupi ketiga anaknya seorang diri.

Erin bekerja sebagai asisten hukum yang berjuang untuk menjatuhkan perusahaan pelaku  pencemaran lingkungan di California, Amerika Serikat. Meski usahanya sempat mengalami banyak hambatan, kisah Erin mampu memberikan nilai inspiratif yang dalam.

2. The Hunting Ground (2015) 

https://www.youtube.com/embed/jAcO6byawpo

The Hunting Ground adalah salah satu film dokumenter yang mengangkat tema kekerasan seksual di berbagai kampus di Amerika Serikat. Film karya sutradara Kirby Dick ini memperlihatkan pembelaan korban atas kasus yang dialami.

Selain itu, kamu bisa melihat kesaksian para korban yang begitu emosional. Siapkan mental, karena film ini bisa mengundang amarah dan air mata.

3. Suffragette (2015)

https://www.youtube.com/embed/3HdQ0iVrl2Y

Film selanjutnya tentang feminisme yang bisa kamu pilih adalah Suffragette. Film yang tayang pada 2015 ini berkisah tentang perjuangan kaum perempuan untuk mendapatkan kesetaraan sosial.

Disutradarai oleh Sarah Gavron, film ini mengambil latar di Inggris pada 1912.  Alur cerita berfokus pada Maud Watts (Carey Mulligan), seorang ibu yang direkrut secara rahasia untuk berjuang atas nama perempuan agar bisa mendapatkan hak pilih.

4. Hidden Figures (2016)

https://www.youtube.com/embed/5wfrDhgUMGI

Sempat masuk nominasi Oscars, film ini disutradarai oleh Theodore Melfi.  Mengisahkan tentang tiga perempuan keturunan Afrika-Amerika bekerja di Area Barat Pusat Penelitian Langley yang mendapat perlakuan tak adil.

Berlatar 1961, cerita berfokus pada Katherine Johnson dan kedua temannya yang merupakan seorang ahli matematika dan pemegang peran vital di divisi luar angkasa. Film ini sangat menginspirasi, karena menunjukkan bahwa perempuan juga bisa menempati posisi penting dalam ilmu pengetahuan.

5. Little Woman (2019)

https://www.youtube.com/embed/AST2-4db4ic

Film karya sutradara Greta Gerwig ini mengisahkan perjuangan empat anak perempuan dari Keluarga March yang mencari jalan hidupnya masing-masing. Meski berat, semua dilakukan tanpa campur tangan orang lain.

Kisah dimulai dari kehidupan Jo March (Saoirse Ronan) di 1868 yang bekerja sebagai guru dan penulis novel. Di sisi lain, ada Amy March (Florence Pugh) yang mengikuti jejak kakaknya untuk meninggalkan Massachusetts dan menetap di Prancis.

Sementara itu, kakak tertuanya, Meg March (Emma Watson) lebih memilih untuk menikah. Banyak kendala yang diperlihatkan, tetapi mereka selalu kembali untuk berkumpul.

Itulah lima rekomendasi film terbaik tentang feminisme yang wajib kamu tonton. Dari kelima film di atas, mana yang paling kamu sukai?

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya